doa minta jodoh dengan menyebut nama

Doa Minta Jodoh dengan Menyebut Nama dan Amalan

Diposting pada
Doa minta jodoh dengan menyebut nama beserta amalan lain. Artikel ini membahas mengenai ✓ doa ✓ amalan yang dapat mendekatkan jodoh ✓ QS Al-Anbiya': 89
Bagikan artikel ini

Rezeki, jodoh hingga maut memang rahasia Allah dan tidak ada yang tahu. Manusia hanya bisa berusaha sebaik mungkin sedangkan semua hasilnya hanya Allah yang bisa menentukan, termasuk jodoh. salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan doa minta jodoh dengan menyebut nama.

Berdoa meminta untuk didekatkan jodoh merupakan salah satu cara yang bisa kita upayakan dalam hal jodoh. Meskipun sudah tertulis siapa yang akan berjodoh dengan siapa di lauhul mahfudz, namun tidak akan pernah dipertemukan jika tidak ada usaha yang dilakukan. Salah satunya dengan berdoa seperti yang ditulis tim martabattujuh.com dibawah ini.

Doa Minta Jodoh dengan Menyebut Nama Agar Didekatkan

Dalam agama Islam memang tidak dianjurkan untuk pacaran karena bisa mengarah pada perbuatan zina. Salah satu upaya yang dilakukan oleh setiap manusia untuk urusan jodoh bisa dilakukan dengan ta’aruf yaitu tahap saling mengenal namun tetap dengan batas-batasan.

Namun, bagaimana jika upaya yang dilakukan ini masih belum bisa membawa hasil yang baik? Maka yang harus dilakukan tinggal memasrahkan semuanya kepada Allah dengan tidak melepas doa. Berikut adalah beberapa doa minta jodoh dengan menyebut nama agar didekatkan yang bisa menjadi satu bentuk ikhtiar kita perkara jodoh.

Doa dari QS Al-Anbiya’: 89

Al-Qur’an sebagai panduan dan pedoman hidup bagi umat muslim adalah sumber paling lengkap yang bisa dijadikan panduan untuk menjalani hidup. Termasuk di dalamnya adalah doa.

Ada beragam doa yang bisa ditemukan di dalam Al-Qur’an. Salah satunya adalah doa minta jodoh dengan menyebut nama agar didekatkan. Doa dari QS Al-Anbiya’ ini diangkat dari kisah Nabi Zakaria yang tidak memiliki keturunan hingga puluhan tahun. Dianjurkan membaca doa ini selepas sholat 5 waktu.

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَ أَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِيْنَ

Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta khairul waaritsiin

Artinya: “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulan ahli waris yang terbaik”.

Doa Mohon Jodoh untuk Perempuan

Ada berbagai macam doa minta jodoh dengan menyebut nama yang bisa dipanjatkan agar bisa segera didekatkan dengan jodohnya. Doa ini terutama bisa dipanjatkan oleh perempuan untuk bisa segera dipertemukan dengan jodoh yang bisa menjadi imamnya.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا أَخْطُبُهَ وَأَتَزَوَّجُ بِهِ وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban wayakuuna shoohiban lil fiddini waddunya wal aakhiroh

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat”.

Doa Mohon Jodoh untuk Laki-Laki

Jika sebelumnya ada doa agar didekatkan jodohnya untuk perempuan, ada pula doa minta jodoh dengan menyebut nama untuk laki-laki. Doa ini berisi harapan agar segera dipertemukan dengan sosok istri yang bisa cocok baik untuk di dunia maupun di akhirat.

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lil fiddini waddunyaa walaakhiroh.

Artinya: “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, dunia dan akhirat”.

Doa untuk Memohon Jodoh yang Diberkahi Allah

Tidak hanya agar didekatkan jodohnya, doa minta jodoh dengan menyebuat nama ini juga memohon agar dipertemukan dengan jodoh yang diberkahi Allah. Jodoh yang akan menemani tidak hanya di dunia namun hingga akhirat. QS Al-Qashash: 24

رَبِّ إِنِّيْ لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرِ فَقِيْرٌ

Robbii innii limaa anzalta ilayya min khoirin faqiir(un)

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku”.

Doa Mohon Jodoh Sebagai Penenang Hati

Memiliki pasangan merupakan salah satu hal yang bisa menjadi penenang untuk kegelisahan dan kegundahan hati. Apalagi jodoh yang tepat, yang tidak hanya cocok dalam hal duniawi melainkan jodoh yang bisa membersamai langkah menggapai ridho dari Allah.

