Lafadz dan 5 Keutamaan Doa Nabi Yunus Dalam Perut Ikan

Doa Nabi Yunus dalam perut ikan – Nabi Yunus merupakan salah satu nabi yang dianugerahi dengan mujizat atau keistimewaan oleh Allah dengan diselamatkan dari perut ikan paus. Dari kisah Nabi Yunus diceritakan memanjatkan doa kepada Allah agar diselamatkan dari kesulitan yang dialami. Doa Nabi Yunus dalam perut ikan inilah yang diajarkan untuk menjadi amalan bagi setiap muslim.

Doa ini bisa menjadi amalan yang bisa diamalkan saat sedang mengalami kesulitan. Keutamaannya adalah agar diberikan kemudahan oleh Allah dalam menghadapi kesulitan tersebut dan agar bisa keluar dari kesulitan tersebut.

Lafadz Doa Nabi Yunus Dalam Perut Ikan

Dikisahkan saat itu Nabi Yunus merelakan dirinya terjun ke laut akibat perahu yang ditumpangi mengalami kelebihan muatan. Saat itulah beliau kemudian dimakan paus. Di dalam perut paus inilah Nabi Yunus memanjatkan doa kepada Allah agar dikeluarkan dari kesulitan yang dihadapi.

Ini adalah amalan yang diajarkan apabila mengalami kesulitan. Dengan membaca doa Nabi Yunus dalam perut ikan ini artinya memohon kepada Allah agar bisa dibantu untuk keluar dari kesulitan tersebut. Berikut adalah lafadz doanya.

لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Lailaha illa Anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.”

Di dalam doa ini, Nabi Yunus mengagungkan Allah sebagai satu-satunya Dzat yang patut disembah. Nabi Yunus pun memohon dengan sungguh-sungguh kepada Allah agar diselamatkan dari kesulitan yang dialaminya.

Meskipun doa Nabi Yunus dalam perut ikan ini sangat sederhana dan singkat namun memiliki keutamaan dan manfaat yang sangat besar. Karena itulah doa Nabi Yunus ini merupakan amalan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan, terutama saat mengalami kesulitan.

Di dalam sebuah doa yang sederhana dan singkat ini, terdapat tiga hal sekaligus yang membuat doa ini kemudian memiliki keutamaan yang luar biasa. Kandungan pertama adalah pengakuan tauhid yang mengakui dan mempercayai akan keagungan Allah.

Kandungan kedua yang terdapat di dalam doa Nabi Yunus di dalam perut ikan ini adalah pengakuan atas dosa yang pernah dilakukan. Terakhir, kandungan yang ada di dalam doa ini adalah memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa yang sudah dilakukan tersebut.

doa Nabi Yunus dalam perut ikan

Keutamaan Membaca Doa Nabi Yunus di Dalam Perut Ikan

Sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana lafadz doa Nabi Yunus di dalam perut ikan dan apa saja kandungan yang ada di dalam doa tersebut. Doa tersebut memang sangat sederhana dan singkat. Namun, siapa sangka di dalam doa yang singkat tersebut terdapat manfaat dan keutamaan yang begitu besar.

Doa ini dianjurkan dibaca ketika sedang mengalami kesulitan. Namun, ada banyak ulama yang mengajarkan untuk membaca doa ini selepas melaksanakan sholat subuh sebanyak 40 kali. Ada pula yang mengamalkan membaca doa ini sebanyak 1000 kali sebagai bentuk permohonan ampun.

Setelah mengetahui kapan saja doa Nabi Yunus ini dibaca, selanjutnya harus diketahui tentang apa saja manfaat dan keutamaan yang didapatkan dari membaca doa ini secara rutin dan berkala. Berikut adalah manfaat dan keutamaan membaca doa Nabi Yunus di dalam perut ikan bagi kehidupan.

Memperoleh Ampunan dari Allah SWT

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa di dalam doa Nabi Yunus terdapat kandungan yang berisi permohonan ampun kepada Allah. Maka, keutamaan atau manfaat pertama yang bisa didapat dari membaca doa Nabi Yunus ini adalah mendapatkan ampunan dari Allah.

Manusia adalah makhluk Allah yang tidak luput dari dosa. Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa, baik itu dosa kecil maupun dosa besar. Yang membedakan kemudian adalah upaya yang dilakukan untuk memohon ampun dan bertaubat.

