Doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat

Kumpulan Doa untuk Ibu Hamil Agar Selamat dan Bayi Sehat

Diposting pada
Kumpulan doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat. Artikel ini membahas tentang ✓ doa untuk ibu hamil ✓ doa menjelang persalinan ✓ doa suami untuk istri
Bagikan artikel ini

Kumpulan doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat. Agar mendapatkan kehamilan yang sehat, Anda bisa melakukan banyak hal, salah satunya adalah dengan berdoa. Dalam Islam, berdoa untuk kesehatan ibu dan bayi bisa dilakukan kapan saja, mulai dari selepas sholat wajib, sholat sunnah, hingga menjelang kelahiran. Berikut adalah kumpulan doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat yang bisa Anda gunakan.

Bayi yang sehat tentu menjadi impian bagi para orang tua, namun jangan sampai melupakan kesehatan ibunya. Melahirkan sendiri merupakan proses bertaruh nyawa, sehingga penting untuk menjaga keduanya dalam kondisi sehat. Dengan mengamalkan beberapa doa kehamilan tersebut, maka proses persalinan akan lebih mudah dilakukan.

Doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat
Doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat

Berbagai Doa untuk Ibu Hamil Agar Selamat dan Bayi Sehat Sesuai Islam

Ada beberapa doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah proses persalinan dan menjaga agar bayi serta ibunya tetap sehat. Berikut merupakan diantaranya, yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Anda boleh memilih salah satu dari beberapa doa tersebut, atau membaca dua-tiga sekaligus sebagai amalan.

Membaca Surat al-Fatihah

Surat al-fatihah ternyata termasuk dalam doa untuk ibu hami agar selamat dan bayi sehat yang banyak direkomendasikan oleh ulama. Surat yang termasuk dalam ummul quram tersebut dibaca agar Anda maupun bayi selalu mendapatkan bantuan dari Allah swt.

Seorang ulama besar Islam, yakni Ibnul Qayyim, mengatakan bahwa penduduk Mekkah tidak mengalami sakit ketika Ibnul Qayyim sempat tinggal disana. Ternyata rahasianya adalah membaca surat al-Fatihah untuk meminta pertolongan kepada Allah, sehingga mereka lebih cepat sembuh. Berikut ini adalah lafadz surat al-fatihah dan artinya yang bisa Anda baca untuk persiapan melahirkan.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillaahirraḥmaanirraḥiim(i)

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ

Al-ḥamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin(a)

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam”.

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Arraḥmaanirraḥiim(i)

Artinya: “Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ

Maaliki yawmiddiin(i)

Artinya: “Pemilik hari pembalasan”.

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ

iyyaa kana’ budu wa iyyaa kanasta ’īin(u)

Artinya: “Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan”.

اِھْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَـقِيْمَ

ihdinaṣṣiraaṭal mustaqiim(a)

Artinya: “Tunjukilah kami jalan yang lurus”.

صِرَاطَ الَّذِيۡنَ اَنۡعَمۡتَ عَلَيۡهِمۡ ۙ غَيۡرِ الۡمَغۡضُوۡبِ عَلَيۡهِمۡ وَلَا الضَّآلِّيۡنَ

ṣiraaṭallażiina an ’amta ‘alaihim ghairil maghḍuụ bi ‘alaihim walaḍḍaaalliin(a)

Artinya: “(yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”.

Membaca Surat al-A’raf ayat 54

Doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat selanjutnya masih berasal dari ayat al-Quran, yakni surat al-A’raf. Pada yat ke-54 surat tersebut, ia bisa menjadi doa untuk membantu Anda sebelum persalinan dilakukan. Agar tidak kesulitan membaca doa tersebut selepas melakukan sholat fardhu atau dzikir, berikut merupakan lafadz dan arti dari ayat ke-54 surat al-A’Raf

اِنَّ رَبَّكُمُ اللّٰهُ الَّذِىۡ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضَ فِىۡ سِتَّةِ اَيَّامٍ ثُمَّ اسۡتَوٰى عَلَى الۡعَرۡشِ يُغۡشِى الَّيۡلَ النَّهَارَ يَطۡلُبُهٗ حَثِيۡثًا ۙ وَّالشَّمۡسَ وَالۡقَمَرَ وَالنُّجُوۡمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمۡرِهٖ ؕ اَلَا لَـهُ الۡخَـلۡقُ وَالۡاَمۡرُ‌ ؕ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الۡعٰلَمِيۡنَ

Inna Rabba kumullaahul lazii khalaqassamaawaati wal arda fii sittati ayyaamin summastawaa 'alal 'arsyi yughshil lailannahaara yatlubuhuu hasiisaa(n), wassyamsa walqamara wannujuuma musakkharaatin bi amrih(i), alaa lahul khalqu wal-amr(u), tabaarakallaahu rabbul 'aalamiin(a) 

Artinya: “Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah! Segala penciptaan dan urusan menjadi hak-Nya. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam”.

