Doa untuk bayi yang baru lahir

Doa untuk Bayi yang Baru Lahir beserta Amalan

Diposting pada
Doa untuk bayi yang baru lahir beserta amalan. ✓ doa untuk bayi baru lahir ✓ doa dari kerabat untuk orang tua ✓ amalan sunnah ✓ doa mohon perlindungan untuk bayi
Bagikan artikel ini

Doa untuk bayi yang baru lahir beserta amalan. Salah satu cara mensyukuri anugerah kelahiran bayi adalah dengan membacakan doa untuk bayi. Doa untuk bayi yang baru lahir diucapkan untuk mengiringi awal kehidupan buah hati agar kelak hidupnya dipenuhi dengan berkah.

Kelahiran buah hati pasti menjadi suatu kebahagiaan yang tak ternilai bagi setiap orang tua. Tidak hanya perasaan bahagian, namun ada juga perasaan haru hingga tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata juga mengiringi saat tangis pertama bayi terdengar.

Doa untuk bayi yang baru lahir
Doa untuk bayi yang baru lahir

Doa untuk Bayi yang Baru Lahir sesuai Sunnah

Memberikan doa untuk bayi yang baru lahir biasanya dilakukan oleh orang tua si kecil, sebagai bentuk rasa syukur atas kesehatan si kecil dan anugerah yang didapatkan oleh orang tua. Terkadang, kerabat atau keluarga yang menjenguk juga bisa mengucapkan doa-doa untuk si kecil ini.

Tujuan mengucapkan doa untuk bayi yang baru lahir adalah sebagai harapan agar kelak menjadi anak yang sholeh sholehah, berbakti pada orang tua dan berguna bagi bangsa dan agama. Ada beberapa doa yang bisa dibacakan untuk bayi yang baru lahir.

Doa yang Dibaca Setelah Membaca Iqomah di Telinga Kanan Bayi

Ketika bayi baru lahir, ada beberapa amalan yang dianjurkan dilakukan oleh orang tua kepada bayinya, termasuk salah satunya adalah melantunkan adzan dan iqomah. Setelah rangkaian melantunkan iqomah di telinga kiri bayi, kemudian dilanjutkan dengan membaca doa berikut di telinga kanan.

اللهم اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

"Allahummaj ’alhu barrann taqiyyann rasyidann wa anbit hu fill islaami nabaatann hasanaa(n)"

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ia bayi yang baik, bertaqwa dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam Islam dengan pertumbuhan yang baik”.

Setelahnya bisa dilanjutkan dengan membaca QS al-Ikhlas dan QS al-Qadr yang dilantunkan di telinga kanan bayi.

Doa Mohon Perlindungan untuk Bayi dari Godaan Syaitan

Masih dari rangkaian amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan orang tua begitu bayinya lahir, ada doa lagi yang harus dibaca untuk bayi. Doa untuk bayi yang baru lahir ini bermanfaat untuk memohon perlindungan dari kesusahan dan syaitan.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ  وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَآمَّةٍ

"A’udzu bikalimaatillahittammati min-kulli syaithaan, wahammatin waminkulli ‘aini lammatin"

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala setan, kesusahan dan pandangan yang jahat”.

Doa Bersyukur Diberi Keturunan dari Kerabat untuk Orang Tua

Ungkapan syukur atas berkah dan anugerah berupa kelahiran seorang bayi bisa diungkapkan oleh orang yang sedang menjenguk bayi tersebut. Doa tersebut bisa sebagai hadiah atas kelahiran si kecil. Berikut adalah lafadz doa untuk bayi yang baru lahir sebagai ungkapan syukur dari penjenguk untuk orang tua.

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ وَبَلَغَ أَشُدَّهُ وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

"Baarakallaahu laka fil mauhuubi laka wasyakartal waa hibawabalagha asyuddahu waruziqta birrah(u)"

Artinya: “Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan kepadamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya dan (semoga) diberikan rizki atas kebaikan-Nya”.

Nah, jika orang tua mendapatkan doa sebagaimana doa di atas, orang tua juga bisa membalas dengan medoakan kembali orang yang memberikan doa. Berikut adalah lafadz doa yang bisa digunakan untuk membalas doa tersebut.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا وَرَزَقَكَ اللهُ مِثْلَهُ أَوْ أَجْزَلَ اللهُ ثَوَابَكَ

"Baarakallaahu laka wabaaraka ‘alaika wa jazakallaahu khairann wa razaqakallaahu mitslahu au aj zalallaahu tsawaabak(a)"

Artinya: “Semoga engkau diberkahi Allah, semoga keberkahan Allah tercurah atas dirimu, semoga Allah memberikan rizki yang sama padamu atau Allah menyegerakan pahala bagimu”.

Doa untuk Memohon Perlindungan dari Hal yang Bersifat Buruk

Bayi yang baru lahir tentu masih membutuhkan perlindungan lebih dari orang tuanya. Salah satu upaya perlindungan tersebut bisa berupa memberikan doa untuk bayi yang baru lahir berikut. Doa ini bermanfaat untuk memohon perlindungan dari hal-hal yang buruk QS Ali’ Imran (3:36).

وَإِنّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

"Wa innii u’ii dzuhaa bika wadzurriyyatahaa minassyaithaa nirrajiim(i)" 

Artinya: “Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk.

Membacakan Surat Al-fatihah

Selain doa untuk bayi yang baru lahir yang disebutkan di atas, membacakan Al-Fatihah juga bisa menjadi pilihan doa baik untuk bayi yang baru lahir. Al-Fatihah tidak hanya sebagai bacaan yang wajib dibaca saat shalat. Al-Fatihah sebagai ummul Qur’an atau ibu dari surat-surat di dalam Al-Aqur’an ternyata juga memiliki banyak manfaat yang luar biasa.

Memberikan ucapan doa dengan surat Al-Fatihah akan membawa manfaat agar bisa membawa kebaikan bagi kehidupannya di masa kini maupun masa depan. Selain itu, surat Al-Fatihah juga berfungsi sebagai pembuka rezeki.

Amalan sunnah ketika menyambut kelahiran bayi
Amalan sunnah ketika menyambut kelahiran bayi

Penjelasan Amalan Sunnah Ketika Menyambut Kelahiran Bayi

Sebelumnya sudah sedikit disinggung bahwa membaca doa adalah salah satu yang dianjurkan amalan sunnah ketika menyambut kelahiran bayi. Amalan tersebut dilakukan oleh orang tua kepada bayi agar nantinya bayi bisa tumbuh sehat, cerdas, sholeh/sholehah dan senantiasa dilimpahi kebaikan. Lalu apa saja amalannya?

Mengumandangkan Adzan dan Iqomah

Bagi seorang muslim, adzan dan iqomah adalah seruan untuk segera melaksanakan kewajiban sholat. Mengumandangkan adzan dan iqomah disunnahkan dan dianjurkan untuk menyambut kelahiran seorang bayi.

Ada aturan saat mengumandangkan adzan dan iqomah ini, yaitu adzan dikumandangkan di telinga kanan dan iqomah di telinga bagian kiri. Amalan ini juga bukan tanpa tujuan. Dikumandangkannya adzan bertujuan untuk mengusir setan yang sudah menantikan kelahiran bayi.

Dengan mengumandangkan adzan saat bayi baru lahir, maka orang tua sudah lebih dulu mengumandangkan seruan dakwah kepada bayi sebelum didahului oleh seruan setan untuk berbuat keburukan. Tidak hanya itu, adzan yang diserukan ini niscaya sudah direkam oleh si kecil dan menjadi pendidikan tauhid dasar baginya.

Membacakan Doa untuk Bayi Baru Lahir

Setelah mengumandangkan adzan dan iqomah, amalan berikutnya adalah membacakan doa untuk bayi yang baru lahir sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas. Doa-doa tersebut mengandung harapan yang baik untuk bayi, baik untuk menjaga dari setan, memberi harapan agar tumbuh menjadi anak yang sholeh sholehan dan lain sebagainya.

Membacakan Beberapa Ayat Surat Al-Qur’an

Selain membacakan doa untuk bayi yang baru lahir, orang tua juga bisa menambahkan dengan membacakan beberapa ayat dari beberapa surat di dalam Al-Qur’an. Diantaranya adalah membacakan QS. Al-Ikhlas, QS Al-Qadr dan QS Ali Imran: 36 di telinga kanan bayi.

Tidak hanya surat-surat tersebut, surat lain yang juga bisa dibacakan untuk bayi baru lahir adalah ayat kursi (QS Al-Baqarah: 255). QS Al-A’raf ayat 54, surat Al-Falaq dan An-Naas serta QS Al-Anbiya’ ayat 87 atau yang dikenal dengan doa Nabi Yunus. Semua surat ini memiliki manfaat yang baik untuk bayi yang baru lahir.

Melakukan Aqiqah

Amalan berikutnya yang juga disunahkan oleh Rasulullah untuk bayi baru lahir adalah melakukan aqiqah. Ini tidak diwajibkan langsung dilakukan begitu bayi lahir, namun disunnahkan.

Artinya, jika orang tua mampu untuk melakukan aqiqah, maka bisa dilakukan segera pada hari ke-7 setelah kelahiran bayi. Namun jika belum mampu bisa dilakukan di lain hari. Tujuannya adalah sebagai ucapan syukur dari orang tua.

Penutup

Nah, itu tadi adalah berbagai doa untuk bayi yang baru lahir beserta amalannya yang bisa diamalkan oleh orang tua. Amalan dan doa tersebut bertujuan baik, yaitu agar bayi yang baru lahir senantiasa dalam perlindungan Allah dari setan serta mendoakan agar si kecil bisa tumbuh menjadi anak yang sholeh atau sholehah dan dilimpahi segala kebaikan. Sekian penjelasan yang dapat tim martabattujuh.com sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf, terima kasih sudah membaca artikel ini dan jika bermanfaat dapat di share ke kerabat ataupun keluarga tercinta.