Kumpulan Doa Orang Teraniaya dalam Al-Quran

Doa orang teraniaya dalam Al-Quran – Orang yang teraniaya adalah orang yang di zalimi oleh orang lain. Jika Anda merasa sedang teraniaya, maka Anda bisa membaca doa orang teraniaya dalam Al-Quran. Doa tersebut akan membantu Anda untuk tabah dan mengharapkan bantuan dari Allah. Anda juga bisa mengamalkan doa tersebut, sehingga mendapatkan banyak pahala sebagai balasan.

Kumpulan Doa Teraniaya dalam Al-Quran

Doa orang teraniaya dalam Al-Quran
Doa orang teraniaya dalam Al-Quran

Dikatakan dari hadis Nabi, yang diriwayatkan oleh Bukhori, bahwa kaum yang teraniaya adalah kaum yang harus ditakuti. Ini karena tidak ada batasan atau halangan bagi mereka untuk mendapatkan bantuan dari Allah. Caranya bisa beragam.

Pada kesempatan kali ini, penulis ingin berbagi 2 doa orang teraniaya dalam Al-Quran dan 1 doa orang teraniaya sesuai hadits yang bisa Anda baca ketika ada orang lain yang menyakiti hati kita. Berikut doanya dibawah ini.

Surat An-Nisa ayat 148

Di dalam surat An-Nisa, Anda akan menemukan ayat yang menjelaskan tentang keutamaan orang yang teraniaya. Anda bisa menggunakan ayat ini sebagai doa ketika teraniaya, berikut adalah doanya:

لَا يُحِبُّ اللّٰهُ الۡجَــهۡرَ بِالسُّوۡٓءِ مِنَ الۡقَوۡلِ اِلَّا مَنۡ ظُلِمَ‌ؕ وَكَانَ اللّٰهُ سَمِيۡعًا عَلِيۡمًا‏

Laa yuhibbullaahul jahra bis suuu'i minal qawli illaa man zulim; wa kaanallaahu Samii'an 'Aliiman.

Sedangkan terjemahan dari ayat tersebut adalah:

Allah tidak menyukai perkataan buruk, (yang diucapkan) secara terus terang kecuali oleh orang yang dizhalimi. Dan Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Surat An-Naml ayat 62

Berikutnya adalah doa orang teraniaya dalam Al-Quran yang ada di surat An-Naml. Ayat ini menjelaskan mengenai keutamaan orang yang teraniaya, bahwa doa-doa mereka dikabulkan oleh Allah.  Lafadz dari ayat ini adalah:

Baca juga:  Bacaan Doa Menyembelih Hewan Aqiqah dan Tata Cara sesuai Syariat

اَمَّنۡ يُّجِيۡبُ الۡمُضۡطَرَّ اِذَا دَعَاهُ وَيَكۡشِفُ السُّوۡٓءَ وَيَجۡعَلُكُمۡ خُلَفَآءَ الۡاَرۡضِ‌ ؕ ءَاِلٰـهٌ مَّعَ اللّٰهِ ‌ؕ قَلِيۡلًا مَّا تَذَكَّرُوۡنَ

Ammany-yujiibul mud tarra izaa da'aahu wa yakshifussuuu'a wa yaj'alukum khula faaa'al ardi 'a-ilaahum ma'al laahi qaliilam maa tazak karuun.

Sedangkan untuk terjemahan dari ayatnya adalah:

Bukankah Dia (Allah) yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila dia berdoa kepada-Nya, dan menghilangkan kesusahan dan menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah (pemimpin) di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Sedikit sekali (nikmat Allah) yang kamu ingat.

Doa yang Ditujukan untuk Penganiaya

Jika Anda sedang dianiaya oleh orang lain, Anda bisa membaca doa berikut ini. Doa ini merupakan doa dari hadits yang shahih. Diriwayatkan oleh perawi Bukhori dan Muslim, berikut adalah rincian mengenai lafadz dan artinya.

Bacaan doa orang yang teraniaya arab:

وَاتَّقِ دَعْوَةَ الْمَظْلُومِ فَإِنَّهُ لَيْسَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ الله حِجَابٌ

Bacaan doa orang yang teraniaya latin:

Wataqida' watalmadh 'aumi gainnahu laysabaynahaa qa baynallaha khijaabu.

Arti dari bacaan doa orang yang teraniaya adalah:

Dan berhati-hatilah terhadap doa orang yang terzalimi, karena tidak ada penghalang antara doanya dengan Allah.