Doa minta jodoh dengan menyebut nama ini bisa diucapkan selepas melaksanakan sholat wirid atau setelah menjalankan sholat lain. Mohon dengan sungguh-sungguh kepada Allah sambil terus berpasrah akan apa yang sudah Allah gariskan pada QS. Al-Furqan: 74.

رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ أَزْوَاجِنِا وَ ذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ

Rabbana hablana min azwaajina wa dzurriyyatinaa qurrota a’yun

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dari kalangan kami sebagai penenang.

Selain Doa Minta Jodoh dengan Menyebut Nama, Lakukan Amalan Berikut

doa minta jodoh dengan menyebut nama

Tidak hanya berdoa dengan doa minta jodoh dengan menyebut nama seperti yang disebutkan di atas, ada beberapa amalan lain yang bisa diamalkan sebagai bentuk ikhtiar. Amalan ini bisa dilakukan untuk mempercepat jodoh dan mendekatkannya.

Perbaiki Sholat 5 Waktu

Sholat 5 waktu bukan hanya sekedar kewajiban bagi setiap umat muslim.  Menjaga dan senantiasa memperbaiki kualitas sholat 5 waktu juga bisa mempermudah segala urusan di dunia dan akhirat. Salah satu yang bisa dipermudah adalah dipertemukan dengan jodoh.

Melakukan Sholat Hajat

Ada banyak jenis sholat sunnah yang bisa dikerjakan umat muslim sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memohon agar apa yang diinginkan bisa terwujud. Salah satunya adalah sholat hajat.

Sholat sunah ini dilakukan ketika kita menginginkan sesuatu dan agar apa yang kita harapkan bisa terwujud. Nah, doa-doa tadi bisa dibaca salah satunya setelah mengerjakan sholat hajat ini.

Lebih Sering Sholat Tahajud di Sepertiga Malam

Setiap umat muslim sudah tidak lagi meragukan manfaat yang diberikan dari mengerjakan sholat di waktu sepertiga malam. Salah satunya bisa digunakan sebagai waktu untuk memohon agar didekatkan jodoh.

Waktu sepertiga malam ini adalah waktu yang bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah dimana doa-doa dikabulkan. Menjalankan sholat tahajud di waktu ini sambil mengucapkan doa didekatkan jodoh di atas bisa menjadi ikhtiar terbaik.

Senantiasa Memperbaiki Diri

Ketika kita belum juga didekatkan dengan jodoh, artinya Allah masih ingin melihat kita memperbaiki kualitas diri. Jika kualitas diri kita sudah baik, maka nantinya Allah juga akan memberikan jodoh dengan kualitas yang baik. Sebagaimana yang tercantum dalam doa-doa di atas.

Perbanyak Silaturrahmi

Islam memang tidak memperbolehkan untuk berpacaran karena bisa menuntun ke arah perbuatan zina. Namun, Islam justru menganjurkan setiap muslim untuk memperbanyak silaturrahmi.

Dengan memperbanyak silaturrahmi, maka kita akan bertemu dengan lebih banyak orang. Tidak ada yang tahu jika dengan banyak silaturahmi dan mengenal lebih banyak orang ini, Allah akan mempertemukan jodoh kita diantara salah satunya.

Senantiasa Menjaga Wudhu

Berwudhu adalah salah satu syarat sahnya sholat. Namun, tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Wudhu bisa memberikan banyak manfaat baik secara jasmani maupun rohani. Maka dengan menjaga selalu wudhu, dalam artian menjaga diri agar tetap suci karena air wudhu, kita bisa mendapat salah satu manfaatnya.

Salah satunya adalah bisa mendekatkan dengan jodoh. Orang yang senantiasa menjaga wudhunya cenderung memiliki wajah yang lebih bersinar, berseri dan enak dipandang. Ini bisa saja menuntun jodoh untuk mendekat.

Itu tadi adalah beberapa doa minta jodoh dengan menyebut nama yang bisa menjadi amalan agar didekatkan dengan jodoh. Selain membaca doa-doa tersebut, bentuk ikhtiar lain juga harus dilakukan dengan menjalankan amalan yang dijelakan di atas. Terakhir tetap berserah dan tawakal atas usaha yang kita lakukan kepada Allah.