Doa Minta Jodoh Sebelum Tidur dan Amalan Mendekatkan Jodoh

Mendapatkan jodoh menjadi idaman banyak orang, karena dengan menikah maka seseorang dapat menjalankan hidup sesuai dengan sunnah Nabi. Banyak  orang menganjurkan membaca doa minta jodoh sebelum tidur atau ketika sudah selesai melakukan sholat.

Walaupun jodoh sudah diatur, namun bukan berarti Anda tidak berusaha untuk mendapatkannya. Jika seseorang tidak berikhtiar untuk mendapatkan jodoh, kemungkinan untuk bertemu dengan pasangan hati cukup sulit untuk dilakukan. Inilah kenapa banyak orang meminta kepada Allah agar disegerakan untuk mendapatkan jodoh.

Lafadz Doa Minta Jodoh Sebelum Tidur

Doa minta jodoh sebelum tidur
Doa minta jodoh sebelum tidur

Sebenarnya tidak ada ketentuan membaca doa meminta jodoh sebelum tidur, karena Anda bisa melakukannya kapan saja. Di dalam al-Quran dan sunnah, tidak ada tuntutan yang rinci mengenai doa meminta jodoh, karena itu mereka menyandarkan doa ini kepada ijtihad Nabi dan ulama.

Berikut ini adalah beberapa lafadz doa minta jodoh sebelum tidur yang bisa diamalkan, masing-masing memiliki keistimewaannya sendiri.

Doa jodoh yang pertama merupakan doa yang dilafalkan oleh Nabi Ibrahim untuk menikahkah anakny, yakni:

وَالَّذِيۡنَ يَقُوۡلُوۡنَ رَبَّنَا هَبۡ لَـنَا مِنۡ اَزۡوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعۡيُنٍ وَّاجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِيۡنَ اِمَامًا

Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatina qurrota a’yun waj’alna lil muttaqiina imama.

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penenang hati (kami) dan jadikanlah kami Imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Al-Qur’an surah Al-Furqan ayat 74)

Anda juga bisa membaca doa jodoh yang diucapkan oleh Nabi Musa. Doa tersebut merupakan potongan dari surat Al-Qasas ayat 24. Doa tersebut diriwayatkan membuka hati Nabi Syu’aib, sehingga bersedia menikahkan anaknya dengan Nabi Musa. Berikut merupakan doa minta jodoh yang dicontohkan oleh Nabi Musa, berdasarkan surat Al-Qasas

فَسَقٰى لَهُمَا ثُمَّ تَوَلّٰٓى اِلَى الظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ اِنِّىۡ لِمَاۤ اَنۡزَلۡتَ اِلَىَّ مِنۡ خَيۡرٍ فَقِيۡرٌ

Fasaqoo lahumaa summa tawallaaa ilaz zilli faqoola (dibaca mulai dari sini) Rabbi innii limaaa anzalta ilaiya min khairin faqiir.

Maka dia (Musa) memberi minum kedua perempuan itu, kemudian dia kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa, (dibaca mulai dari sini) “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.” (Al Quran surah Al-Qasas ayat 24)

Ada lagi doa minta jodoh sebelum tidurselanjutnya yang dibuat oleh para ulama, doa tersebut dimaksudkan agar mendapatkan jodoh yang baik. Laki-laki maupun perempuan dapat menggunakan doa tersebut agar Allah bersedia mendekatkan jodoh mereka.

Doa jodoh ini dimaksudkan untuk memudahkan manusia dalam beramal, serta memudahkan mereka untuk menyelesaikan urusan dunia maupun akhirat. Berikut merupakan doa meminta jodoh yang bisa Anda lafadzkan sebelum menjelang tidur.

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَكْتُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِيْ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالآخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhirah.

“Ya Rabb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia maupun akhirat.”

Doa tersebut dimaksudkan untuk laki-laki agar bisa mendapatkan istri yang sesuai dengan idaman. Untuk pihak perempuan,  berikut  merupakan doa untuk mendekatkan jodoh laki-laki agar segera dipinang dan menikah.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا أَخْطُبُهَ وَأَتَزَوَّجُ بِهِ وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban wayakuunu shoohiban lii fiddini waddunya wal akhirah.

“Ya Rabb berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, dunia dan akhirat.”

Amalan untuk Mendekatkan Jodoh untuk Umat Islam

Amalan mendekatkan jodoh umat Islam
Amalan mendekatkan jodoh umat Islam

Selain membaca doa minta jodoh sebelum tidur, Anda juga bisa melakukan beberapa amalan agar Allah segera mendekatkan jodoh. Seperti kata pepatah, orang yang baik akan mendapatkan jodoh yang baik, karena itu memperbaiki sikap bisa menjadi salah satu cara untuk mendekatkan jodoh yang dimiliki.

