doa untuk anak yang baru lahir

Ucapan Doa untuk Anak yang Baru Lahir dan Amalan yang Dianjurkan

Diposting pada
Ucapan doa untuk anak yang baru lahir. Artikel ini membahas ✓ doa baik menyambut kehadiran buah hati ✓ alaman yang dianjurkan untuk anak yang baru lahir
Bagikan artikel ini

Menanti kelahiran buah hati, bagi orang tua adalah salah satu momen yang paling membahagiakan sekaligus mengharukan. Maka, ketika sudah lahir ke dunia, berbagai ucapan doa untuk anak yang baru lahir pun dipanjatkan. Tujuannya selain untuk melindungi anak juga berharap agar kelak bisa tumbuh dengan baik.

Doa yang diberikan kepada anak yang baru lahir ini menjadi wujud permohonan dan harapan dari kedua orang tuanya. Harapan agar kelak sang anak bisa tumbuh dengan baik, menjadi anak yang sholeh/sholehan dan berbakti kepada orang tua.

Doa untuk Anak yang Baru Lahir, Doa Baik Menyambut Kehadiran Buah Hati

Setelah anak lahir, anjuran amalan yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya adalah mengadzani serta mendoakan anak tersebut. Hal ini sebagai bentuk wujud syukur sekaligus pembelajaran tauhid pertama bagi anak.

Tidak hanya bagi orang tua, ucapan doa untuk anak yang baru lahir ini juga bisa diberikan oleh saudara atau kerabat yang berkunjung untuk menjenguknya. Dengan begitu, akan semakin banyak doa baik untuk anak tersebut.

Memohon Perlindungan Kepada Allah dari Godaan Syaitan

Saat bayi baru lahir, syaitan akan berlomba-lomba untuk membisikkan hal-hal buruk kepada bayi tersebut. Maka untuk melindungi atau memohon perlindungan kepada Allah dari syaitan, orang tua bisa membacakan doa untuk anak yang baru lahir berikut di telinga kanannya.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

A’uudzu bikalimatillaahi at-taammati min kulli syiathaanin wa haammatin wamin kulli ‘ainin laammah(tin).

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala syaitan, kesusahan dan pandangan yang jahat”.

Ucapan Doa untuk Anak yang Baru Lahir Agar Tumbuh Sehat

Memberikan doa untuk anak yang baru lahir ditujukan untuk berbagai manfaat. Nah, doa selanjutnya ini diberikan untuk memohon kepada Allah agar anak bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

Allahummaj’alhu barran taqiyyan rasyiidan wa anbit-hu fil islaami nabatan hasanan.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakqa dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam Islam dengan pertumbuhan yang baik.

Membacakan Al-Fatihah

Membacakan ummul Qur’an yaitu Surat Al-Fatihah juga bisa menjadi doa untuk anak yang baru lahir. Dalam satu surat ini sudah mencakup banyak doa, harapan dan permohonan sekaligus. Surat ini terutama memohon kepada Allah agar senantiasa diberi pertolongan dan ditunjukkan jalan yang lurus.

Audzubillahiminasyaitonirroojim. Bismillahir Rahmanirrahiim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin. Arrahmaanirraahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaaka na’budu waiyyaaka nasta’iin. Ihdinashirratal mustaqim. Shiratalladzina an’amta alaihim ghairil maghduubi alaihim waladhaalin.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada Engkau-lah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan. Tunjukilah kepada kami jalan yang lurus. Yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat”. (QS. Al Fatihah: 1-7)

ucapan doa untuk anak yang baru lahir

Ucapan Doa Saat Mengunjungi Anak yang Baru Lahir

Mengunjungi bayi yang baru lahir sepertinya sudah menjadi tradisi di Indonesia. Selain turut bersyukur, umumnya kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui keadaan bayi dan ibu yang baru saja melahirkan.

Saat mengunjungi atau menjenguk ibu yang baru melahirkan, ada baiknya kita juga mengirimkan doa untuk bayi dan orang tuanya. Untuk itu, berikut adalah ucapan doa untuk anak yang baru lahir yang bisa diberikan saat mengunjungi atau menjenguk bayi yang baru saja dilahirkan.

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ:

Barakallahu laka fil mauhuubi laka wa syakartal waahiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrohu.