Ayat tersebut memiliki makna, bahwa manusia sebaiknya meminta pertolongan kepada Allah untuk segala permasalahan. Begitu pula ketika hendak melakukan proses persalinan, membaca doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat ini bisa Anda lakukan.

Doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat
Doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat

Doa Menjelang Persalinan

Jika waktu persalinan sudah dekat, Anda bisa menggunakan doa yang diriwayatkan oleh para ulama ini. Doa ini dibaca ketika menjelang persalinan agar prosesnya lebih mudah dan tidak menyulitkan salah satu pihak, baik bayinya maupun ibu yang mengandung.

Lafadz doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat ini sesuai dengan lafadz doa umat Islam pada umumnya, dengan berserah diri kepada Allah atas semua masalah dan persoalan yang dihadapi. Anda tidak perlu ragu mengamalkan doa ini karena sudah dicontohkan oleh ulama.

حَنَا وَلَدَتْ مَرْيَم وَمَرْيَمْ وَلَادَتْ عِيْسَى اُخْرُجْ اَيُهَا الْمَوْلُوْدْ بِقُدْرَةِ الْمَلِكِ الْمَعْبُوْدْ

Hanaa waladat maryam, wa maryam waladat 'iisa, ukhruj ayuhal mauluud, biqud rotil malikil ma’ buud.

Artinya: “Hana telah melahirkan Maryam, sedangkan Maryam sudah melahirkan Isa. Maka keluarlah hai anakku dengan sebab kekuasaan Allah yang disembah”.

Membaca Surat al-Imran ayat 35

Surat al-Imran ternyata juga memiliki doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat yang bisa Anda lafalkan. Ayat tersebut berisi doa agar anak yang dilahirkan menjadi anak yang shaleh, berbakti kepada orang tua, dan selamat ketika proses persalinan, berikut adalah lafadz dari ayat tersebut.

اِذۡ قَالَتِ امۡرَاَتُ عِمۡرٰنَ رَبِّ اِنِّىۡ نَذَرۡتُ لَـكَ مَا فِىۡ بَطۡنِىۡ مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلۡ مِنِّىۡ ۚ اِنَّكَ اَنۡتَ السَّمِيۡعُ الۡعَلِيۡمُ‌

Izqoolatim ra atu 'Imraan(a), Rabbi innii nazartu lakamaa fii batnii muharrarann fataqabbal minnii, innaka Antassamii 'ul 'Aliim(u)

Artinya: “(Ingatlah), ketika istri Imran berkata, Ya Tuhanku (Allah), sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang shaleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

Doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat
Doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat

Doa Dari Suami untuk Istri yang Hendak Melahirkan

Doa tidak hanya dibaca ibu yang mengandung dan hendak melahirkan, terdapat pula doa yang dapat dibaca ayah agar anaknya tetap sehat selama proses persalinan dan ibunya selamat. Sebagai suami, Anda bisa membacanya setelah usia kandungan diatas empat bulan sampai proses melahirkan.

اللهم احْفَظْ وَلَدِي مَادَامَ فِى بَطْنِ زَوْجَتِي وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِى لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لآيُغَادِرُ سَقَمًا اللهم صَوِّرْهُ فِي بَطْنِ زَوْحَتِي صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ

Allaahummahfadz waladii maa daama fii bathni zaujatii wasyfihi anta asy-syaafi laa syifaa a illaa syifaaa uka syifaaa an laa yughaadiru saqamaa(n). Allaahumma shawwirhu fii bathni zaujatii shuuratan hasanatan watsabbit qolbahu iimaanan bika wa bi-Rasuulik(a).

Artinya: “Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu”.

اللهم أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِي وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا اللهم اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا اللهم طَوِّلْ عُمُرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma akhrij hu mim bathni zaujatii waqta wilaadatihaa sahlan wa tasliimaa(n). Allahumma ij ’al hu shahiihan kaamilan wa ‘aaqilan haadziqan ‘aamilan. Allaahumma thawwil ‘umurahu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqahu wa afshih lisaanahu wa ahsin shautahu liqiraa atil hadiitsi wal qur aa nil ‘adziim(i). bibarakati Muhammadin shallallaahu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillaahi Robbil ‘aalamiin(a).

Artinya: “Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Alqur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam”.

Diatas itulah lafadz dan arti doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat yang dibaca oleh suami agar ke dua orang yang disayangi mendapat kesehatan dan diberi kelancaran sampai masa persalinan atas izin Allah SWT.

Penutup

Demikianlah yang dapat tim martabattujuh.com sampaikan mengenai: Kumpulan doa untuk ibu hamil agar selamat dan bayi sehat yang bisa Anda lafalkan ketika sedang berdoa. Proses kehamilan dan melahirkan memang membutuhkan persiapan yang intens, tidak hanya persiapan fisik yang sehat, namun juga secara rohaniah untuk bersiap atas segala putusan yang Allah berikan.