Lafadz Doa Sebelum Baca Yasin beserta 7 Keutamaan Membaca Surat Yasin

Surat Yasin merupakan salah satu surat dalam Al-Qur’an yang memiliki banyak keistimewaan. Karena itu, surat ini sering dibaca, terutama dalam rangkaian tahlill. Dalam rangkaiannya, sebelum membaca Surat Yasin didahului dengan membaca Al-Fathihah serta doa sebelum baca Yasin.

Rangkaian Surat Yaasin dan tahlil biasanya dibaca untuk mengirim doa pada orang yang sudah meninggal dunia. Meski tidak dilanjutkan dengan membaca tahlil, alangkah lebih utama jika sebelum membaca Yasin didahului dengan membaca Al-Fatihah dan doa pengantar sebelum membaca Yasin.

Lafadz Doa Tawasul, Doa Sebelum Baca Yasin

Sebelum membaca Surat Yaasin, diutamakan untuk membaca Surat AL-Fatihah terlebih dahulu. Lebih diutamakan lagi sebelum membaca Surat Al-Fatihah ini didahului dengan membaca doa sebelum baca Yasin yang diselingi dengan bacaan Al-Fatihah di dalamnya.

Doa sebelum baca Surat Yaasin ini disebut sebagai Doa Tawasul. Banyak yang kadang melewatkan bacaan ini sebelum membaca Yasin dan hanya diganti dengan membaca Al-Fatihah. Meski panjang, membaca Doa Tawasul sebelum membaca Yaasin ini lebih diutamakan. Berikut bacaannya.

اِلَى حَضَرَةِ النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وَاَزْوَا جِهِ وَاَوْلاَ دِهِ وَذُرِّيَّا تِهِ الْفَتِحَةْ

Bismillahirrahmaanirrahim. ilaahadharatin nabiyyil musthofaa shollallahu ‘alaihi wa sallama, wa aalihi wa azwajihii wa aulaadihi wa dzurriyatihi. Al fatihah..

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Kepada yang terhormat Nabi Muhammad SAW yang terpilih, kepadanya segenap keluarga para istri dan anak cucu beliau, bacaan Al-Fatihah kami tujukan untuk Beliau.

Setelah itu dilanjutkan dengan membaca Surat Al-Fatihah sebanyak 1 kali. Jika sudah disambung dengan lafadz berikut ini.

اِلَ حَضَرَاتِ اِخْوَا نِهِ مِنَ الْاَنْبِيَاءِ وَ الْمُرْسَلِيْنَ وَالْاَوْلِيَاءِ وَاَلشَّهَدَاءِ وَاَلصَّا لِحِيْنَ وَاَلصَّحَا بَةِوَ التَّا بِعِيّنَ وَالْعُلَمَاءِ الْعَا مِلِيْنَ وَالْمُصَنِّفِيْنَ الْمُخْلِصِيْنَ وَ جَمِيْعِ الْمَلَئِكَةِ الْمُقَرَّ بِيْنَ خُصُوْصًا سَيِّدِنَا الشَّيْخِ عَيْدِ الْقَادِرِا لْجَيْلَا نِى . الْفَاتِحَةْ

Ilaa hadhorooti ikhwaanihi minal anbiyaa’I wal mursaliina wal auliyaa’I wash syuhadaa’I wash shoolihina wash shohaaabatina wa taabi’iina wal ulamaa’il aamiliina walmushonnifii nal mukhlishina wa jamii’il malaa ikatil muqorrobiina khusuushon sayyidina asy syaikhi ‘abdil qoodiril jailani. Al fatihah.

Artinya: “Kepada yang terhormat para handai taulan dari para nabi dan rosul, para wali, para syuhada’, orang-orang saleh, para sahabat, para ulama yang mengamalkan ilmunya, para pengarang yang ikhlas dan kepada segenap malaikat yang mendekatkan diri kepada Allah. Terutama kepada penghulu kita syaikh Abdul Qodir Jalilani. Al fatihah.

Sama seperti sebelumnya, setelah membaca lafadz doa sebelum baca yasin ini kemudian dilanjutkan lagi dengan membaca Surat Al-Fatihah. Kemudian, setelah itu disambung dengan membaca Surat Yasin sampai selesai.

Keutamaan Membaca Surat Yasin, Diawali dengan Doa Sebelum Baca Yasin

Membaca Surat Yaasin biasanya dibaca dalam rangkaian tahlil. Umumnya, setelah membaca Surat Yaasin kemudian dilanjutkan dengan membaca bacaan tahlil. Surat Yasin ini tidak harus dibaca saat ada orang meninggal saja. Surat ke 36 dalam Al-Qur’an ini juga bisa dibaca sehari-hari.

Diawali dengan membaca doa sebelum baca Yasin yang kemudian dilanjutkan dengan membaca Surat Yaasin sampai akhir. Dengan membaca Surat Yasin secara rutin sehari-hari, Kamu akan mendapatkan berbagai manfaat. Berikut adalah manfaat dari membaca Surat Yasin.

Mendapatkan Ampunan Atas Segala Dosa-Dosa

Manfaat pertama dari membaca Surat Yasin adalah diampuni segala dosa-dosa di dunia. Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang tak bisa lepas dari dosa dan khilaf. Maka sebagai makhluk yang sering berbuat dosa, sudah sepatutnya kita memohon ampun kepada Allah.

