Lafadz Doa Minta Perlindungan Allah SWT dan Amalan-Amalannya

Doa minta perlindungan Allah SWT – Berdoa adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan antara manusia dengan Allah Sang Maha Pencipta dan pemilik hidup. Berdoa ini juga merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh manusia saat menginginkan sesuatu. Misal untuk memohon perlindungan, bisa dengan membaca doa minta perlindungan Allah SWT.

Tidak ada Dzat yang lebih berkuasa atas segala sesuatu selain Allah SWT. Apapun yang ada di dunia, tidak akan terjadi tanpa ada kehendak dari Allah. Apabila manusia merasa dalam bahaya dan sedang terancam, tidak ada tempat lain selain Allah untuk memohon perlindungan.

Berbagai Doa Minta Perlindungan Allah SWT

Manusia pasti pernah diliputi perasaan khawatir dan cemas akan suatu hal yang bisa membahayakan dirinya. Setiap manusia pun pasti mengharapkan agar selalu berada dalam perlindungan dari Allah dan dijauhkan dari segala marabahaya. Doa minta perlindungan Allah SWT berikut merupakan amalan yang bisa dilakukan.

Doa Minta Perlindungan dan Kesehatan dari Allah

Amalan doa minta perlindungan Allah SWT yang bisa dikerjakan pertama ini tidak hanya bertujuan untuk memohon perlindungan, namun juga kesehatan dari Allah. Dalam doa ini juga terkandung permohonan agar selalu diberi perlindungan baik di dunia maupun akhirat.

اللهم إنا نسأل عن استمرار المغفرة والصحة والحماية في الدنيا والآخرة والنصر لدخول الجنة والخلاص من نار جهنم

Allahumma inna nas alukal afwa wal adiyata wal mu'aafaatad daa'imata fiid dunyaa wal 'aakhirati wal fauzu bil jannati wannajaati minan naari.

Artinya: “Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan, dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat, kemenangan masuk surga serta keselamatan dari api neraka.”

Doa Minta Perlindungan dari Hilangnya Nikmat Allah

Rasulullah SAW mencontohkan amalan doa minta perlindungan Allah SWT yang tidak hanya bertujuan untuk keselamatan, namun juga memohon perlindungan dari perginya nikmat yang Allah berikan. Berikut doa yang Rasulullah ucapkan tersebut.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Allahumma inni a’udzubika min zawali ni’matika wa tahawwuli ‘afiyatik fujaati niqmatik wa jami’i sakhatika.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu.

Doa Meminta Perlindungan dari Bahaya

Dalam sebuah hadits dari Utsman bin ‘Affan berkata bahwa Rasulullah bersabda jika seorang muslim mengucap doa minta perlindungan Allah SWT sebanyak tiga kali setiap pagi dan petang setiap hari, maka akan dijauhkan dari bahaya. Berikut adalah doa yang dimaksud oleh Rasulullah.

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa’ wa huwas samii’ul ‘aliim.

Artinya: “Dengan nama Allah yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang membahayakan di bumi dan juga di langit, dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Doa Minta Perlindungan dari Keburukan Dunia dan Akhirat

Diantara doa yang diminta kepada Allah yang Rasulullah SAW baca sebagai amalan salah satunya adalah doa minta perlindungan Allah SWT dari segala keburukan baik di dunia maupun akhirat. Kita tidak tahu apa saja bentuk keburukan tersebut. Selain dari meminta perlindungan dari keburukan dunia dan akhirat, doa ini juga bertujuan meminta perlindungan untuk keluarga yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, doa ini bisa menjadi permohonan kepada Allah agar kita senantiasa dilindungi oleh-Nya.

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِى الدُّنْيَاوَالْآٰ خِرَةِ. اَللّٰهُمَّ اَسْأَلُكَ الْعَفْوَوَالْعَافِيَةَ فِىْ دِيْنِى وَدُنْيَاىَ وَاَهْلِى وَمَالِىْ

Allaahumma innii as-alukal ‘aafiyata fiddunyaa wal aakhirati. Allaahumma as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyata fii diinii wa dunyaa wa ahlii wamaa lii.

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepadamu ‘afiat (keselamatan dari segala keburukan) di dunia dan akhirat”.

Doa Minta Perlindungan dari Kejahatan

Kejahatan bisa menimpa pada siapa saja. Maka, agar terhindar dari kejahatan tersebut, ada doa minta perlindungan Allah SWT yang bisa diamalkan setiap akan menjalankan segala aktivitas sehari-hari. Doa ini sangat baik jika diamalkan setiap hari agar senantiasa diberi perlindungan oleh Allah.

Bismillah, bismillah, bismillah. U'idzuka bi izzatillahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru.

Artinya: “Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah, aku lindungi kamu berkat kemuliaan Allah dan qudrah-Nya dari kejahatan barang yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.”

doa minta perlindungan Allah SWT

Amalan Agar Selalu Dilindungi Allah SWT

Takdir memang hanya Allah yang mengetahui, baik itu takdir baik maupun takdir buruk. Bahaya dan musibah pun hanya Allah yang mengetahui akan menimpa siapa. Sebagai bentuk upaya, salah satunya adalah dengan berdoa.

Berdoa dilakukan untuk meminta perlindungan kepada Allah atas segala hal buruk dan dijauhkan dari bahaya yang bisa mengancam siapa saja. Doa tersebut bahkan juga bertujuan untuk memohon perlindungan kepada Allah di akhirat nanti.

