7 Manfaat dan Lafadz Doa Nurbuat Asli dan Artinya

Doa Nurbuat atau yang sering juga disebut dengan doa Nubuwwah merupakan salah satu doa yang memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah agar orang yang memusuhi kita bisa menyayangi kita dan terhindar dari gangguan syaitan. Karena itu kita harus tahu lafadz doa nurbuat asli dan artinya.

Doa yang disebut juga dengan doa Jibril ini merupakan bentuk doa jamak. Banyaknya keistimewaan dari doa ini membuat banyak orang yang juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut.

Lafadz Doa Nurbuat Asli dan Artinya

Meskipun ada perbedaan pendapat tentang doa nurbuat asli dan artinya ini, yang mana sebagian dari doa ini tidak terdapat dalam hadist, namun setiap doa yang dimaksudkan dengan baik maka sah-sah saja jika dipanjatkan. Begitu pula dengan doa nurbuat ini.

Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang doa Nurbuat, berikut adalah lafadz doa nurbuat asli dan artinya yang bisa diamalkan. Berikut juga akan dijelaskan tentang manfaat atau keutamaan dari doa ini. Dibawah ini adalah doa nurbuat tulisan arab, doa nurbuat latin dan artinya:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ عَيْنِ الْقُدْرَةِ وَالنَّاظِرِيْنَ وَعَيْنِ الْجِنِّ الْاِنْسِ وَالشَّيَاطِيْنِ

Allahumma dzis-sultaanil ‘adziimi wa dzil-mannil qadiimi wa dzil-wajhil-kariimi wa waliyyil-kalimaattit taammati wadda’awaatil mustajabaati ‘aaqilil hasani wal-husaini min anfusil haqqi ‘ainil qudrati wan-naaziriina wa ‘ainil jinni wal insi wasy-syayaayiin.

Artinya: “Ya Allah Yang Maha Kuat, yang memiliki anugerah, yang merupakan Dzat Yang Maha Mulia, yang menguasai banyak kalimat sempurna dan doa yang mustajab, penjamin Al Hasan dan Al Husain dari jiwa yang hak, pandangan yang penuh kuasa, serta orang-orang yang melihat dari pandangan para jin, manusia dan juga setan.

وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنٌ وَمَاهُوَ اِلاَّذِكْرٌ لِّلْعَالَمِيْنَ وَمُسْتَجَابُ اْلقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُوالْعَرْشِ الْمَجِيْدِ

Wa iy yakaadulladziina kafaruu layuzliquunaka bi absaarihim lammaa samii’udz-dzikra wa yaquuluuna innahu lamajnuunuw wa maa huwaa illaa dzikrul lil- ‘aalamiin, wa mustajaabil-qur’aanil ‘aziim, wa waritsa sulaimaanu daawuuda ‘alaihimas salaam, al-wuduudu dzul ‘arsyil majiid.

Artinya:Sesungguhnya orang yang kafir itu adalah orang yang menjerumuskan kamu dengan pandangan mereka, ketika mendengar Al Qur’an dan mereka pun berkata, “Sesungguhnya Muhammad adalah orang yang gila. Al quran hanyalah peringatan untuk setiap umat. Wahai yang DIa yang memperkenankan melalui Al-Quran yang sangat agung. Sulaiman dan juga Daud dan Dia yang Maha Pengasih, sebagai Pemilik Arsy yang Mulia.

طَوِّلْ عُمْرِيْ وَصَحِّحْ جَسَدِيْ وَاقْضِ حَاجَتِيْ وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ وَحَبِّبْنِيْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ اٰدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَى الْكَافِرِيْنَ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Tawwil ‘umrii wa sahhih jasadii waqdii haajati wa aktsir amwaalii wa aulaadii wa habbibnii lin-naasi ajma ‘iina wa tabaa ‘adil ‘adaawata kullahaa mim banii aadama ‘alaihissalaamu man kaana hayyaw wa yahiqqal-qaulu ‘alal kaafiriina innaka ‘alaa kulli sya’in qadiir.

Artinya:Maka panjangkanlah umurku, sehatkanlah tubuhku, tunaikanlah segala yang kuperlukan, dan perbanyaklah harta dan anakku, jadikanlah aku orang yang terhindar dari segala permusuhan dari anak-anak Adam yang masih hidup. Pastikan ketetapan atau adzab untuk orang-orang yang kafir. Karena sesungguhnya, Engkau adalah yang Maha Kuasa akan segala sesuatu.

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْ

Subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘ammaa yasifuuna wa salaamun ‘alal mursaliina wal hamdu lillahi rabbil ‘aalamiin.

Artinya:Maha suci Tuhanmu, yaitu Maha yang memiliki kebesaran, dari apapun yang (mereka) gambarkan, yaitu orang-orang kafir, dan melimpahlah kesejahteraan pada para Rasul, dan segala puji Bagi Allah pemilik alam semesta”.

