Kumpulan Doa Ijab Qobul Zakat Fitrah Lengkap dalam Islam

Doa ijab qobul zakat fitrah – Dalam Islam seluruh amal ibadah dimulai dengan niat, karena itu niat menjadi aspek yang penting agar suatu amal diterima oleh Allah. Begitu pula dengan zakat, terdapat doa ijab qobul zakat yang harus dibaca, baik oleh mereka yang hendak melakukan zakat atau menerimanya. Selain membaca niat, melakukan zakat juga didasari ketentuan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Ketika seseorang melakukan zakat, maka ia harus beragama Islam dan memang telah waktunya untuk membayarkan zakat. Untuk zakat fitrah, dibayar di akhir bulan Ramadhan dan awal Syawal, sedangkan untuk zakat mal atau zakat harta dibayarkan ketika sudah tiba waktunya.

Berbagai Doa Ijab Qobul Zakat Fitrah Bahasa Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Zakat fitrah merupakan zakat wajib yang harus dikeluarkan oleh umat Islam, karena merupakan kewajiban yang harus dipenuhi. Mereka yang hendak mengeluarkan zakat, selain harus Islam dan sudah tiba waktunya, juga masih harus memiliki makanan pokok untuk dikonsumsi keesokan harinya.

Amal zakat fitrah, sebagaimana amal perbuatan Islam yang lain, juga memiliki niat yang harus dilafalkan oleh mereka yang hendak membayarnya. Apabila Anda hendak membayar zakat, khususnya zakat fitrah di akhir bulan Ramadhan nanti, berikut merupakan berbagai doa ijab qobul zakat fitrah yang harus diketahui.

Niat dan Doa Ijab Qobul Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

Zakat bisa dibayarkan pribadi atau terpisah dengan keluarga, jika Anda hendak membayarkan zakat secara pribadi, berikut doa ijab qobul yang Anda lafalkan.

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكاَةَ اْلفطر عَنْ نَفْسِيْ فَرْضًالِلهِ تَعَالَى

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an nafsi fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala.”

Niat dan Doa Ijab Qobul Zakat untuk Istri

Ketika Anda menjadi suami, maka Anda memiliki kewajiban untuk membayarkan zakat istri. Anda bisa membuatnya menjadi satu sebagai zakat keluarga atau membayarnya secara terpisah. Berikut ini merupakan doa ijab qobul zakat fitrah untuk istri yang sebaiknya Anda ucapkan.

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an zaujati fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku fardhu karena Allah Taala.”

Niat dan Doa Ijab Qobul Zakat untuk Anak Laki-Laki

Apabila Anda hendak membayarkan zakat khusus untuk anak laki-laki, terdapat doa zakat yang harus Anda baca. Doa tersebut berbeda dengan doa dan niat lain ketika Anda hendak membayarkan zakat untuk orang lain.

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an waladi ... fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku … (sebutkan nama), fardhu  karena Allah Taala.”

Niat dan Doa Ijab Qobul Zakat untuk Anak Perempuan

Terdapat perbedaan niat ketika hendak membayarkan zakat untuk anak laki-laki dengan anak perempuan. Berikut adalah doa ijab qobul zakat fitrah untuk anak perempuan yang hendak Anda bayarkan zakatnya, yakni:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an binti ... fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku … (sebutkan nama), fardhu  karena Allah Taala.”

Niat dan Doa Ijab Qobul Zakat Fitrah untuk Keluarga dan Diri Sendiri

Apabila Anda merupakan keluarga besar, membayarkan zakat untuk seluruh keluarga bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi jika Anda memiliki tanggungan untuk mencari nafkah, maka membayar zakat keluarga menjadi wajib. Berikut doa ijab qobul zakat fitrah untuk keluarga dan diri sendiri:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri anni wa an jami’i ma yalzimuniy nafaqatuhum syar’an fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Taala.”