Selain membaca doa minta perlindungan Allah SWT dari segala bahaya dan keburukan baik di dunia maupun di akhirat, ada amalan-amalan baik lain yang bisa dikerjakan agar senantiasa dalam perlindungan Allah. Amalan-amalan tersebut antara lain adalah:

Tidak Pernah Meninggalkan Sholat

Sholat memang menjadi kewajiban yang harus dikerjakan oleh Allah. Sholat sudah terbukti dapat memberikan banyak keutamaan bagi umat muslim yang mengerjakannya. Salah satu keutamaan tersebut adalah selalu berada dalam perlindungan Allah.

Ketika sholat, artinya seorang hamba sedang berkomunikasi kepada Allah Sang Pencipta. Seorang umat yang sedang berkomunikasi dengan penciptanya dengan khusyu’ insya Allah akan selalu berada dalam lindungan-Nya dari bahaya dan keburukan apapun di dunia.

Memperbanyak Membaca Sholawat

Bersholawat merupakan salah satu cara seorang umat mengingat Rasulullah. Seorang umat yang senantiasa mengingat Rasulullah SAW Sang Kekasih Allah maka akan turut mendapatkan fadhillah atau keutamaan, yaitu selalu berada dalam perlindungan Allah.

Maka dari itu, saat akan bepergian atau keluar rumah, selain membaca doa, melantunkan sholawat kepada Nabi juga merupakan amalan baik yang bisa dikerjakan oleh seorang muslim. Dengan begitu, kita akan selalu berada dalam lindungan Allah selama di perjalanan.

Memperbanyak Berdzikir

Amalan terakhir yang bisa dikerjakan agar selalu berada dalam lindungan Allah adalah dengan memperbanyak berdzikir. Selain bersholawat kepada Rasulullah, berdzikir juga menjadi amalan lain yang bisa memberi banyak keutamaan.

Dengan berdzikir dan mengingat Allah, hati akan lebih tenang, ketika hati dalam keadaan tenang, otak pun bisa bekerja dengan baik dan bisa berkonsentrasi lebih. Akibatnya, semua hal yang kita kerjakan bisa dikerjakan dengan hati-hati.

Saat kita berhati-hati dalam melakukan setiap kegiatan atau aktivitas, maka kita pun akan terhindar dari bahaya yang bisa saja terjadi. Itulah mengapa secara logika, memperbanyak dzikir juga akan melindungi diri kita dari segala macam bahaya.

Tanya Jawab Doa Minta Perlindungan Allah SWT

Doa Minta Di Sehat Kan?

Doa minta di sehat kan – Untuk doa agar dapat disehatkan Anda bisa menggunakan dari tulisan diatas dengan yang berjudul doa minta perlindungan dan kesehatan dari Allah dengan bacaan doa:

Allahumma inna nas alukal afwa wal adiyata wal mu’aafaatad daa’imata fiid dunyaa wal ‘aakhirati wal fauzu bil jannati wannajaati minan naari.

“Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan, dan perlindungan yang terus menerus di dunia dan di akhirat, kemenangan masuk surga serta keselamatan dari api neraka.”

Doa Biar Berkah Selamat?

Doa biar berkah selamat – Doa mohon keselamatan dan mendapatkan rezeki yang berkah Anda dapat membaca doa:

Allahumma inna nas aluka salamatan fiddiini wa ‘aafiyatan fil jasadi waziaadatan fil’ilmi wabarakatan firrizqi wataubatan qablal maut warahmatan ‘indal maut wamaghfiratan ba’dal maut allahumma hawwin’alainaa fii sakaraatil maut wa najjata minanaari wal’afwa indal hisaab.

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”

Bagaimana Cara Terhindar Dari Marabahaya?

Bagaimana Cara Terhindar Dari Marabahaya – Untuk memohon perlindungan dari marabahaya yang bisa Anda lalukan adalah:

1. Membaca doa meminta perlindungan Allah dari bahaya yang sudah dijelaskan diatas yaitu: Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa’ wa huwas samii’ul ‘aliim.
2. Membaca QS Al-Ikhlas dan Mu’awwidzatain (QS An-Naas dan QS Al-Falaq)

Dan apabila Anda melihat orang lain yang terkenal musibah dapat membaca doa:

Alhamdulillahil ladzii ‘aafaanii mimmabtalaaka bihi wa fadhdholanii ‘alaa katsiirin mimman kholaqo tafdhiilaa.

“Segala puji bagi Allah yang telah menghindarkanku dari musibah yang menimpamu, serta memberikan kelebihan kepadaku atas sekian banyak ciptaan-Nya.”

Kesimpulan

Diatas merupakan penjelasan tentang lafadz doa minta perlindungan Allah SWT serta berbagai amalan yang bisa diamalkan agar selalu dalam perlindungan-Nya. Takdir memang rahasia yang tidak ada seorang pun tahu kecuali Allah. Namun dengan ikhtiar dan berdoa agar selalu diberi perlindungan, kita pun akan senantiasa dilindungi dari berbagai macam bahaya dan keburukan. Penulis martabattujuh.com berharap dengan adanya artikel ini dapat membantu kita untuk bisa mendekatkan diri lebih baik lagi kepada-Nya.

Check Also

Doa agar disembuhkan dari penyakit

Doa Agar Disembuhkan Dari Penyakit Wajib Diketahui

Doa agar disembuhkan dari penyakit – Sakit merupakan keadaan yang wajar dan bisa terjadi pada …