Doa untuk kedua orang tua

6 Doa untuk Kedua Orang Tua dalam Al Quran dan Cara Berbakti kepada Mereka

Diposting pada
Doa untuk kedua orang tua dalam Al Quran. Membahas ✓ doa untuk orang tua ✓ doa untuk orang tua yang sudah meninggal ✓ cara berbakti kepada orang tua ✓ tanya jawab ✓ kesimpulan
Bagikan artikel ini

Doa untuk kedua orang tua dalam Al Quran dan cara berbakti kepada mereka. Orang tua merupakan orang yang paling berharga yang dimiliki oleh setiap anak. Setiap langkah yang dilalui oleh seorang anak tidak akan mendapat berkah jika tidak diridhoi oleh orang tua. Sebagai anak yang berbakti, mendoakan kedua orang tuanya adalah sebuah kewajiban dengan doa untuk kedua orang tua dalam Al Qur’an.

Mendoakan kedua orang tua sebagai salah satu bakti anak harus dilakukan setiap saat, apalagi setelah menjalankan sholat. Selain bisa memudahkan segala urusan anak, doa dari anak sholeh/sholehah untuk kedua orang tuanya ini termasuk dalam amal jariyah. Artinya pahala untuk orang tuanya tidak akan pernah putus meskipun mereka sudah tiada.

Doa untuk kedua orang tua
Doa untuk kedua orang tua

Beberapa Doa untuk Kedua Orang Tua dalam Al-Quran

Al-Qur’an menjadi pedoman hidup yang utama bagi umat muslim. Di dalamnya terdapat berbagai amalan dan panduan dalam menjalani hidup, termasuk mengatur hubungan antara anak dan orang tua. Allah telah memerintahkan dengan jelas di dalam Al-Qur’an untuk berbuat baik dan berbakti kepada orang tua.

Maka salah satu bakti yang paling sederhana namun memiliki pengaruh paling besar adalah dengan cara mendoakannya. Bahkan doa untuk orang tua dalam Al Quran saja sudah ditunjukkan oleh Allah SWT. Dengan doa ini, setiap anak tentu akan bisa menunjukkan baktinya kepada orang tuanya.

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Masih Hidup (Doa Ibu Bapak)

Doa untuk kedua orang tua dalam Al Qur’an yang pertama bisa ditujukan untuk orang tua yang masih hidup. Doa ini bertujuan untuk mengharapkan agar Allah senantiasa mengasihi dan memohon ampun atas dosa-dosa kedua orang tua. Berikut dibawah ini adalah doa untuk kedua orang tuaku:

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Allaahummaghfirlii waliwaa lalidayyaa warham humaa kamaa rabbayaa nii shaghiira(a).

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, serta berbelas kasihlah pada mereka sebagaimana mereka berbelas kasih padaku saat aku masih kecil.

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sedang Sakit

Saat seorang anak sakit, pasti orang tualah yang pertama kali memberikan perhatian dan melakukan apapun agar anaknya lekas sembuh. Maka, ketika orang tua sedang sakit, selain melakukan apapun agar cepat sembuh, anak juga harus mendoakan untuk kesembuhannya.

Maka, doa untuk kedua orang tua dalam Al Qur’an berikutnya bisa diberikan oleh anak saat orang tuanya sedang sakit. Manfaatnya adalah untuk memohon kesembuhan kepada Allah sebagai Dzat yang Maha Menyembuhkan. Berikut doa kedua orang tua beserta artinya:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allaahumma rabbannaasi adz hibil ba’ sa wasyfih(u), wa antassyaafi(i), laa syifaa a illaa syifaa uk(a), syifaa an laa yughaa diru saqaama(n).