Niat dan Doa Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

Anda bisa mewakilkan pembayaran zakat milik orang lain, namun tentunya zakat jenis ini memiliki niat yang berbeda. Berikut adalah doa ijab qobul zakat fitrah yang harus Anda ucapkan agar zakat tersebut menjadi sah dan tidak melanggar kewajiban membayar zakat. Berikut doa zakat fitrah untuk orang yang diwakilkan:

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Nawaytu an ukhrija zakaata al-fitri ‘an ... fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk … (sebutkan nama spesifik), fardhu  karena Allah Taala.”

Dalam membayar zakat, niat lebih diutamakan dibandingkan dengan ijab qabul zakat itu sendiri, berbeda dengan proses akad atau jual beli transaksi. Karena itu, penggunaan kalimat niat lebih sering digunakan dibandingkan dengan ijab qobul.

Hak Penerima Zakat serta Doa Penerima Zakat Fitrah Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Zakat sendiri dikeluarkan oleh mereka yang punya kewajiban untuk membayar zakat, dan memberikannya kepada mereka yang berhak. Untuk memberikan zakat tersebut, Anda bisa memberikannya secara langsung, bisa juga menggunakan amil zakat yang dikelola oleh lembaga tertentu.

Tujuan dari adanya zakat adalah pemberian manfaat, jadi setelah membaca doa ijab qobul zakat fitrah, maka zakat segera diberikan kepada mereka yang berhak. Ada delapan golongan orang yang berhak menerima zakat, diantaranya adalah:

Orang fakir

Sebutan untuk mereka yang tidak memiliki pekerja, serta tidak memiliki harta benda untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Ia memiliki tanggungan untuk dirinya sendiri, namun tidak bisa memenuhinya.

Fi Sabilillah

Mereka yang berjuang di jalan Allah, baik untuk berperang atau menyebarkan agama Islam.

Gharim

Orang yang memiliki dan menanggung hutang, baik untuk dirinya sendiri atau keluarganya. Ia juga tidak mampu membayar hutang tersebut karena kemiskinan yang dimiliki, atau karena ia tidak memiliki harta benda.

Amil Zakat

Istilah untuk umat Islam yang menerima dan mengelola zakat umat Islam yang lain. Jadi setelah seseorang mengucapkan doa ijab qobul zakat dan membayarnya, zakat akan dikelola oleh amil.

Riqab

Sebutan untuk hamba sahaya, sering juga disebut sebagai budak atau pembantu. Orang yang terikat untuk melayani orang lain dan ditanggung hidupnya.

Ibnu Sabil

Orang yang sedang dalam perjalanan, sedang merantau, atau sedang bepergian jauh namun kehabisan bekal. Sehingga ia tidak bisa mencukupi kebutuhannya sendiri.

Mualaf

Merupakan sebutan untuk mereka yang baru masuk Islam, sehingga lebih rentan untuk tidak menjalankan syariat. Agar imannya semakin tebal, maka ia masuk dalam kategori penerima zakat fitrah.

Miskin

Merupakan sebutan orang yang masih memiliki harta dan benda, serta memiliki hasil dari usaha yang ia lakukan. Namun hasil usaha tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, atau hidup keluarganya.

Seseorang yang masuk dalam kategori tersebut, maka ia wajib untuk mendapatkan zakat fitrah. Ketika mereka hendak menerima zakat fitrah yang akan diberikan, mereka dianjurkan untuk membaca doa ijab qobul zakat fitrah agar penerimaan menjadi lebih sah, berikut adalah lafadznya.

ﺁﺟَﺮَﻙ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ، ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ

Aajaraka Allahu fiima a’thayta, wa baaraka fiima abqayta wa ja’alahu laka thahuran

Artinya: Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.”

Penutup

Demikianlah kumpulan doa ijab qobul zakat fitrah yang sebaiknya diketahui oleh umat Islam sebelum membayar zakat fitrah. Dengan begitu, proses pembayaran bisa dilakukan sesuai syarat sah Islam dan tidak melanggar ketentuan zakat fitrah. Penulis artikel martabattujuh.com berharap tulisan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua, dan juga mohon maaf jika ada kesalahan kata dalam pengetikan.

Check Also

Doa Agar Disembuhkan Dari Penyakit Wajib Diketahui

Doa agar disembuhkan dari penyakit – Sakit merupakan keadaan yang wajar dan bisa terjadi pada …

Exit mobile version