Doa Memakai dan Doa Melepas Pakaian agar Dijaga Allah

Islam mengajarkan banyak hal baik pada umatnya, inilah kenapa Anda bisa menemukan banyak doa yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah doa melepas pakaian agar dijaga Allah. Doa ini dianggap sebagai doa sunnah dan dianjurkan untuk diamalkan.

Doa Melepas Pakaian Arab, Latin dan Artinya

Anda yang belum pernah membaca doa ini bisa menggunakan lafadz di bawah sebagai panduan.

Doa melepas pakaian agar dijaga Allah arab:

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Doa melepas pakaian agar dijaga Allah latin:

Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa

Arti dari doa tersebut adalah:

Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya.

Doa Memakai Pakaian Arab, Latin dan Artinya

Anda bisa membaca doa tersebut sebelum melepas pakaian yang Anda kenakan. Jika doa sudah dilafadzkan, Anda bisa melanjutkan melepas pakaian dan mengenakan pakaian lain. Terdapat doa mengenakan pakaian yang juga harus Anda ketahui.

Doa memakai pakaian arab:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا هُوَ لَهُ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Doa memakai pakaian latin:

Allaahumma innii as 'aluka min khairhi wa khaira maa huwa lahu, wa a'uudzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahu.

Arti dari doa tersebut adalah:

Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan sesuatu yang di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya.

Adab Berpakaian dalam Islam

Islam sebenarnya juga mengatur berbagai adab mengenai cara berpakaian. Dasarnya adalah kitab dengan nama Risalatul Muawanah wal Mudzaharah wal Muwazarah yang dikarang oleh Allamah Sayyid Abdullah bin Alawi Al-Haddad.

Dalam kitab tersebut dijelaskan secara rinci mengenai adab apa saja dalam berpakaian untuk seorang muslim. Salah satunya tentu membaca doa melepas pakaian agar dijaga Allah dan membaca doa mengenakan pakaian. Agar lebih jelas dalam memahami adab tersebut, berikut adalah penjelasannya.

Memulai dengan Membaca Basmallah

Ketika hendak melepas atau mengenakan pakaian, Anda sebaiknya memulainya dengan mengucapkan basmallah. Membaca basmallah atau bismillâhirrahmânirrahîm merupakan sunnah ketika hendak melakukan aktivitas, baik bagi diri sendiri atau orang lain.

Bacaan Jika Lupa Membaca Basmallah

Kadang ketika terburu-buru, banyak umat muslim yang lupa tidak membaca basmallah. Jika ini terjadi, terdapat bacaan yang bisa Anda ucapkan, yakni bismillâhi fi awwalihi wa âkhirihi. Bacaan tersebut bisa Anda baca ketika Anda ingat bahwa basmallah lupa diucapkan.

Berniat Menutup Aurat

Allah menciptakan fisik manusia sebaik-baiknya, karena itu niatkan untuk menutup aurat ketika Anda mengenakan pakaian. Menutup aurat merupakan perintah Allah yang harus dipenuhi, jika lalai maka akan mendapatkan ganjaran dosa dari Allah.

Mulai dari Kiri

Ketika Anda melepas pakaian, Anda dianjurkan untuk memulainya dari bagian sebelah kiri. Jangan lupa untuk membaca doa melepas pakaian agar dijaga Allah yang telah dijelaskan diatas. Kemudian diikuti dengan melepaskan pakaian dari bagian sebelah kanan.

Mulai dari Kanan

Berbeda dengan melepas pakaian yang harus dimulai dari kiri, maka mengenakan pakaian harus dimulai dari kanan. Ini juga bisa diikuti dengan membaca doa mengenakan pakaian yang telah dijelaskan sebelumnya. Mengenakan pakaian dari kanan juga berlaku untuk gamis, celana hingga daster.

Angkat Sampai Pergelangan Mata Kaki

Untuk Anda yang mengenakan sarung, gamis ataupun rok yang panjang, disarankan untuk mengangkatnya sampai mata kaki. Meski begitu, pastikan tidak berlebihan dan tidak melampaui mata kaki, ini sebagai upaya agar pakaian tidak terkena najis. Aturan ini juga berlaku untuk Anda yang bercelana panjang.

Pakaian untuk Perempuan

Selain membaca doa melepas pakaian agar dijaga Allah, untuk perempuan diperbolehkan mengenakan pakaian yang panjang, bahkan sampai menyentuh tanah. Namun harus berhati-hati agar tidak terkena najis, sebab akan mempengaruhi shalat yang nantinya akan dilakukan dengan pakaian tersebut.

Memanjangkan Lengan

Anda juga disarankan untuk memanjangkan lengan baju atau gamis yang dimiliki. Dalam adab Islam, memanjangkan lengan bisa dilakukan sampai pergelangan tangan, diperbolehkan juga sampai ujung jari. Namun tidak boleh jika panjangnya melebihi jari tangan yang dimiliki.

Tidak Berlebihan

Islam tidak menyukai seseorang yang berlaku berlebihan, karena itu Anda disarankan untuk tidak memiliki pakaian yang terlalu banyak. Ini akan menyulitkan Anda ketika nanti dilakukan hisab. Miliki jumlah pakaian seadanya, nantinya Anda akan lebih mudah mengelola dan merawatnya.

 Pilih Pakaian yang Sedang

Selain membaca doa melepas pakaian agar dijaga Allah, sunnah berpakaian lain dalam Islam adalah memilih pakaian yang sedang-sedang saja, dalam kata lain tidak berlebihan. Jangan memilih pakaian yang jelek dan jangan memilih pakaian yang terlalu bagus.

Jangan Membuka Aurat

Membuka aurat adalah hal yang tidak diperbolehkan dalam Islam, baik hanya setengah atau seluruhnya. Anda diperbolehkan membuka aurat ketika memang ada perlu atau darurat, misalnya pengobatan atau terjadi hal yang mengancam nyawa Anda.

 Adab Membuka Aurat

Terdapat doa yang bisa Anda gunakan ketika hendak membuka aurat, yakni bismillâhil ladzî lâilâha illâ huwa. Dengan membaca doa tersebut Anda akan dilindungi oleh Allah dari setan dan hal-hal yang buruk lainnya.

Tidak Mengenakan Pakaian Secara Berlebihan

Anda juga tidak diperbolehkan mengenakan pakaian berlebihan, misalnya yang terbuka atau yang memiliki banyak aksesoris sehingga menimbulkan suara ketika digunakan. Pilih pakaian seadanya, tidak mencolok, tidak memperlihatkan aurat dan tidak kotor atau buruk ketika digunakan.

Penutup

Lafadz doa melepas pakaian agar dijaga Allah dan adab mengenakan pakaian dalam Islam diatas semoga menambah pengetahuan Anda. Dengan informasi tersebut, Anda bisa melakukan sunnah yang sudah ditentukan oleh syariat Islam, sehingga tiap aktivitas dapat terhitung sebagai pahala untuk Anda.

Check Also

Doa Agar Disembuhkan Dari Penyakit Wajib Diketahui

Doa agar disembuhkan dari penyakit – Sakit merupakan keadaan yang wajar dan bisa terjadi pada …

Exit mobile version