Diantara amalan yang dicontohkan oleh Rasulullah adalah membaca Surat Yasin untuk mendapatkan keutamaan diampuni dosa-dosanya. Amalan ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dalam satu hadits.

Dihindarkan dari Siksa Kubur

Setiap muslim percaya bahwa setelah kematian akan ada kehidupan yang lebih kekal. Saat di kehidupan ini, manusia yang sudah meninggal akan mendapatkan siksa kubur sesuai dengan amalan yang diperbuat selama masa hidup.

Maka ini adalah manfaat membaca Surat Yasin selanjutnya yang bisa didapatkan, yaitu bisa membantu meringankan siksa kubur. Apalagi jika diawali dengan membaca doa sebelum baca Yasin, maka keutamaan yang didapat akan semakin besar.

Mendapat Ketenangan Hati

Semua manusia yang hidup tentu akan selalu menghadapi masalah, baik itu masalah yang kecil maupun besar. Masalah ini harus dihadapi dan diselesaikan dengan hati dan pikiran yang tenang agar bisa mendapatkan solusi terbaik.

Dengan membaca Surat Yasin, keutamaan yang bisa didapatkan berikutnya adalah bisa memperoleh ketenangan hati. Hal ini karena membaca Al-Qur’an surat apapun itu, termasuk Surat Yasin, sama halnya dengan kita sedang berdzikir kepada Allah.

Sebagaimana yang diketahui semua umat muslim, bahwa memperbanyak dzikir adalah cara untuk mendapatkan ketenangan hati. Maka dengan membaca Al-Qur’an surat apapun contohnya Surat Yasin, maka Kamu pun akan mendapatkan ketenangan hati. Jangan lupa untuk juga membaca doa sebelum baca Yasin agar bisa mendapat keutamaan lebih.

Dimudahkan Segala Urusannya

Keutamaan membaca Surat Yasin selanjutnya adalah akan memberikan kemudahan bagi orang yang membacanya. Kemudahan dalam segala urusan akan didapat jika Kamu rajin membaca Surat Yasin, tidak perlu menunggu momen atau waktu tertentu.

Apalagi jika Kamu menambahkan dengan bacaan doa sebelum baca Yasin seperti yang diajarkan di atas. Doa Tawasul sebagai doa pembuka untuk membaca Yasin juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi yang membacanya.

Sebagaimana yang dijelaskan dalm salah satu hadits yang menyebutkan barang siapa yang rajin membaca Yasih di pagi hari sebelum beraktivita, maka memulai hari dengan membaca Yasin akan memberikan manfaat berupa dilancarkan semuau urusan dalam 1 hari tersebut.

Meningkatkan Pahala Berlipat Ganda

Rasulullah pernah bersabda dan diriwayatkan dalam At-Tirmidzi dan Ad-Danimi, dalam riwayat tersebut menjelaskan tentang apa yang dijelaskan oleh Rasulullah tentang Surat Yasin, yakni bahawasannya surat Yasin ini adalah jantung dari Al-Qur’an. Maka, barang siapa yang membacanya, maka ia akan mendapatkan pahala yang setara dengan 10 kali membaca Al-Qur’an.

Dikabulkan Segala Doa-Doanya

Keutamaan berikutnya yang didapat dari memperbanyak membaca Yasin adalah dapat mengabulkan segala doa-doa yang dipanjatkan kepada Allah. Keutamaan ini didapatkan setelah bisa membaca surat Yasin sebanyak 7 kali.

Keutamaan ini sebagaimana disebutkan di dalam salah satu hadits yang menjelaskan tentang keutamaan membaca Surat Yaasin. Maka setelah mengetahui berbagai keutamaan dari surat ke 36 dalam Al-Qur’an ini diharapkan kita sebagai manusia bisa lebih memperbanyak dalam membaca Surat Yasin.

Mempermudah Saat Sakaratul Maut

Keutamaan terakhir yang bisa didapatkan dari memperbanyak membaca Surat Yasin adalah dapat membantu mempermudah saat sakaratul maut. Hal tersebut sebagaimana yang dijelaskan di dalam tafsir AL-Qur’an bahwa dengan membaca Surat di sisi mayat maka akan mempermudah saat proses keluarnya ruh dari raganya.

Kesimpulan

Surat Yasin yang merupakan salah satu surat di dalam Al-Qur’an merupakan satu surat yang sering didengar dan dibaca, terutama bersama dengan membaca tahlil. Biasanya ada bacaan doa sebelum baca Surat Yasin yang mendahului kemudian diikuti dengan membaca Surat Al-Fatihah lalu Surat Yasin.

Dengan mengetahui berbagai keutamaannya sebagaimana yang dijelaskan di atas, semoga bisa membuat kita semua bisa lebih rajin dalam membaca Al-Qur’an. Sekian yang dapat tim martabattujuh.com sampaikan dan sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

Check Also

Doa Agar Disembuhkan Dari Penyakit Wajib Diketahui

Doa agar disembuhkan dari penyakit – Sakit merupakan keadaan yang wajar dan bisa terjadi pada …

Exit mobile version