doa mohon ampun dari dosa besar

Kumpulan Doa Mohon Ampun Dari Dosa Besar Dan Cara Melakukannya

Diposting pada
Ada banyak doa dan amalan untuk minta ampun atas dosa besar didalam agama Islam. Artikel ini membahas ✓ doa mohon ampun dari dosa besar ✓ amalan ✓ cara tobat
Bagikan artikel ini

Setiap orang tentu pernah melakukan dosa, dosa ini jika terus terakumulasi maka akan membuat seseorang malas dan enggan melakukan ibadah baik. Ada kumpulan doa mohon ampun dari dosa besar dalam Islam yang bisa Anda lafadkan dan amalkan. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenainya.

Kumpulan Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar

Dalam Islam ada banyak doa dan amalan untuk minta ampun atas dosa besar yang dilakukan oleh seseorang. Allah swt merupakan maha pengampun dan penyayang, Dia akan menerima tobat semua makhluk yang mohon ampun kepada-Nya.

Salah satu doa mohon ampun dari dosa besar yang bisa Anda baca adalah:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana 'abduka, wa ana ala ahdika wawa' dika mastatha'tu, audzubka min syarrima shana'tu, abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfiruzzunuba illa anta.

Terjemahan dari doa tersebut adalah:

“Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu.”

doa mohon ampun dari dosa besar

Selain doa mohon ampun dari dosa besar diatas, terdapat doa lain yang bisa Anda baca selepas melakukan sholat fardhu, yakni:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Astaghfirullahalladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi.

Terjemahan dari doa tersebut adalah:

Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Nya.

Anda bisa mengamalkan doa istighfar tersebut selepas melakukan sholat atau ketika melakukan dzikir. Resapi tiap bacaannya agar Anda paham betul untuk tidak mengulangi dosa yang sudah Anda lakukan.

Amalan untuk Menghapus Dosa Besar

Selain dari doa mohon ampun dari dosa besar, Anda bisa melakukan amalan. Banyak ulama yang memberikan amalan agar seseorang bisa lepas dari dosa besar dan tidak mengulanginya lagi. Berikut adalah amalan yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

Sering Melakukan Istighfar

Pertama Anda harus sering-sering melakukan istighfar, kalimat talbiyah ini merupakan doa penghapus dosa yang baik. Ucapan istighfar yang sungguh-sungguh akan membuat seseorang bersih dari dosa, baik dosa besar ataupun dosa kecil.

Rasulullah pernah bersabda dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, yakni:

“Wahai anak adam seandainya dosamu menjulang tinggi ke langit, lalu engkau banyak istighfar dan banyak memohon ampun kepadaku maka aku ampuni dosa-dosamu.”

Mengucapkan Tahlil

Tahlil merupakan ucapan yang dicintai oleh Allah. Anda bisa membaca doa mohon ampun dari dosa besar ini setiap hari, sehingga Allah mengampuni dosa-dosa Anda. Dikatakan siapa saja yang membaca tahlill 100 kali setiap harinya, maka dia diberikan ganjaran membebaskan 100 budak.

Selain itu, orang yang mengucapkannya akan mendapatkan 100 kebaikan dan menghapuskan 100 dosa yang dimiliki. Syetan tidak akan bisa menggodanya karena ia sudah mendapatkan perisai yang bisa membantu pembaca tahlil untuk beraktifitas sampai malam hari.

Mengucapkan Kalimat Tasbih

Kalimat tasbih juga menjadi bacaan yang bisa menghapuskan dosa seseorang. Kalimat ini bahkan bisa Anda ucapkan sehari-hari sekaligus dzikir harian. Dampaknya juga luar biasa, dosa yang dimiliki akan terhapuskan. Ada hadis yang mengatakan bahwa membaca kalimat tasbih mendatangkan kebaikan, hadis tersebut memiliki arti:

“Bagaimana mungkin ada di antara kita yang mampu mengusahakan seribu kebajikan?’ Beliau bersabda: “Ia bertasbih seratus kali, akan dituliskan baginya pahala seribu kebajikan atau dihapuskan darinya seribu keburukan.”

Melakukan Dzikir Selepas Sholat

Anda juga bisa membaca doa mohon ampun dari dosa besar dengan melakukan dzikir setiap harinya. Setelah selesai melakukan sholat, jangan terburu buru untuk beranjak, luangkan waktu sejenak untuk melakukan dzikir dan mohon ampunan kepada Allah.

Dzikir bisa dilakukan setelah selesai sholat, baik sholat fardhu atau sholat sunnah. Ada banyak dzikir penghapus dosa yang bisa Anda amalkan, mulai dari membaca istighfar, tahmid, tahlil, dan lainnya. Tidak ada batasan dan aturan ketika melakukan dzikir.

Tata Cara Tobat yang Benar

Ada tata cara untuk melakukan tobat yang benar dan lebih disukai oleh Allah, yakni:

Berniat Ikhlas

Ketika melakukan tobat, Anda diminta untuk ikhlas dan tidak mengharapkan apapun selain ridho Allah. Jangan berharap dengan melakukan tobat Anda akan dipandang baik oleh manusia lain. ini akan membuat tobat Anda tidak diterima Allah karena Anda tidak ikhlas.

Mengakui dan Menyesali Dosa

Selanjutnya Anda harus mengakui dan menyesali dosa yang telah dilakukan. Jangan menyangkal, sebab ini menjadi bukti bahwa Anda tidak sungguh-sungguh dalam melakukan tobat. Katakana sejujurnya bahwa Anda memang sudah pernah melakukan dosa dan berjanji tidak akan mengulanginya.

Berhenti Melakukan Dosa

Setelah membaca doa mohon ampun dari dosa besar .kepada Allah, berjanjilah untuk tidak melakukan dosa lagi, terutama dosa besar yang dilakukan. Lakukan tekad untuk tidak melakukan dosa lagi atau mengulanginya di masa depan.

Kembalikan Hak

Jika Anda melakukan dosa dengan mengambil hak orang lain, maka kembalikan. Ini akan membuat hubungan Anda dengan orang tersebut membaik dan dosa yang Anda lakukan akan terhapus.

Penutup

Informasi dan penjelasan mengenai doa mohon ampun dari dosa besar dan bagaimana cara melakukan tobat diatas semoga membantu Anda. Setiap dosa yang dilakukan oleh manusia tentu akan diampuni oleh Allah. Penulis martabattujuh.com berharap semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.