Doa bangun tidur
Doa bangun tidur

Ketahui Doa Bangun Tidur dan Arti serta Amalan Baiknya

Diposting pada
Ketahui doa bangun tidur dan arti serta amalan baiknya. Membahas tentang ✓ doa ✓ artinya ✓ amalan ketika bangun tidur ✓ doa sesuai sunnah ✓ kesimpulan
Bagikan artikel ini

Ketahui doa bangun tidur dan arti serta amalan baiknya. Selepas bangun tidur, umat Islam disarankan untuk membaca doa bangun tidur, yang merupakan sunnah Nabi. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui doa bangun tidur dan arti, sehingga sedikit orang yang mengamalkan sunnah ini.

Apabila Anda merupakan salah satunya, berikut merupakan penjelasan lengkap mengenai lafadz doa bangun tidur, keutamaan membacanya, serta amalan yang sebaiknya dilakukan selepas bangun tidur sesuai dengan sunnah Nabi.

Doa bangun tidur
Doa bangun tidur

Doa Bangun Tidur dan Artinya sesuai Sunnah

Bangun tidur merupakan nikmat Allah yang patut untuk disyukuri, karena Anda bisa menikmati kembali kehidupan dan melanjutkan aktivitas. Mereka yang diberi keberkahan tersebut harus bersyukur dan makin banyak melakukan ibadah kepada Allah.

Membaca doa sesudah bangun tidur menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk bersyukur atas karunia Allah tersebut. Dengan membaca doa setelah bangun dari tidur, Anda bisa berdoa semoga hari ini berjalan dengan lancar dan dipermudah semua urusan yang ada.

Inilah lafadz doa bangun tidur dan artinya yang sesuai dengan sunnah Islam. Walaupun pendek, namun ia menjadi amalan yang bisa dilakukan dengan mudah oleh umat Islam dalam keseharian.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

"Alhamdullillaahilla dzii ahyaa naa bada maa amaa tanaa wa ilaihinnusyuur(i)."

Artinya: “Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kami semua akan dihidupkan kembali.”

Selain dari membaca doa diatas, Anda juga bisa membaca dzikir untuk tambahan sesuai dengan HR. Tirmidzi no. 3401. Hasan menurut Syaikh Al Albani dengan lafadz dibawah ini.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِيْ جَسَدِيْ، وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ، وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ

"Alhamdullillaahilla dzi 'aa faa nii fii jasadi(i), wa rodda alayya ruhi(i), wa a dzina lii bi dzikrih(i)"

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya

Keistimewaan Doa Bangun Tidur dan Artinya

Dalam Islam, setiap doa memiliki keistimewaannya sendiri, sehingga memberikan manfaat untuk mereka yang melakukannya. Untuk doa bangun tidur, ia memiliki unsur kebaikan yang besar, berikut merupakan beberapa keistimewaannya.

Menambah Rasa Syukur

Selain melindungi diri dari godaan syetan, Anda bisa menjadi orang yang selalu bersyukur dengan karunia Allah menggunakan doa ini. Biasanya orang yang bersyukur mengucapkan kalimat hamdallah, namun ketika bangun tidur Anda bisa menggantinya dengan membaca doa ini.

Membaca doa selepas bangun tidur menjadi salah satu media bersyukur kepada Allah karena Anda sudah diberikan tidur yang nyenyak. Tidur menjadi aktivitas yang memberikan tubuh istirahat, dan memulihkan kembali tenaga yang sudah hilang.

Mengingatkan Kematian

Membaca doa bangun tidur dan arti juga bisa membuat Anda mengingat kematian, ini karena tidur merupakan posisi yang dekat dengan kematian. Apalagi kematian bisa datang kapan saja, baik ketika sedang bangun, tidur, ataupun sedang berkatifitas.

Bisa jadi kematian datang ketika Anda sedang tidur, sehingga membaca doa ketika bangun tidur menjadi rasa syukur tersendiri yang mengingatkan Anda tentang kematian. Anda yang masih diberi kesempatan untuk bangun keesokan harinya harus bersyukur karena anugerah tersebut.

Bukti Tawakal Kepada Allah

Tawakal memiliki arti berserah diri kepada Allah, menyadari bahwa semua kuasa ada di tangan-Nya. Tidak hanya kematian, namun juga nikmat manusia dalam beribadah, rizki, dan juga jodoh. Membaca doa selepas bangun tidur bisa menjadi cara tawakal kepada Allah.

Membaca doa tersebut menjadi cara Anda untuk semakin dekat dengan Allah dalam setiap tindakan. Doa bangun tidur dan arti yang dimilikinya tidak hanya memuji Allah, namun juga berserah diri atas keputusan Allah.

Doa bangun tidur
Doa bangun tidur

Amalan Setelah Membaca Doa Bangun Tidur

Ketika Anda sudah membaca doa setelah tidur, Anda bisa melakukan berbagai sunnah Nabi yang sering dicontohkan berikut. Selain menambah pahala Anda, ia juga bisa menjadi kebiasaan baik yang membuat Anda bisa melakukan gaya hidup seperti Nabi.

Ada beberapa adab dan amalan yang biasanya dilakukan Nabi setelah bangun tidur dan membaca doa tersebut, diantaranya adalah:

Duduk dan Mengusap Wajah

Setelah mebaca doa bangun tidur dan arti yang dimiliki, Anda disunahkan untuk duduk, kemudian mengusap wajah menggunakan tangan. Sunnah ini diriwayatkan dalam hadis yang terdapat dalam kitab Ahmad.

Di dalam hadis tersebut disebutkan bahwa Ibnu Abbas pernah melihat Rasulullah bangun pada pertengahan malam guna mendirikan shalat tahajud. Ketika bangun dari tidur, Rasulullah kemudian bangkit duduk dan mengusap dengan tangan bekas kantuk yang ada di wajah beliau.

Membaca 10 Ayat Terakhir Surah al-Imran

Masih dari hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, Ibnu Abbas juga melihat bahwa Rasulullah yang sudah mengusap wajahnya dengan tangan, kemudian membaca surah al-imran. Ayat yang dibaca juga bukan dari awal atau  pertengahan, melainkan dari 10 ayat surat terakhir.

10 ayat terakhir dari surah al-imran dimulai dari ayat 190, jika Anda belum hafal, Anda bisa membacanya dengan melihat al-Quran atau catatan. Banyak ulama yang membenarkan kebiasaan tersebut, selain membaca doa bangun tidur dan arti, Anda juga bisa membaca 10 ayat terakhir surat al-Imran.

Mencuci Tangan

Gaya hidup yang dimiliki Rasulullah tidak hanya sunnah dan mendapatkan pahala jika ditiru, namun juga menjadi contoh yang baik untuk kesehatan. Ketika bangun dari tidur, sebaiknya Anda mencuci tangan, minimal 3 kali untuk memastikannya benar-benar bersih.

Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah bersabda, ketika bangun dari tidur sebaiknya cuci tangan dilakukan. Cuci tangan tersebut minimal tiga kali karena ketika tidur, tidak ada yang tahu letak dan posisi tangan tersebut.

Alangkah lebih baik mencuci tangan tersebut sampai bersih, kemudian baru menyentuh wadah yang lain. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan terkontaminasi dengan kuman jika ingin minum atau makan selepas bangun tidur.

Membersihkan Hidung

Amalan sunnah lain yang bisa dilakukan setelah membaca doa bangun tidur dan arti adalah membersihkan hidung. Membersihkan hidung yang dilakukan oleh Rasulullah disebut dengan istinyaq, yakni memasukkan sedikit air ke dalam lubang hidung, kemudian dikeluarkan kembali.

Amalan tersebut diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, sehingga merupakan hadis yang sahih dan bisa Anda jadikan amalan. Alasan kenapa hidung perlu dibersihkan setelah bangun tidur adalah ia menjadi tempat dimana setan bersembunyi semalaman.

Anda bisa melakukan istinyaq sebanyak 3 kali, boleh dilanjutkan dengan berwudhu. Selain membuat badan lebih segar, ia juga menjadikan hidung lebih bersih karena dibersihkan secara seksama.

Melakukan Siwak

Setelah bangun tidur, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah akan melakukan siwak. Jika Anda ingin meneladani berbagai sikap dan sunnah Nabi, memiliki siwak merupakan aspek penting yang harus Anda pertimbangkan.

Tidak hanya selepas membaca doa bangun tidur dan arti saja, Anda bisa langsung bersiwak setelah bangun dari tidur nyenyak tersebut. Jika Anda tidak memiliki siwak, Anda bisa menggantinya dengan sikat gigi, sehingga mulut menjadi lebih bersih dan juga segar.

Kesimpulan

Selain dari membaca doa setelah bangun tidur dan dilanjutkan dengan dzikir sesuai dengan sunnah dan memang dicontohkan juga oleh Rasulullah. Alangkah baiknya untuk melakukan amalan yang juga baik untuk kesehatan diri kita.

Itulah penjelasan lengkap mengenai doa bangun tidur dan arti serta berbagai amalan lain yang di anjurkan untuk dilakukan setelah bangun dari tidur yang dapat tim martabattujuh.com sampaikan. Anda bisa melakukannya secara rutin setiap harinya dan menjadikannya sebagai amalan sehari-hari guna menjalankan sunnah Nabi.