Doa untuk anak perempuan
Doa untuk anak perempuan

Doa untuk Anak Perempuan dan Cara Mendidiknya

Diposting pada
Doa untuk anak perempuan dan cara mendidiknya sesuai syariat Islam. ✓ doa ✓ doa Nabi Ibrahim untuk anaknya ✓ cara mendidik menurut Rasulullah SAW.
Bagikan artikel ini

Doa untuk anak perempuan dan cara mendidiknya sesuai syariat Islam. Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak perempuan yang tumbuh pintar, cerdas dan pastinya sholeh atau sholehah. Karena itu orang tua pun pasti mengusahakan yang terbaik untuk anaknya. Termasuk selalu mendoakan anak-anaknya yang terbaik. Jika memiliki anak perempuan pasti juga selalu dibacakan doa untuk anak perempuan agar bisa menjadi anak yang sholihah, berbakti dan segala yang terbaik.

Baik memiliki anak perempuan maupun laki-laki, setiap doa baik selalu dipanjatkan oleh orang tua. Tujuannya adalah agar anaknya bisa tumbuh menjadi anak yang berguna, tidak hanya bagi orang tua, namun juga bangsa dan agamanya.

Doa untuk anak perempuan
Doa untuk anak perempuan

Doa untuk Anak Perempuan Agar Solehah, Sehat, Pintar dan Berbakti

Ada beberapa doa baik yang bisa diberikan oleh orang tua untuk anaknya agar bisa tumbuh menjadi anak yang pintar dan sholih dan sholihah. Doa-doa berikut ini bisa diterapkan untuk anak perempuan maupun anak laki-laki. Jika Kamu memiliki anak perempuan, bisa dijadikan doa untuk anak perempuan agar tumbuh menjadi anak yang sholihah.

Doa Nabi Ibrahim untuk Anaknya

Sebagai orang tua yang beriman dan bertaqwa tentunya tidak ingin anaknya terjerumus kedalam panasnya api neraka dan selalu ingin melihat anak-anaknya selalu ingat kepada Tuhannya dan selalu mendirikan shalat dimanapun dia berada. Diambil dari Qs. Ibrahim: 40 adalah doa Nabi Ibrahim untuk anaknya yang bisa Kamu ikuti.

رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ

"Robbij'alnii muqimash sholati wa min dzurriyyati robbanaa wa taqobbal du'aa"

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku”.

Doa untuk Anak Perempuan Agar Pintar dan Cerdas

Menjadi anak yang pintar dan cerdas tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Selain menyiapkan pendidikan yang terbaik, orang tua juga bisa senantiasa mendoakan agar anak bisa tumbuh menjadi anak yang pintar. Berikut doa yang bisa dibaca:

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

"Allaahummam laa quluuba aulaadinaa nuuron wa hikmatan wa ahlihim liqobuuli ni'matin wa ashlih hum wa ashlih bihimul ummah"

Artinya: “Ya Allah penuhilat hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka”.

Doa untuk Anak Perempuan agar Beriman dan Bertaqwa

Di era modern ini tak sedikit anak-anak muda yang meninggalkan iman dan taqwanya hanya untuk mengikuti trend. Apalagi anak perempuan, menjadi anak yang senantiasa beriman dan bertaqwa tentu bisa menjaga mereka dari hal-hal yang tidak baik. Karena itu, orang tua bisa memberikan doa untuk anak perempuan berikut.

رَبَّنَا هَبۡ لَنَا مِنۡ أَزۡوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعۡيُنٖ وَٱجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِينَ إِمَامًا

"Robbanaa hablanaa min azwaa jinaa wa dzurriyyatinaa qurrota a'yun waj'alnaa lil muttaqiina imaamaa"

Artinya: “Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.

Doa untuk Anak Perempuan agar Sehat dan Cerdas serta Memiliki Ilmu Bermanfaat

Menjadi anak yang cerdas dan pintar saja tentu belum cukup jika belum bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Oleh karena itu, doa untuk anak perempuan berikut bisa memberikan harapan agar nantinya selain menjadi anak cerdas juga bermanfaat ilmunya.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

"Allahummaj'alhu shohiihan kaamilan, wa'aaqilan haadziqon, wa 'aaliman 'aamilan"

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah ia anak yang sehat, sempurna, berakal cerdas dan berilmu lagi beramal.

Doa untuk Anak Perempuan Agar Berbakti Kepada Orang Tua

Salah satu harapan yang diimpikan saat buah hatinya tumbuh besar adalah menjadi anak yang tetap berbakti kepada orang tuanya. Maka orang tua bisa mendoakan anak dengan doa berikut.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

"Allahumma baariklii fii awladii, wa laa tadhurrohum, wa waffiqhum lithoa 'atika, warzuqnii birrohum"

Artinya: “Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, anganlah Engkau timpakan marabahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka.