Cara Mengatasi Diri Ketika Kita Dianiaya

Cara mengatasi diri ketika kita dianiaya
Cara mengatasi diri ketika kita dianiaya

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika teraniaya, diantaranya adalah:

Tenangkan Pikirian

Cara pertama adalah dengan menenangkan pikiran agar tidak melampiaskan dendam kepada orang yang sudah menyakiti Anda. Jika Anda melakukannya, Anda akan mendapatkan kesia-siaan alih-alih mendapatkan kebahagiaan dan kelegaan hati. Berbagai manfaat mengenai makna kehidupan akan Anda sia-siakan.

Pelampiasan dendam tidak disarankan oleh siapapun, bahkan oleh alim ulama. Anda disarankan membaca doa orang teraniaya dalam Al-Quran. Atau bisa juga membaca doa sesuai hadits yang ada pada urutan nomor 3 diatas agar diberikan hati yang lapang. Jika Anda bisa memaafkan orang lain, maka Anda akan mendapatkan hati yang lebih bersih dan tidak perlu mengurusi dendam.

Baca juga:  Kumpulan Doa Ijab Qobul Zakat Fitrah Lengkap dalam Islam

Tidak Melampiaskan Hawa Nafsu

Ketika seseorang dianiaya, biasanya timbul keinginan untuk melakukan pembalasan, baik balas dendam atau balas melakukan hal yang serupa. Rasulullah mengatakan bahwa semua orang yang melakukan pembalasan dendam secara pribadi akan menyakiti perasaanya. Sebab Allah tidak ingin satu sama lain makhluknya menyakiti yang lain.

Jiwa adalah bentuk yang mulia dan suci, merupakan akhlak yang tercela jika seseorang ingin mencemari jiwa orang lain. Rasulullah tidak pernah melakukan pembalasan dendam kepada orang lain atas keinginan pribadi, sebab ini bertentangan dengan apa yang diinginkan oleh Allah.

Mengetahui Kecintaan Allah kepada Orang yang Bersabar

Ketika seseorang bersabar, maka Allah mencintainya dan akan memberikan pahala yang berlimpah padanya. Allah akan membersamai siapapun yang sedang mengalami kesusahan. Segala bentuk gangguan, bahaya, dan apapun yang akan diberikan manusia ke manusia lain bisa diputuskan oleh Allah.

Banyak alasan kenapa doa orang teraniaya dalam Al-Quran merincikan keutamaan mengenai orang teraniaya yang bersabar. Ini karena Allah menyukai orang yang bersabar, sebagaimana dalam ayat-ayat yang ada di dalam Al-Quran. Dengan bersabar, Anda akan mendapatkan ridho dari Allah ketika dianiaya.

Sabar Sebagian dari Iman

Menjaga kesabaran agar tidak marah bisa menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, kesabaran tersebut bisa dilakukan dengan mengingat bahwa memiliki sifat yang sabar adalah menjaga keimanan yang dimiliki. Mereka yang bersabar akan menjaga sebagian imannya karena sabar merupakan sebagian dari iman.

Oleh karena itu, sayang jika Anda mengganti kesabaran dan iman yang sudah Anda miliki dengan balas dendam. Tidak hanya akan menghilangkan pahala yang didapatkan dari Allah, namun kadar keimanan Anda juga akan menurun karena menukarkannya dengan balas dendam. Padahal jika Anda sabar, Allah akan menjaga keimanan Anda sebaik mungkin.

Baca juga:  Lafadz Doa Minta Perlindungan Allah SWT dan Amalan-Amalannya

Kesabaran Merupakan Bentuk Pengekangan Hawa Nafsu

Dengan bersabar dan membaca doa orang teraniaya dalam Al-Quran, maka Anda bisa mengekang hawa nafsu negatif yang dikeluarkan oleh tubuh. Jika hawa nafsu yang Anda dapatkan bisa dikendalikan, maka Anda akan mendapatkan kekuatan untuk tidak diperbudak hawa nafsu.

Jika hawa nafsu bisa Anda kalahkan dengan mudah, maka Anda bisa melakukan berbagai kegiatan yang berpahala. Pengekangan hawa nafsu, apalagi ketika dianiaya, akan membuat Anda lebih sabar dan tabah secara keimanan. Sehingga Anda akan mendapatkan pertolongan dan pahala dari Allah.

Itulah berbagai kumpulan doa orang teraniaya dalam Al-Quran dan tips untuk bersabar ketika seseorang menganiaya Anda. Dengan informasi tersebut, semoga Anda bisa menahan diri dan bersabar ketika sedang dianiaya oleh orang lain.

Check Also

Doa agar dagangan laris maju dan berkah

Doa Agar Dagangan Laris Maju dan Berkah Beserta Artinya

Doa agar dagangan laris maju dan berkah – Berdagang menjadi kegiatan jual beli yang dilakukan …