Kumpulan Doa Wudhu Lengkap dengan Gambar

Berwudhu merupakan aktivitas Islam yang dilakukan untuk menghilangkan hadas kecil, sering dilakukan untuk melakukan ibadah sholat. Berwudhu tidak hanya mengusap beberapa anggota tubuh menggunakan air bersih yang mengalir, namun juga sebagai anjuran untuk menjaga kebersihan. Terdapat doa wudhu lengkap dengan gambar yang bisa Anda jadikan acuan.

Doa wudhu lengkap dengan gambar

Ketika Anda hendak berwudhu, ada beberapa langkah dan tahapan yang harus dilakukan. Salah satu rukun untuk melakukan wudhu adalah tertib, yakni mengikuti anjuran dan panduan yang diberikan oleh Rasulullah secara berurutan. Inilah langkah wudhu yang benar berikut dengan doa yang menyertai tiap langkahnya.

Doa Wudhu Lengkap dengan Gambar sesuai Anjuran Islam

Langkah berwudhu

Doa Sebelum Berwudhu

Sebelum Anda melakukan wudhu, Anda disunahkan untuk membaca doa sebelum wudhu terlebih dahulu. Rasulullah, dalam salah satu hadisnya mengatakan bahwa orang yang hendak melakukan sholat tapi belum berwudhu, maka sholat tersebut tidak sah.

Wudhu juga dianggap tidak sah jika tidak menyebut nama Allah dalam rangkaian bersuci tersebut. Agar Anda tidak salah lagi dalam melakukan wudhu, berikut adalah doa wudhu sebelum menyentuh air.

Bismillahirrahmanirrahim. Rabbi a’udzubika min hamazatisy syayatin wa a’udzubika an yahdhurun

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Tuhanku aku berlindung kepada-Mu dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung pada-Mu dari kedatangan mereka padaku.”

Doa Ketika Menyentuh Air

Ketika hendak menyentuh air pun, Anda tetap disarankan untuk berdoa. Ini dimaksudkan agar proses berwudhu dapat dilakukan secara sempurna dan sesuai kaidah Islam, berikut adalah doa sebelum Anda menyentuh air untuk mengusap tubuh:

Alhamdulillahiladzi ja’alal maa a thahuura

“Segala puji bagi Allah yang menjadikan air ini suci.”

Doa Membasuh Kedua Tangan

Doa wudhu tidak akan lengkap tanpa tutorial melakukan wudhu. Langkah pertama untuk memulai wudhu adalah membasuh kedua tangan, baik kiri maupun kanan sebanyak 3 kali. Doa yang Anda baca untuk tahapan ini adalah sebagai berikut:

Allahumma inni as-alukal yumna wal barakata wa a’udzubika minas syu-mi walhalakah

“Ya Allah aku memohon kepada-Mu keberuntungan dan keberkahan, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan dan kerusakan.”

Niat Wudhu

Anda melafalkan niat wudhu dimaksudkan agar wudhu tersebut memang dimaksudkan untuk menghilangkan hadas kecil, bukan untuk tujuan yang lain. Beberapa ulama menyarankan niat wudhu dilafalkan dengan lisan, namun ulama yang lain cenderung melafalkannya di dalam hati.

Baca juga:  Doa Menghilangkan Santet dari Tubuh dan 5 Cara Menangkalnya

Inilah doa wudhu lengkap yang Anda baca sebelum memulai proses berwudhu, yakni:

Nawaitul wudhu’a li raf’il hadatsil ashghari fardhan lillahi ta’ala

“Aku niat berwudu untuk mengangkat hadas kecil fardu karena Allah Ta’ala.”

Membasuh Wajah

Apabila sesuai dengan rukun wudhu, maka selepas membaca niat, Anda bisa langsung membasuh wajah sebanyak 3 kali. Seluruh wajah dibasuh menggunakan air, dari bagian ujung kening sampai dengan bagian dagu, jangan sampai ada bagian yang terlewat.

Namun jika Anda ingin melakukan sunnah wudhu, selepas melakukan niat maka langkah selanjutnya adalah berkumur dan membasuh hidung. Untuk lafadz doa wudhu lengkap dengan gambar untuk membasuh wajah, berikut adalah lafadznya.

Allahumma bayyidh wajhii binuurika yauma tabyadhu wujuuhu auliyaaika, wa laa tusawwid wajhi bi dzhulumaatika yauma taswaddu wujuuhu a’daa-ik

“Ya Allah putihkanlah wajahku dengan cahaya-Mu di hari memutihnya wajah para walimu. Janganlah Engkau hitamkan wajahku dengan kegelapan-Mu di hari menghitamnya wajah musuh-musuh-Mu.”