Artinya: “Semoga Allah memberi berkah dalam anugerah yang diberikan padamu. Semoga kamu dapat bersyukur kepada yang memberi anugerah itu, dan semoga anak ini menjadi dewasa serta berbakti kepadamu”.

Ketika mendapat hadiah doa ini dari kerabat atau saudara yang menjenguk bayi yang baru lahir, ada baiknya orang tua membalas dengan mendoakan balik orang yang sudah memberikan doa tersebut. Balasan doanya adalah sebagai berikut.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا، وَرَزَقَكَ اللهُ مِثْلَهُ، وَأَجْزَلَ ثَوَابَكَ

Barakallahu laka wa Baraka ‘alaika wa jazakallahu khairan wa razaqakallahu mitslahu au ajzalallahu tsawabaka.

Artinya: “Semoga engkau diberkahi Allah, semoga keberkahan Allah tercurah atas dirimu, semoga Allah memberikan rizki yang sama padamu atau Allah menyegerakan pahala bagimu”.

Amalan Baik untuk Anak yang Baru Lahir, Memberi Doa untuk Anak yang Baru Lahir Termasuk

Rasulullah SAW memberikan contoh amalan baik yang bisa dilakukan oleh kedua orang tuanya dalam menyambut kelahiran bayi. Amalan-amalan tersebut salah satunya adalah memberikan doa Rasulullah untuk anak yang baru lahir sebagaimana doa-doa di atas.

Nah, selain membacakan doa-doa sebagai harapan yang baik dari orang tua kepada anaknya yang baru lahir, ada beberapa amalan lain yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam menyambut kehadiran buah hatinya. Amalan-amalan tersebut kesemuanya bersifat baik dan memiliki makna tersendiri.

Melantunkan Adzan dan Iqomah di Telinga Kanan Bayi

Melantunkan adzan dan iqomah di telinga kanan bayi ini adalah amalan yang sangat dianjurkan untuk diikuti oleh orang tua bayi. Biasanya adzan dan iqomah ini dilakukan oleh ayah dari bayi.

Tujuan dari mengadzani dan iqomah di telinga kanan ini adalah untuk mengusir syaitan yang sudah menanti-nanti kelahiran anak tersebut. Dengan adzan dan iqomah ini, seruan untuk dakwah sudah lebih dulu dilakukan dibandingkan seruan untuk mengikuti langkah syaitan.

Menjalankan Aqiqah

Amalan berikutnya yang sangat dianjurkan untuk dilakukan orang tua untuk menyambut kelahiran anaknya adalah menjalankan proses aqiqah. Aqiqah ini adalah proses penebusan atas raga anak yang baru dilahirkan.

Selain itu, aqiqah juga bisa menjadi momen dimana ada lebih banyak orang yang memberikan doa untuk anak yang baru lahir tersebut. Dengan melakukan prosesi aqiqah juga bisa menjadi momen untuk orang tua bersyukur atas kelahiran buah hatinya dengan selamat dan sehat.

Memberikan Nama dengan Makna yang Bagus

Dalam prosesi aqiqah tersebut biasanya juga diikuti dengan memberikan nama untuk anak yang baru lahir. Meskipun sebelumnya sudah disiapkan, biasanya nama tersebut akan diperkenalkan secara resmi kepada sanak saudara dan kerabat.

Memberikan nama kepada anak juga harus dipertimbangkan dengan baik. Nama adalah bagian dari doa dan harapan dari orang tua untuk anaknya di masa depan. Karena itu, orang tua tidak boleh asal dan sembarangan dalam memberikan nama.

Akan lebih baik jika orang tua memilih nama dari Al-Qur’an. Ada banyak inspirasi nama dengan makna yang sangat baik yang bisa dicari di dalam Al-Qur’an. Dengan memberikan nama yang memiliki makna baik, maka bisa menjadi doa dan harapan yang baik pula untuk anak di masa depan.

Penutup

Demikian diatas adalah berbagai ucapan doa untuk anak yang baru lahir yang bisa diberikan oleh orang tua maupun kerabat. Dengan memberikan doa yang baik untuk menyambut kelahiran seorang anak, maka diharapkan kelak anak tersebut bisa tumbuh dengan baik menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Sekian bahasan yang dapat tim martabattujuh.com sampaikan, sampai jumpa di lain kesempatan.