Artinya: “Ya Allah, Rabb Manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

Doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal ini ditunjukan kepada kita sebagai anak. Dimana dapat kita amalkan setiap hari dan lebih baiknya sehabis sholat wajib. Berikut bacaan doa untuk kedua orang tua dan artinya :

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ (وَعَذَابِ النَّارِ)

Allahummaghfir lahu, warhamhu, wa ‘aa fihi, wa’ fu ‘anhu, wa akrim nuzulahu, wa wassi’ mad khalahu, waghsilhu bil maa i wattsalji walbardi wa Naqqihi Minal kha thaa yaa kamaa yunaqqattsaw bul abyadhu minaddanas(i). Wa abdil hu daa ran khairan min daa rihi wa ahlan khairann min ahlihi wa zawjan khairan min zaw jihi, wa ad khil hul jannat(a), waa ‘idzhu min ‘a dzaa bil qobr(i) - wa ‘a dzaa binnaar(i).

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnya, bersihkanlah ia dengan air, salju dan air yang sejuk. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran, dan gantilah rumahnya di dunia dengan rumah yang lebih baik di akhirat serta gantilah keluarganya di dunia dengan keluarga yang lebih baik, dan pasangan di dunia dengan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur atau siksa api neraka.”

Doa Memohon Ampunan Untuk Orang Tua

Setiap manusia yang hidup di dunia ini sejatinya tidak bisa terlepas dari khilaf, salah dan dosa termasuk kedua orang tua kita. Maka, salah satu bakti yang bisa dilakukan oleh seorang anak adalah dengan memberikan doa untuk kedua orang tua dalam Al Qur’an berikut ini.

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَوَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ.

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaa lidayya warhamhumaa kamaa robbbayaanii shoghiira(a), walijamii ’il muslimiina wal muslimaat(i), walmu’ miniina wal mu’minaat(i), Al ahyaa i minhum wal amwaat(i), wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraat(i), robbighfir warham wa anta. Khoirurroo himiin(a), walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ’aliyyil adzhiim(i).

Artinya: “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

Doa Untuk Kedua Orang Tua dari QS Al-Isra’

Doa untuk kedua orang tua dalam Al Qur’an berikutnya diambil dari QS Al-Isra’. Doa ini berisi permohonan untuk mengasihi kedua orang tua sebagaimana mereka mengasihi anaknya saat kecil. Berikut dibawah doa kedua orang tua dan artinya:

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Wakhfidh lahumaa janaa hazzulli minarrahmati wa qul Rabbir ham humaa kamaa rabbayaa nii saghiira(an).

Artinya: “Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, Wahai Tuhanku, kasihanilah keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku di waktu kecil” (QS Al-Isra’: 24).

Doa untuk Kedua Orang Tua dari QS Nuh

Berikutnya ada doa untuk kedua orang tua yang ada di dalam Al Qur’an, tepatnya dalam QS Nuh: 28. Doa ini ditujukan untuk memohon ampun kepada Allah atas dosa kita, orang tua dan juga orang-orang yang masuk ke dalam rumahnya. Berikut dibawah ini doa untuk kedua orang tua beserta artinya:

رَبِّ اغۡفِرۡلِىۡ وَلِـوَالِدَىَّ وَلِمَنۡ دَخَلَ بَيۡتِىَ مُؤۡمِنًا وَّلِلۡمُؤۡمِنِيۡنَ وَالۡمُؤۡمِنٰتِؕ وَلَا تَزِدِ الظّٰلِمِيۡنَ اِلَّا تَبَارًا

Rabbigh firlii waliwaa lidayya waliman dakhola baytiya mu’ minawwal mu’ miniina wal mu ’minaat(i). Walaa tadzi diddzoo limiina illaa tabaara(an).

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku dan orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang dzalim itu selain kebinasaan.” (QS Nuh: 28)

Doa untuk kedua orang tua
Doa untuk kedua orang tua

Cara Berbakti kepada Orang Tua

Memberikan doa kepada orang tua merupakan salah satu bakti yang bisa diberikan kepada orang tuanya. Baik orang tuanya masih hidup, apalagi sudah meninggal dunia. Selain memberikan doa untuk orang tua dalam Al Qur’an ini, ada beberapa bentuk bakti lain yang bisa dilakukan oleh anak.