Membasuh Kedua Tangan

Ketika membasuh tangan, lakukan dari tangan kanan terlebih dahulu, baru kemudian tangan kiri ketika melakukan wudhu, sesuai dengan sunnah. Lakukan sebanyak 3 kali, dengan membasuh bagian siku sampai ujung jari dengan membaca doa sebagai berikut:

Allahumma a’thini kitaabi biyamiini wa haasibnii hisaaban yasiiran

“Ya Allah berikanlah catatan (amal) ku melalui tangan kananku dan hisablah aku dengan hisab yang mudah.”

Ketika membasuh tangan kiri, doa wudhu lengkap dengan gambar yang Anda baca adalah:

Allahumma inni a’udzubika an tu’tiyani kitaabi bi syimaali au min waraa-a dzahri

“Ya Allah aku berlindung kepadamu dari pemberian-Mu terhadap kitabku dengan tangan kiriku atau dari belakang punggungku.”

Mengusap Sebagian Kepala

Basahi kedua tangan dengan air, kemudian tempelkan jari-jari di bagian depan kepala sampai basah. Lakukan sebanyak tiga kali, dengan membaca doa sebagai berikut:

Allahumma ghasyini birahmatika, wa anzil ‘alayya min barakaatika, wa adzhillani tahta dzhilli ‘arsyika, yauma laa dzhilla illa dzhillaka. Allahumma harrim sya’ri wa basyari ‘alan naar

“Ya Allah limpahkanlah aku dengan rahmatmu, turunkanlah keberkahan-Mu kepadaku. Dan naungilah aku di bawah naungan-Mu di hari tiada naungan kecuali naungan-Mu. Ya Allah haramkanlah rambut dan kulitku dari api neraka. Haramkanlah rambutku dan kulitku dari neraka, dan naungilah aku di bawah Arys-Mu pada hari tidak ada naungan kecuali naungan-Mu.”

Membasuh Kedua Kaki

Setelah membasuh kepala, Anda disunahkan untuk mengusap telinga dan tengkuk. Namun Anda boleh tidak melakukannya karena tidak masuk ke dalam rukun wudhu, sehingga jika tidak dilakukan tidak membuat wudhu batal. Anda membasuh kedua kaki, dari kaki kanan dulu sampai mata kaki dengan membaca:

Allahumma tsabbit qadamayya ‘alash shiraathil mustaqiima ma’a aqdaami ‘ibaadikas shalihin

“Ya Allah tetapkanlah kedua telapak kakiku di atas shiratal mustaqim (jembatan yang lurus) bersama telapak kaki hamba-hamba-Mu yang salih.”

Doa Setelah Melakukan Wudhu

Setelah melakukan semua rangkaian doa wudhu lengkap dengan gambar, Anda juga disunahkan membaca doa setelah berwudhu. Doa setelah wudhu memiliki 2 versi, versi berikut merupakan versi pendek yang banyak dianjurkan oleh ulama, yakni:

Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu. Allahummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alni minal mutathahhiriin.

“Aku bersaksi bahwasanya tiada tuhan selain Allah yang satu, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba-Nya dan rasul-Nya. Ya Allah jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang mensucikan diri.”

Anda disunahkan untuk melakukan wudhu ketika hendak melakukan ibadah sholat, baik wajib maupun sunnah. Ini dimaksudkan agar Anda sholat dalam keadaan suci, yang merupakan salah satu syarat wajib melakukan sholat.

Baca juga:  6 Tata Cara Wudhu dan Doanya Latin, Arab dengan Artinya

Apabila Anda sholat dengan memiliki hadas, terutama hadas kecil, maka sholat tersebut tidak sah dan Anda harus mengulangnya. Karena itulah, Anda sebaiknya melakukan ibadah wudhu dengan benar sesuai anjuran Islam dan membaca doa wudhu lengkap dengan gambar yang telah dicontohkan.

Demikianlah informasi dan penjelasan yang lengkap mengenai doa wudhu lengkap dengan gambar. Semoga bisa membantu Anda dan umat Islam lain untuk melakukan ibadah wudhu sesuai dengan syariat Islam. Jangan sampai, sebagai umat Islam, Anda tidak mengetahui bagaimana teknis berwudhu yang benar dan sesuai anjuran Nabi.

Check Also

Doa buka puasa yang shahih menurut Rasulullah

Doa Buka Puasa yang Shahih Menurut Rasulullah

Doa buka puasa yang shahih – Ketika sedang berpuasa, berbuka menjadi hal yang paling ditunggu …