Doa setelah sholat subuh
Doa setelah sholat subuh

Doa Setelah Sholat Subuh beserta Amalan yang Dianjurkan Nabi

Diposting pada
Doa setelah sholat subuh beserta amalan yang dianjurkan Nabi. Membahas tentang ✓ doa ✓ amalan yang dikerjakan ✓ tanya jawab seputar sholat subuh ✓ kesimpulan
Bagikan artikel ini

Doa setelah sholat subuh beserta amalan yang dianjurkan Nabi. Sholat subuh merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam, karena setelahnya Kamu siap melakukan aktivitas sehari-hari. Sholat subuh juga bisa menjadi media Kamu untuk berdoa, salah satunya adalah meminta kemudahan rezeki. Berikut ini adalah doa setelah sholat subuh yang bisa Kamu lafalkan.

Doa rezeki setelah sholat subuh, khususnya meminta rezeki yang berlimpah banyak dicontohkan oleh sahabat Nabi. Doanya pun diriwayatkan oleh banyak perawi, sehingga bisa diamalkan oleh setiap umat muslim. Berikut adalah tata cara berdoa agar dilapangkan rezekinya setelah menunaikan sholat subuh.

Doa setelah sholat subuh
Doa setelah sholat subuh

Doa Setelah Sholat Subuh yang Dicontohkan Oleh Nabi

Ada alasan kenapa banyak orang meminta kelimpahan rezeki dan kemudahan hidup selepas melakukan sholat subuh. Ini karena waktu tersebut merupakan waktu yang tepat untuk berdoa, sehingga semua hajat yang diminta lebih mudah dikabulkan oleh Allah.

Berikut merupakan doa dan zikir yang disarankan oleh Rasulullah dilakukan selepas melaksanakan sholat subuh, diantaranya adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as 'aluka 'ilmann naafi 'ann wa rizqann thoyyibann wa 'amalann mutaqabbala(n)

Artinya: ”Ya Allah, Aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, dan rizki yang thoyyib dan amalan yang diterima.”

Doa rezeki setelah sholat subuh tersebut merupakan doa yang sahih, sebab diriwayatkan langsung oleh Imam Nawawi. Beliau mengutip hadist tersebut dalam kitab yang ia tulis, yakni kitab al-Adzkar. Di dalam kitab tersebut, disebutkan bahwa Nabi membaca doa tersebut selepas melakukan sholat subuh, yang kemudian ditiru oleh sahabatnya.

Terdapat tiga komponen dasar yang terdapat dalam doa selepas sholat subuh tersebut yang dilakukan oleh Nabi tersebut, diantaranya adalah:

  1. Ketika seseorang ingin mendapatkan keberuntungan dan keberkahan dalam hidup, maka ia harus mendasari tindakannya dengan ilmu.
  2. Umat Islam yang hendak menopang ilmu dan amal yang dilakukan, hendaknya memiliki biaya yang cukup agar ibadah tidak terganggu.
  3. Rezeki yang berkah, walaupun sedikit, tetap akan mampu mencukupi berbagai kebutuhan hidup yang dimiliki oleh umat Islam.

Membaca doa setelah sholat subuh tersebut tidak hanya agar mendapatkan rezeki yang cukup. Namun juga termasuk hajat agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat, sebagai tanda bahwa amal perbuatan yang dilakukan oleh manusia diterima oleh Allah.

Doa setelah sholat subuh
Doa setelah sholat subuh

Amalan Setelah Sholat Subuh

Setelah memanjatkan doa meminta rezeki tersebut, ada beberapa amalan lain yang bisa Kamu lakukan selepas menunaikan ibadah sholat subuh. Karena jika Kamu tidur selepas sholat subuh, maka hal tersebut merupakan aktifitas yang sia-sia.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, ada banyak keberkahan yang bisa Kamu dapatkan selepas melakukan sholat subuh. Inilah alasan kenapa banyak orang melakukan amalan selepas waktu sholat tersebut akan dimudahkan dalam mendapatkan rezeki, serta kemudahan lain yang akan mengikutinya.

Berikut ini merupakan beberapa amalan setelah sholat subuh yang bisa Kamu lakukan selepas melafalkan doa setelah sholat subuh, diantaranya adalah:

Dzikir Setelah Sholat Subuh

Zikir merupakan upaya untuk mengingat Allah, jika dilakukan setiap pagi tentu sepanjang hari Kamu bisa beraktifitas dengan tenang dan lancar. Kamu bisa melakukan zikir setelah sholat subuh sampai dengan terbitnya fajar di ufuk timur.

Kamu bisa melafalkan semua zikir yang Kamu inginkan, diantaranya melafalkan takbir, tahlil, sholawat, tasbih, maupun tahmid. Terdapat ayat di dalam al-Quran yang menyarankan umat Islam untuk sering berzikir dan menyebut nama Allah.

Salah satunya berada di surah al-Ahzab, yang terdapat di ayat 41 dan 42. Di dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa dengan berdzikir dan menyebut nama Allah sebanyak-banyaknya, maka ia termasuk golongan orang yang beriman. Tasbih kepada Allah juga dianjurkan dilakukan setiap pagi dan petang, sehingga dapat dilakukan secara rutin.

Bacaan Setelah Sholat Subuh

Aktifitas lain yang bisa Kamu lakukan setelah membaca doa setelah sholat subuh adalah membaca al-Quran sebagai bacaan setelah sholat subuh. Sebagai kitab suci umat Islam, membaca al-Quran juga merupakan ibadah yang bisa mendatangkan pahala yang besar.