Doa untuk Anak Perempuan Agar Solehah

Memiliki anak perempuan yang sholihah tentu menjadi dambaan bagi setiap orang tua. Karena itu, orang tua senantiasa membacakan doa untuk anak perempuan agar tumbuh menjadi anak yang sholihah dengan doa berikut:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

"Allahummaj 'al awlaa danaa awlaadan shoolihiina haafizhiina lil qur'aani wassunnati fuqohaa a fiddiin mubarokan hayaatuhum fiddun yaa wal aakhirah"

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dan dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat.

Doa untuk anak perempuan
Doa untuk anak perempuan

Cara Mendidik Anak Perempuan ala Rasulullah

Anak perempuan atau laki-laki pada dasarnya sama saja merupakan karunia dari Allah. Namun perempuan memang lebih dimuliakan karena kelak ketika sudah menjadi seorang ibu, di telapak kaki perempuanlah surge anak berada. Demikian pula menurut Rasulullah bahwa penduduk neraka juga sebagian besar dihuni oleh para perempuan.

Karena hal tersebut mendidik anak perempuan harus benar-benar tepat agar anak perempuan tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang sifatnya buruk. Orang tua dianjurkan untuk mendidik anak-anak perempuannya sesuai syariat Islam selain juga senantiasa memberikan doa untuk anak perempuan agar senantiasa dijaga dalam kebaikan. Berikut adalah cara mendidik anak perempuan sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW.

Mengenalkan Tauhid

Ilmu Tauhid adalah dasar dari ajaran agama Islam. Maka, hal paling dasar dan pertama yang harus diajarkan kepada anak perempuan adalah tentang konsep Tauhid atau Ketuhanan. Ajarkan bahwa manusia adalah ciptaan Allah dan hanya Allah Dzat yang patut disembah.

Mengajarkan tentang ilmu Tauhid harus diajarkan bahkan sejak dini. Hal ini bisa dimulai dengan mengajarkan anak mengucapkan laailaha illaallahi. Mengulang-ngulang bacaan syahadat sambil menjelaskan tentang ke-Esaan Allah adalah cara untuk mengenalkan tentang tauhid kepada anak.

Mengajarkan Tentang Ilmu Agama

Setelah mengajarkan tentang Tauhid, maka tahap selanjutnya adalah mengenalkan dan mengajarkan ilmu agama. Mengajarkan ilmu agama tidak seharusnya menunggu anak sudah dewasa. Sudah sepatutnya ilmu agama itu diajarkan sejak dini.

Caranya adalah dengan mengenalkan kemudian menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini. Misalnya membiasakan anak untuk ikut sholat bersama orang tuanya, mengenalkan tentang Al-Qur’an, dan berbakti kepada orang tua.

Sedangkan untuk anak perempuan bisa ditambahkan dengan kewajiban menutup aurat dengan mengenakan jilbab. Hal ini juga membawa manfaat karena menghindarkan orang tua dari panasnya api neraka.

Mengajarkan Berperilaku Sopan dan Berakhlak Mulia

Dalam rangkaian doa untuk anak perempuan yang dibacakan oleh orang tua untuk anak perempuannya pasti terselip harapan agar kelak anaknya tumbuh menjadi anak yang berakhlak mulia. Hal tersebut harus diajarkan sejak dini, mulai dari bersikap sopan.

Orang tua harus membiasakan anak untuk bersikap sopan, terutama kepada orang tua atau orang yang lebih tua. Bersikap sopan dengan bertutur kata lembut, tidak menggunakan nada suara yang tinggi serta tidak membantah.

Anak juga harus diajarkan sejak dini agar memiliki akhlak yang mulia. Hal-hal yang disebutkan di atas sudah termasuk dalam contoh akhlak yang mulia. Selain itu, diajarkan juga tentang bagaimana bersikap baik terhadap sesama manusia, tidak membeda-bedakan bahkan bersikap baik terhadap makhluk ciptaan Allah lainnya. 

Memiliki anak perempuan ataupun laki-laki sebenarnya sama saja, harus dididik dengan baik agar tumbuh menjadi anak yang baik, sholeh/sholehah, berbakti kepada orang tua serta berguna bagi bangsa dan agama. Namun seperti yang disampaikan oleh Rasulullah, bahwa di kaki perempuanlah kelak surga berada. Di sisi lain juga kebanyakan penghuni neraka adalah kaum perempuan. Maka agar anak perempuan tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang tidak baik, selain selalu memberikan doa untuk anak perempuan yang terbaik, orang tua juga harus meniru bagaimana Rasulullah mendidik anak perempuan sesuai dengan syariat Islam.

Penutup

Demikian pembahasan kali ini yang dapat disuguhkan oleh martabattujuh.com mengenai doa untuk anak perempuan beserta dengan cara mendidiknya yang baik dan benar menurut syariat Islam. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, terima kasih dan sampai jumpa di tulisan-tulisan lainnya.