Dengan membaca doa Nabi Yunus di dalam perut ikan yang berisi taubat dan permohonan ampun kepada Allah, niscaya Allah akan mengampuni semua dosa tersebut. Namun tentu saja, taubat yang dilakukan harus dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh.

Keinginannya Dapat Dikabulkan oleh Allah SWT

Keutamaan selanjutnya yang bisa didapat dari membaca doa Nabi Yunus ini adalah Allah akan mengabulkan keinginan kita. Hal tersebut juga tercermin sebagaimana dalam kisah Nabi Yunus yang dimakan oleh ikan paus.

Di dalam perut ikan paus, Nabi Yunus berdoa dengan doa ini agar Allah membantu kesulitan yang dihadapi. Allah yang mendengar doa dan kesungguhan beliau tersebut kemudian mengabulkan keinginannya dan mengeluarkannya dari perut ikan paus tersebut.

Maka, dari kisah ini bisa diambil pelajaran bahwa doa Nabi Yunus ini juga memiliki keutamaan dapat membuat keinginan kita dikabulkan oleh Allah. Tentu saja harus juga diimbangi dengan niat yang tulus dan usaha yang bersungguh-sungguh.

Mendapatkan Pahala sebagaimana Orang yang Mati Syahid

Keutamaan luar biasa lainnya yang bisa didapatkan apabila membaca doa Nabi Yunus dalam perut ikan adalah mendapatkan pahala orang yang mati syahid jika kemudian meninggal dunia. Keutamaan ini bisa didapatkan apabila membaca doa ini sebanyak 40 kali saat sedang sakit.

Apabila Allah berkehendak, orang yang sakit dan membaca doa Nabi Yunus, ini tidak bisa disembuhkan, maka baginya adalah pahala sebagaimana yang didapatkan oleh orang yang mati syahid. Wallahu ‘alam hanya Allah yang berkehendak.

Dikeluarkan dari Segala Kesulitan

Ini adalah manfaat atau keutamaan berikutnya yang menjadi alasan mengapa doa Nabi Yunus ini dianjurkan untuk dibaca saat mengalami kesulitan. Manfaat tersebut adalah dapat membantu kita untuk keluar dari segala kesulitan.

Sebagaimana yang juga dikisahkan dalam kisah Nabi Yunus yang dimakan ikan paus. Saat berada dalam keadaan sulit tersebut, tidak ada yang bisa dilakukan oleh Nabi Yunus selain berdoa dan memohon pertolongan kepada Allah.

Dari kisah tersebutlah dapat diambil hikmah bahwa doa Nabi Yunus ini dapat membawa keutamaan membantu kita agar keluar dari kesulitan yang kita alami. Dengan tetap melakukan berbagai ikhtiar atau upaya dibantu dengan membaca doa ini, insya Allah akan ada jalan yang Allah berikan untuk membantu kita keluar dari kesulitan tersebut.

Meningkatkan Keimanan Kepada Allah

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, di dalam doa Nabi Yunus ini terdapat kandungan berupa pengakuan ketauhidan atas Allah SWT. Maka manfaat dari membaca doa Nabi Yunus berikutnya yang tak kalah luar biasa adalah dapat meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Hal ini penting sebab terkadang sebagai manusia kita secara tidak sadar melakukan tindakan yang meragukan ke-Esa-an Allah. Maka dengan senantiasa membaca doa Nabi Yunus kita akan selalu diingatkan bahwa tidak ada Tuhan yang patut disembah selain Allah.

Penutup

Demikian tadi penjelasan yang dapat tim martabattujuh.com sampaikan, tentang lafadz doa Nabi Yunus dalam perut ikan, yakni doa yang dipanjatkan oleh Nabi Yunus saat berada di dalam perut ikan paus. Dengan mengetahui lafadz dan apa saja keutamaan doa ini, diharapkan kita semua bisa lebih rajin lagi dalam mengamalkan ajaran yang baik ini.

Check Also

Doa agar disembuhkan dari penyakit

Doa Agar Disembuhkan Dari Penyakit Wajib Diketahui

Doa agar disembuhkan dari penyakit – Sakit merupakan keadaan yang wajar dan bisa terjadi pada …