Ketika Kamu membaca al-Quran di pagi hari selepas melakukan sholat subuh, maka Kamu bisa mendapatkan ketenangan. Membaca di waktu tersebut, baik al-Quran maupun membaca hal yang bermanfaat lainnya, misalnya seperti belajar, akan membuat Kamu tetap fokus dan mudah diserap otak.

Banyak penghafal al-Quran yang memanfaatkan waktu selepas subuh untuk melakukan murojaah, yakni mengulang kembali hafalan al-Quran yang sudah dimiliki dan menjadi bacaan setelah sholat subuh. Dengan mengikuti kebiasaan tersebut, Kamu bisa lebih bersemangat membaca al-Quran dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari setelah membaca doa setelah sholat subuh.

Membersihkan Diri

Selepas melakukan dua aktivitas diatas, agar Kamu tidak mengantuk, Kamu bisa mulai untuk membersihkan diri. Proses pembersihan diri, mandi misalnya, merupakan amalan pagi yang disarankan sebagai sunnah. Jadi, jika Kamu melakukannya selepas membaca doa setelah sholat subuh dan amalan lain, maka akan dihitung sebagai pahala.

Kamu bisa menyegerakan diri untuk mandi, karena dalam fase tersebut, mandi memiliki dampak yang baik untuk tubuh. Banyak penelitian mengatakan, mandi di pagi hari bisa membantu Kamu untuk melancarkan peredaran darah.

Ia juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga Kamu tidak mudah terserang penyakit. Untuk wanita maupun pria, mandi di pagi hari juga meningkatkan kesuburan diri, sehingga memberikan manfaat yang baik untuk diri sendiri dan juga pasangan.

Beramal

Abu Hurairah, salah satu sahabat Nabi meriwayatkan bagaimana beramal setelah melakukan sholat subuh memberikan manfaat yang baik bagi orang lain. Selain mendatangkan kebaikan dan pahala untuk diri sendiri, beramal selepas subuh juga merupakan sunnah Nabi yang bisa Kamu ikuti.

Di dalam hadist tersebut, dianjurkan seseorang untuk melakukan ibadah secara kontinyu di pagi hari, hingga matahari tergelincir di sore hari. Membaca doa setelah sholat subuh merupakan salah satu dari berbagai amalan tersebut.

Selanjutnya, umat Islam diminta untuk melakukan amal dengan sempurna, dengan tidak berlebihan dan tidak terlalu meremehkan. Apabila seseorang tidak bisa melakukan sesuatu yang sempurna, maka sebaiknya mereka tetap melakukannya sampai mendekati amalan yang sempurna dan baik tersebut.

Melakukan Sholat Duha

Sebagai penutup dari berbagai rangkaian amalan selepas subuh tersebut, melakukan sholat duha adalah amalan yang banyak disarankan. Sholat duha sendiri merupakan ibadah yang bisa mendatangkan rezeki untuk mereka yang rutin melakukannya.

Sholat duha juga dicontohkan oleh Rasulullah selama ia masih hidup, yang terbukti dengan riwayat yang disampaikan oleh Aisyah. Dalam hadist tersebut, dikatakan bahwa Rasulullah melakukan sholat duha sebanyak empat rakaat setiap harinya, dan akan ditambah jika Nabi ingin menambahnya.

Tanya jawab doa setelah sholat subuh
Tanya jawab doa setelah sholat subuh

Tanya Jawab seputar Doa Setelah Sholat Subuh

Setelah sholat subuh apakah boleh tidur?

Jawaban setelah sholat subuh apakah boleh tidur? Ada dua pendapat yang menegaskan tentang hal ini. Yang pertama di boleh kan jika ada keperluan yang mendesak seperti, adanya penyakit insomnia atau pekerjaan yang dikerjakan hingga subuh. Namun pada pendapat yang ke dua hukumnya adalah makruh dikarenakan pada saat itu, Allah sedang membagi-bagikan rezeki untuk hamba-Nya. Selain itu juga terdapat banyak efek negatif yang ditimbulkan. Salah satunya tidak baik untuk kesehatan, yaitu bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

Apa sah sholat subuh tanpa qunut?

Apakah sah atau tidaknya sholat subuh tanpa qunut jika menurut Mazhab Hanafi dan Hambali tentu saja sah karena qunut tidak ada pada sholat subuh. Namun menurut Mazhab Maliki dan Syafi’i qunut harus dibaca saat sholat subuh dan dibacakan sebelum ruku’.

Apakah jam 6 pagi masih bisa sholat subuh?

Tidak boleh karena menurut para ulama batasan waktu sholat subuh terletak mulai dari terbitnya fajar shadiq hingga sebelum matahari terbit (syuruq). Sementara untuk mengetahui kapan waktu syuruq, bisa ditentukan dari waktu magrib di masing-masing daerahnya dan dikurangi 15 menit.

Penutup

Itulah yang dapat tim martabattujuh.com sampaikan tentang doa setelah sholat subuh yang bisa Kamu praktekkan, apalagi dijadikan sebagai amalan yang bisa Kamu lakukan setiap harinya. Semoga informasi tersebut dapat menambah keinginan Kamu untuk lebih bersemangat dalam melakukan berbagai aktivitas yang baik, melakukan berbagai sunnah Nabi, serta menjadi bekal untuk kehidupan akhirat yang kekal.