Itu tadi adalah lafadz doa nurbuat asli dan artinya yang bisa diamalkan untuk mendapatkan berbagai keutamaan dari doa tersebut. Doa ini bisa dilafadzkan setiap saat sebagaimana doa-doa lain yang dilafadzkan sehari-hari.

doa nurbuat asli dan artinya

Manfaat Doa Nurbuat Asli dan Artinya

Setelah tadi sudah mengetahui bagaimana doa nurbuat asli dan artinya, selanjutnya Anda juga harus tahu apa saja manfaat atau keutamaan dari membaca doa ini. Berikut adalah berbagai manfaat dari doa nurbuat tersebut.

Terhindar dari Sifat Ingkar Terhadap Nikmat Allah

Manfaat pertama dari doa nurbuat asli dan artinya ini adalah dapat menghindarkan sifat ingkar kita atas nikmat yang Allah berikan. Banyak diantara manusia yang sudah diberikan nikmat, baik itu berupa nikmat sehat maupun nikmat rejeki namun justru ingkar.

Membaca doa ini, maka kita akan diingatkan kembali tentang nikmat apa saja yang telah Allah berikan kepada kita. Dengan begitu kita akan terhindar dari sifat ingkar yang merupakan sifat buruk dari syaitan.

Menumbuhkan Rasa Kasih pada Musuh-Musuh yang Membenci Kita

Manfaat atau keutamaan selanjutnya dari membaca doa nurbuat asli dan artinya adalah dapat membuat kita disayangi oleh musuh-musuh atau orang yang membenci kita. Meskipun sebagai manusia kita selalu berupaya berbuat baik pada siapapun, akan selalu ada orang yang tidak menyukainya.

Pada tahap yang lebih, orang-orang yang tidak menyukai kita ini bahkan bisa menganggap kita sebagai musuhnya. Karena itulah dengan membaca doa nurbuat ini dapat memberi keutamaan bisa melembutkan hati orang-orang yang memusuhi kita tersebut agar menyayangi kita.

Dihindarkan dari Godaan Syaitan

Keutamaan berikutnya yang bisa didapatkan dari membaca doa nurbuat asli dan artinya yaitu dapat menghindarkan kita dari godaan syaitan yang terkutuk. Syaitan adalah makhluk ciptaan Allah yang tidak suka atas diciptakannya manusia oleh Allah.

Maka sejak pertama manusia diciptakan oleh Allah, syaitan selalu berupaya menggoda agar melakukan perbuatan yang dilarang dan tidak disukai oleh Allah. Agar kita tidak menjadi salah satu yang terperdaya godaan syaitan, doa nurbuat ini bisa dibaca di waktu-waktu mustajab, seperti setelah sholat.

Menjauhkan dari Sifat Kufur dan Perbuatan Maksiat

Doa Nurbuat disebut bisa memberikan manfaat yang berbeda-beda apabila dibaca di hari-hari yang berbeda. Misalnya, ketika dibaca di hari Kamis atau malam Jumat, maka doa ini akan memberikan manfaat menjauhkan kita dari sifat kufur dan perbuatan maksiat.

Mendapat Kesejahteraan di Dunia dan Akhirat

Siapa yang tidak mau mendapatkan kesejahteraan, baik di dunia maupun di akhirat. Semua orang pasti ingin mendapatkannya. Mengamalkan membaca doa nurbuat asli dan artinya setiap hari dengan niat ikhlas dan karena Allah Ta’ala akan memberikan keutamaan seperti dibawah ini.

Dapat Diampuni Dosa-dosanya

Manusia adalah makhluk yang tidak pernah lepas dari dosa. Maka, setiap hari dianjurkan untuk melakukan amalan untuk memohon ampun atas dosa-dosa yang sudah kita perbuat. Mulai dari amalan rajin mengucap istighfar, memperbanyak sholat taubat dan satu lagi membaca doa nurbuat ini.

Membaca doa nurbuat di saat matahari sedang bersinar, niscaya atas izin Allah akan diampuni segala dosa-dosanya. Hal ini tentu harus dibarengi dengan menjalankan amalan lain seperti memperbanyak membaca istighfar dan menjauhi hal-hal yang dapat menimbulkan dosa.

Menjadikan Awet Muda

Sebelumnya disebutkan jika membaca doa nurbuat di hari-hari tertentu maka akan mendapatkan keutamaan yang berbeda. Selanjutnya, jika membaca doa nurbuat ini di hari Sabtu, maka keutamaannya adalah dapat membuat kita awet muda.

Penutup

Wallahu ‘alam itu tadi adalah cara mengamalkan doa nurbuat serta manfaat dan keutamaan yang bisa didapatkan dari membaca doa nurbuat asli dan artinya ini. Menurut tim martabattujuh.com, asalkan doa yang diucapkan memiliki tujuan yang baik dan disertai dengan niat serta perbuatan yang baik, maka atas izin Allah segala yang kita harapkan pun bisa terwujud.

Check Also

Doa agar disembuhkan dari penyakit

Doa Agar Disembuhkan Dari Penyakit Wajib Diketahui

Doa agar disembuhkan dari penyakit – Sakit merupakan keadaan yang wajar dan bisa terjadi pada …