Anda bisa mengikuti beberapa amalan berikut, yang sering dilakukan oleh mereka yang ingin mendekatkan jodoh dan dianjurkan oleh ulama, diantaranya adalah:

Memperbaiki Sholat

Mulailah dengan memperbaiki sholat yang Anda kerjakan, apalagi jika sebelumnya tidak mengerjakannya secara teratur. Penuhi kewajiban sholat lima kali setiap harinya, Anda juga bisa menambah dengan amalan sunnah lainnya, misalnya sholat duha ataupun sholat tahajud.

Memperbaiki sholat yang dimiliki tidak hanya mendekatkan diri Anda kepada jodoh, ia juga mendekatkan diri Anda kepada Allah. Dengan begitu, jika Anda meminta kepada Allah agar didekatkan jodohnya dengan doa minta jodoh sebelum tidur, maka Allah akan segera mengabulkannya.

Sempatkan untuk Sholat Tahajud

Selanjutnya adalah melakukan sholat tahajud, atau setidaknya sempatkan sholat tahajud beberapa kali dalam seminggu jika Anda memang sibuk. Lakukan sholat tahajud dengan ikhlas, sehingga Anda dapat meminta hajat yang dimiliki.

Sholat tahajud dimaksudkan untuk memperbaiki amalan yang Anda lakukan, kamu bisa melakukan sholat tahajud dua sampai empat rakaat. Jika Anda melakukan sholat tahajud secara teratur dan dengan pengharapan yang ikhlas, jodoh Anda akan didekatkan oleh Allah.

Memperbaiki Sikap dan Periilaku

Melakukan ibadah sunnah maupun wajib tidak akan mengubah Anda untuk mendapatkan jodoh, jika perilaku dan sikap tidak Anda perbaiki. Apabila sebelumnya Anda mudah marah, cobalah menahan amarah dengan banyak bersabar dan berdzikir kepada Allah.

Bisa jadi yang menghalangi doa minta jodoh sebelum tiduryang Anda ucapkan adalah sikap dan perilaku Anda yang kurang baik. Dengan memperbaiki kualitas diri menjadi lebih baik, maka Anda juga akan terlihat lebih menarik di mata orang lain.

Memperbanyak Silaturrahmi

Silaturrahmi bisa menjadi salah satu kunci untuk mendapatkan jodoh, karena ia termasuk dalam interaksi sosial. Jangan sampai Anda mengurung diri dan tidak melakukan interaksi dengan orang lain, ini akan membuat jodoh sulit bertemu dengan Anda.

Silaturrahmi bisa Anda lakukan ketika hari besar Islam berlangsung, bisa juga dilakukan setiap hari dengan menyambung tali silaturrahmi antara teman dan keluarga. Bukan tidak mungkin ia menjadi jalan untuk membuka jodoh Anda.

Bolehkah Meminta Jodoh yang Cantik atau Tampan?

Ada orang-orang yang menyelipkan kriteria mereka ketika memanjatkan doa minta jodoh sebelum tidur. Misalnya menginginkan jodoh yang cantik, tampan, atau kaya dan berbagai kriteria pribadi lain. Menurut agama Islam dan ulama, setiap orang boleh meminta jodoh dengan cara demikian, namun tidak dianjurkan.

Ini karena kecantikan bersifat relatif, dan kekayaan kemungkinan besar akan habis, itulah kenapa Islam lebih menyarankan untuk melihat jodoh berdasarkan agama yang dimiliki. Dengan begitu rumah tangganya akan berlangsung sesuai sunnah Nabi, yang berkah dan sakinah.

Sebagai hamba Allah, Anda tentu menginginkan yang terbaik untuk dirinya sendiri. Namun belum tentu apa yang baik untuk Anda merupakan hal yang baik pula bagi Allah. Harapan untuk mendapatkan jodoh yang sesuai kriteria tentu ada, namun sebaiknya tidak meminta untuk mendapatkan yang akan hilang kefanaannya.

Anda bisa membaca doa minta jodoh sebelum tidur, selepas melakukan sholat, serta sekaligus memperbaiki diri dengan amalan untuk mendekatkan jodoh. Apabila Anda bersungguh-sungguh, tentu jodoh yang diingkan akan datang.

Penutup

Itulah kumpulan doa minta jodoh sebelum tiduryang bisa Anda lafadzkan setiap harinya. Semoga Anda yang masih belum bertemu dengan jodoh segera didekatkan oleh Allah, kemudian mengucapkan janji suci dan melangsungkan pernikahan. Ini tentu menjadi salah satu jalan untuk menjalankan amalan untuk semakin dekat beribadah kepada Allah dan menyempurnakan agama-Nya.

Check Also

Doa agar disembuhkan dari penyakit

Doa Agar Disembuhkan Dari Penyakit Wajib Diketahui

Doa agar disembuhkan dari penyakit – Sakit merupakan keadaan yang wajar dan bisa terjadi pada …