Bersikap Sopan kepada Orang Tua

Cara bakti pertama yang mungkin terlihat sederhana namun sering dilupakan adalah bersikap sopan kepada orang tua. Bersikap sopan dengan berkata lembut dan tidak meninggikan suara juga merupakan sebuah bentuk bakti kita kepada orang tua.

Dengan bersikap sopan ini, artinya menunjukkan bahwa anak menghormati orang tuanya. Bahkan tindakan ini sudah diperintahkan oleh Allah SWT sebagaimana dijelaskan di dalam Al-Qur’an.

Menjaga Kehormatan Orang Tua

Bentuk bakti berikutnya yang bisa dilakukan oleh seorang anak kepada orang tuanya adalah dengan menjaga kehormatan orang tuanya. Seorang anak yang menjaga kehormatan orang tuanya berarti juga meninggikan derajat orang tuanya.

Berikan Pelayanan dan Bantu Urusan Kedua Orang Tua

Orang tua kita tidak selamanya kuat dan mampu untuk melakukan hal-hal yang mungkin masih bisa dilakukan saat ini. Akan ada masanya dimana kedua orang tua kita akan semakin lemah sehingga tidak lagi bisa melakukan apapun.

Ketika saat itu tiba, bahkan sejak sebelumnya pun, kita sebagai anak sudah harus menunjukkan bakti dengan melayani dan membantu urusan kedua orang tua kita. Jika tidak melakukan hal tersebut, nantinya ketika orang tua sudah meninggal, anak akan merasakan penyesalan yang dalam.

Menjaga Nama Baik Orang Tua

Satu lagi bentuk bakti yang bisa dilakukan anak kepada orang tuanya adalah dengan menjaga nama baik orang tua. Apalagi jika orang tuanya sudah meninggal. Sudah tidak ada lagi yang ditinggalkan selain anak yang sholeh/sholehan dan nama baik.

Maka sebagai bentuk bakti, sudah seharusnya kita menjaga nama baiknya. Caranya dengan tidak melakukan perbuatan dosa dan perbuatan yang melanggar aturan atau norma.

Tanya jawab seputar doa untuk kedua orang tua
Tanya jawab seputar doa untuk kedua orang tua

Tanya Jawab seputar Doa untuk Kedua Orang Tua

Membantu menjawab dari beberapa pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh kebanyakan orang. Berikut dibawah ini pertanyaan serta jawaban yang sudah disiapkan.

Bagaimana doa untuk kedua orang tua?

Seperti yang sudah ditulis diatas, doa untuk kedua orang tua adalah Allaahummaghfirlii waliwaa lalidayyaa warham humaa kamaa rabbayaa nii shaghiira(a). Arti dari lafadz tersebut adalah “Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, serta berbelas kasihlah pada mereka sebagaimana mereka berbelas kasih padaku saat aku masih kecil

Kapan kita mendoakan orang tua?

Waktu terbaik kita mendoakan orang tua adalah kapan pun dan dimanapun. Dapat dilakukan ketika orang tua masih hidup atau pun ketika mereka sudah tiada/meninggal dunia. Bentuk tanda baktu dari seorang anak ialah dengan mendoakan kedua orang tuanya dengan bacaan doa seperti pada pertanyaan pertama.

Apa doa untuk orang tua yang sudah meninggal?

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal bisa dibacakan dengan doa memohon ampunan untuk orang tua bisa kamu lihat diatas atau klik disini. Lalu disambung dengan doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal seperti diatas atau bisa klik disini.

Penutup

Diatas itu tadi adalah beberapa doa untuk kedua orang tua yang ada di dalam Al Quran yang bisa dibaca baik ketika orang tua masih hidup atau sudah meninggal. Tidak hanya dengan berdoa saja yang bisa dilakukan, ada pula berbagai bentuk bakti lain yang bisa dilakukan anak sebagaimana yang dijelaskan di atas. Demikian yang dapat tim martabattujuh.com sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan.