doa meluluhkan hati seseorang

Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Kita Cintai

Diposting pada
Doa meluluhkan hati seseorang yang kita cintai. ✓ lafadz doa ✓ tips meluluhkan hati seseorang ✓ cara membacakan doa meluluhkan hati ✓ tanya jawab ✓ kesimpulan
Bagikan artikel ini

Doa meluluhkan hati seseorang yang kita cintai – Setiap orang tentu memiliki hati dan kepribadian yang berbeda, inilah kenapa beberapa orang memiliki kepribadian dan hati yang keras. Meluluhkan hati seseorang yang keras tentu tidak mudah, Kamu bisa mencoba menggunakan doa meluluhkan hati orang yang kita suka berikut ini agar Allah memudahkan urusan Kamu.

Orang dengan hati yang keras biasanya cukup sulit diluluhkan hatinya, apalagi jika komunikasi tidak dilakukan dengan baik. Namun karena Allah merupakan Tuhan yang mampu membolak-balikkan hati, maka menggunakan doa ini agar bisa meluluhkan hati seseorang disarankan untuk Kamu coba.

Doa meluluhkan hati seseorang
Doa meluluhkan hati seseorang yang kita cintai

Ketahui Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Kita Cintai

Untuk meluluhkan hati, Kamu perlu membaca doa meluluhkan hati seseorang yang kita cintai ini secara rutin, bisa dilakukan selepas sholat lima waktu ataupun selepas melakukan sholat malam. Ketika membacanya, pinta dengan kesungguhan serta ketulusan, sehingga Allah bisa mengabulkan keinginan Kamu.

Berikut merupakan lafaz dari doa untuk meluluhkan hati, sebagaimana banyak hadist yang meriwayatkan, merupakan doa yang cukup ampuh untuk meluluhkan hati yang keras.

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ …. كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

"Allaahumma innaka antal 'azizul kabir, wa ana 'abduka adhdho'iifudzdzaliil alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Alloohumma sakhkhirlii … (sebutlah nama orang yg dimaksud) kamaa sakhkhorta fir'auna li muusaa. Wa layyinlii qolbahuu kamaa layyantalhadiida li dawuda fa innahuu laa yantiqu illaa bi idznika. naashiyatuhu fii qobdhotika. Wa qolbuhu fii yadika. Jalla tsanaa 'u waj hika yaa arhamar roohimiin."

Artinya: Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sedangkan aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan keculi karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah… (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir’aun pada Musa AS. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud AD. Karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubun-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang.” (HR. Ad-Dailami).

Subhanallah ternyata inilah doa untuk meluluhkan hati seseorang yang kita sayang. Tidak hanya membaca doa meluluhkan hati orang yang kita suka saja yang bisa Kamu coba, Kamu juga harus mengusahakan untuk melakukan berbagai tindakan agar orang tersebut terbuka untuk Kamu. Agar memudahkan Kamu, berikut merupakan beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk melunakkan hati orang agar luluh kepada Kamu.

Untuk informasi tambahan, doa diatas pun sebenarnya bisa juga masuk ke dalam kategori doa meluluhkan hati seseorang yang membenci kita atau pun orang yang sedang marah kepada kita ataupun menjadi salah satu doa meluluhkan hati orang tua.

Tips Meluluhkan Hati Seseorang

Sambil melakukan doa untuk meluluhkan hati seseorang yang kita sayang, Kamu juga harus memahami beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk meluluhkan hati seseorang, baik pria, wanita, maupun mertua Kamu. Cara berikut ini cukup mudah untuk diikuti, sehingga Kamu bisa memasukkannya dalam aktivitas keseharian bersama mereka yang keras hatinya.

Cari Tahu Kebiasaan

Hal yang cukup penting adalah mencari tahu kebiasaan orang yang memiliki hati keras, karena tidak sedikit dari mereka memiliki sifat yang mudah terbaca. Misalnya, mereka mudah marah karena sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, atau enggan mengungkapkan pendapat serta mudah marah.

Untuk mencoba meminimalisir ia marah dengan Kamu, atau memperlakukan Kamu dengan kasar, Kamu bisa mencoba untuk melihat kebiasaan yang mereka lakukan. Misalnya, jika ia tidak suka diganggu ketika bekerja, maka jangan menganggunnya karena mungkin mereka merasa tidak nyaman.

Kamu juga bisa memberikan perhatian kepada mereka, agar mereka mengetahui bahwa Kamu sayang dengan orang tersebut. Misalnya dengan membawakan bekal, menghiburnya ketika sedih, atau menanyakan hobi yang dimiliki.

Hindari Menggunakan Pendekatan Pesan Singkat

Beberapa orang tidak nyaman jika didekati dengan pesan singkat, karena itu Kamu bisa mencoba untuk membacakan doa meluluhkan hati seseorang yang kita cintai untuk mendekatinya secara tidak langsung. Untuk pendekatan secara langsung, jika Kamu ingin mendekatinya, Kamu bisa mengajak mereka bertatap muka.

Tatap muka menjadi cara yang cukup efisien untuk melihat bagaimana tingkahnya di  hadapan Kamu. Jika ia merasa nyaman dengan Kamu, maka ia sedikit demi sedikit akan membuka dirinya, baik dengan bercerita atau sekedar mengonfirmasi apa yang Kamu lakukan dan ucapkan.

Berbeda jika mereka terlihat kurang antusias, mungkin Kamu harus mencoba untuk menggunakan cara yang berbeda untuk berkomunikasi dengannya. Jika ingin lebih dekat dengan orang yang keras hatinya, atau kurang menyukai Kamu, lakukan secara perlahan agar ia tidak merasa terganggu.

Berikan Perhatian Secukupnya

Kamu tentu ingin mendapatkan perhatian darinya sesegera mungkin, atau setidaknya ia lebih terbuka dan bersikap lembut dengan Kamu. Namun ada baiknya Kamu tidak tergesa untuk melakukan atau memberikan perhatian ekstra darinya.

Bisa saja perhatian yang Kamu berikan membuat mereka kurang nyaman untuk berada di dekat Kamu, apalagi jika Kamu memberikan perhatian berlebih. Untuk doa meluluhkan hati seseorang yang kita suka yang Kamu tujukan padanya memang tidak masalah jika dilakukan secara berlebih, karena ia tidak mengetahuinya secara langsung.

Berbeda jika Kamu memberikan perhatian padanya, sikap tersebut tentu akan terlihat berlebihan jika dilakukan terlalu sering. Untuk mensiasati sikap tersebut, cobalah untuk mendekatinya dengan santai, dan tunjukkan secara perlahan.

Jadilah Orang yang Dewasa

Orang yang dewasa identik dengan sikap yang tidak berlebihan, kekanakan, dan bisa melakukan kompromi dengan baik. Seseorang yang memiliki sikap ini tentu akan lebih mudah dalam melakukan pergaulan, apalagi untuk mendekati mereka yang memiliki hati lebih keras.

Seseorang yang bersikap dewasa akan tahu bagaimana cara bersikap dengan benar, tidak mudah melakukan judge pada seseorang, sehingga orang yang berhati keras tidak merasa terpaksa untuk melakukan sesuatu jika diminta.

Berikan kepercayaan yang baik kepada mereka yang berhati keras, dengan Kamu selalu berada disampingnya jika ia membutuhkan. Memberikan doa agar hati seseorang luluh juga merupakan hal yang dianjurkan sebagai amalan tambahan yang akan membantu Kamu.

Doa meluluhkan hati seseorang
Doa meluluhkan hati orang yang kita suka

Cara Membacakan Doa Meluluhkan Hati Seseorang

Jika Kamu ingin membaca doa meluluhkan hati seseorang untuk mereka yang berhati keras, berikut merupakan langkah yang dianjurkan agar doanya menjadi lebih makbul, diantaranya:

Mensucikan Diri Sebelum Berdoa

Ketika hendak melafalkan doa, pastikan Kamu berada di tempat yang bersih, serta tubuh Kamu suci dari hadas maupun najis. Ini akan membantu doa Kamu lebih dimakbulkan, karena Kamu melakukan kesungguhan untuk menjaga diri dari hal-hal yang membuat doa tidak terkabul.

Membaca di Waktu yang Tepat

Terdapat waktu-waktu khusus dimana Kamu disarankan untuk membaca doa, sehingga doa lebih mudah dikabulkan oleh Allah. Waktu tersebut adalah selepas melaksanakan sholat wajib, bisa juga selepas melakukan sholat sunnah seperti sholat malam atau sholat hajat.

Menghadap Kiblat

Ketika membaca doa meluluhkan hati orang yang kita sayang, Kamu disarankan untuk  menghadap kiblat sebagaimana hendak melakukan sholat. Lakukan dengan hati yang tulus serta penuh pengharapan bahwa doa Kamu akan dikabulkan.

Setelah melakukan tiga langkah tersebut, Kamu bisa memanjatkan doa meluluhkan hati seseorang yang kita cintai secara penuh. Kamu bisa membaca doa bagian latinnya, atau sekaligus membaca artinya, bisa juga hanya membaca lafadz arabnya saja.

Tanya Jawab

Surat apa yg bisa meluluhkan hati seseorang?

Meluluhkan hati seseorang dalam perkara agar urusan menjadi lancar, Kamu bisa membacakan surat At-Thaha ayat 25-28 “Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.” yang Artinya: “Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

Jika dalam perkara agar pasangan menjadi lebih sabar. Surat yg bisa meluluhkan hati mereka adalah surat Ali-Imran ayat 14 yang bisa dilakukan setiap selesai sholat fardu.

Dengan lafadz “Zuyyinalinnasi hubbushahawati minannisa’i walbani na walqanaathiril muqanthoro timinazzahabi walfidhah.” yang artinya: “Dihiasikan (dan dijadikan indah) bagi manusia: kesukaan kepada benda-benda yang diingini, yaitu perempuan-perempuan dan anak-anak; harta-benda yang banyak dari emas dan perak.”

Dan surat Al-Baqarah ayat 165 berbunyi “Yuhibbunahum kahubillahi wallazina amanuu ashaddu hubbanlillah.” yang artinya: “Mereka mencintainya (memuja dan mentaatinya) sebagaimana mereka mencintai Allah; sedang orang-orang yg beriman itu lebih cinta (taat) kepada Allah.”

Apa doa supaya orang yang kita cintai mencintai kita?

Selain dari doa melulukan hati seseorang yang kita cintai, Kamu juga bisa berdoa dan meminta kepada Allah supaya orang yang kita cintai mencintai kita juga. Berikut adalah doa yang bisa Kamu Bacakan.

“Allahumma inni as aluka, bihaibati adhamatika, wabisatwati jalaalika antaj’ala mahabatii fii qalbi wa’an tulqil mawaddata wamahabata fii qalbihi wa aththofhu, alayya bi fadhlika yaa kariim.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, berkah wibawa keagungan-Mu dan amukan keluhuran-Mu, agar engkau jadikan kecintaan di dalam hati (sebut namanya bin nama ayahnya). Dan resapkanlah kecintaan dan kasih sayang terhadapku di dalam hatinya. Dan cenderungkan ia padaku lewat anugrah-Mu. Wahai dzat yang maha mulia.”

Surat apa yg bisa meluluhkan hati pria?

Tecatat di dalam buku Doa Rindu jodoh & Momongan oleh Mohammad Irsyad, para muslimah bisa membacakan surat Al-Baqarah ayat 255, dilakukan setelah selesai sholat untuk meluluhkan hati seorang pria yang kita cintai.

Apakah boleh mendoakan orang yang kita cintai di sepertiga malam?

Untuk berdoa kepada Allah selalu memiliki waktu-waktu yang dapat di ijabah. Ada yang berpendapat kalau di waktu malam hari merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa kepada Allah. Terlebih lagi berdoa di sepertiga malam untuk seseorang yang kita cintai. Tentu saja boleh, waktu yang paling baik untuk melakukan ibadah dan berdoa adalah di sepertiga malam terakhir.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai doa meluluhkan hati seseorang yang kita cintai yang dapat ditulis oleh tim martabattujuh.com. Apabila dilakukan secara teratur, bukan tidak mungkin Allah akan membantu Kamu. Namun, lewat perantara doa meluluhkan hati orang yang kita suka ini, Allah akan mengabulkan doa dan tentunya akan memberikan yang berbaik untuk kita. Walaupun tidak bisa dipastikan kapan waktu tepatnya. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.