Amalan Doa Agar Orang yang Menyakiti Kita Menyesal

Amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal – Dalam kehidupan ini, terkadang kita akan berhadapan dengan berbagai macam masalah yang begitu menyebalkan dan membuat hati merasa sakit. Meskipun kita merasa kecewa dan diinjak-injak, alangkah lebih baik apabila kita selalu merasa lapang dada dan jangan membalas dendam. Inilah amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal.

Amalan Doa Agar Orang yang Menyakiti Kita Menyesal

Amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal
Amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal

Menyakiti orang lain sudah terbukti membuat semua pihak menjadi rugi dan memperoleh dosa yang besar. Untuk itu, inilah amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal tanpa harus membalas perbuatan keji yang mereka lakukan.

Amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal arab:

حَسْبِيَ اللهُ لِدِيْنِيْ حَسْبِيَ اللهُ لِدُنْيَايَ حَسْبِيَ اللهُ لِمَا اَهَمَّنِيْ حَسْبِيَ اللهُ لِمَنْ بَغَاعَلَيَّ حَسْبِيَ اللهُ لِمَنْ كَادَنِيْ بِسُوْءٍ وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ اِلَّابِاللهِ

Amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal latin:

Hasbiyallahu lidiini hasbiyallahu lidun yaa yahasbiyallahu limaa ahammanii hasbiyallahu limam baghoo 'alayya hasbiyallahu liman kaadanii bisuuin walaa haula walaa quwwata illaa billaah.

Artinya dari doa tersebut:

Cukuplah Allah bagi agamaku, cukuplah Allah bagi duniaku, Allah mencukupi bagi apa yang menyusahkanku, Allah mencukupi bagi yang menganiaya aku, Allah mencukupi bagi yang berniat jahat kepadaku, tidak ada daya upaya dan tidak ada tenaga melainkan pertolongan Allah.

Kerugian yang Didapat Jika Menyakiti Hati Orang Lain

Gambar amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal
Gambar amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal

Setelah kita membahas mengenai amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal, selanjutnya mari ketahui mengenai kerugian yang diperoleh jika menyakiti hati orang lain. Hal ini akan membantu kita untuk selalu mawas diri dan menjaga sikap agar orang di sekitar kita agar tidak akan merasa tersakiti.

Baca juga:  Lafadz Doa Sebelum Baca Yasin beserta 7 Keutamaan Membaca Surat Yasin

Memperoleh Balasan yang Setimpal

Kerugian pertama yang diperoleh jika menyakiti hati orang lain adalah mereka akan memperoleh balasan yang setimpal sesuai dengan seberapa besar kerugian yang mereka hasilkan. Menyakiti orang lain akan membuat manusia melepaskan pintu silaturahmi masing-masing, jika tidak meminta maaf segera nantinya akan membuat mereka harus mendapat balasannya.

Balasan tersebut datang dalam berbagai bentuk, ada yang datang dalam bentuk masalah yang bertubi-tubi ataupun pintu rezeki yang ditutup serapat mungkin sehingga mereka tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya itu, namun balasan yang bisa diperoleh juga akan dirasakan ketika sudah berada di akhirat nanti.

Sholatnya Sia-Sia

Sholat yang dilakukan jika menyakiti orang lain termasuk sia-sia dan tidak akan membantu mereka untuk memperoleh pahala apapun. Bahkan meskipun mereka melakukan sholat selama 40 hari berturut-turut pun, tidak ada satu pahala yang mampu membantu mereka di dalam hari pembalasan nanti.

Karena itu, mengetahui bahwa orang tersebut termasuk ke dalam pihak yang dirugikan adalah hal penting. Sebab jika kita terjerumus dalam perangkap setan dan membalas seluruh perbuatan orang tersebut, maka kita tidak jauh berbeda dengan orang yang menyakiti kita. Jika mereka tidak segera meminta maaf, maka kita bisa memastikan bahwa sholat yang mereka lakukan termasuk sia-sia.

Tidak Masuk Surga

Kerugian lain yang diperoleh jika menyakiti hati orang lain adalah pintu masuk surga menjadi semakin tertutup. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah yang menyatakan bahwa seseorang yang tidak rukun dengan tetangga atau orang di sebelahnya tidak akan bisa masuk surga.

Menyakiti hati seseorang menjadi jaminan bahwa mereka akan segera masuk ke dalam neraka begitu hari akhirat sudah tiba. Membaca amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal terkadang justru akan membantu mereka untuk terhindar dari kerugian besar ini, sebab jika saling memaafkan maka seluruh manusia bisa rukun dengan sesama.

Baca juga:  Kumpulan Doa untuk Ibu Hamil Agar Selamat dan Bayi Sehat

Setara Seperti Makan Bangkai Saudara

Seseorang yang selalu berseteru dengan orang lain dan tidak pernah akur diibaratkan seperti memakan bangkai saudara sendiri. Sebab, manusia pada dasarnya adalah makhluk Allah yang memiliki kedudukan sama dan tidak boleh bersitegang meskipun sejarah telah membuktikan bahwa kita adalah makhluk-Nya yang sangat bar-bar.

Padahal, jika kita selalu bertengkar tidak ada keuntungan apapun yang bisa diperoleh ketika menyudahinya. Hanya ada hati yang terluka dan hubungan persaudaraan pun akan semakin terputus sehingga hanya amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal menjadi satu-satunya jalan keluar yang terbaik.

Memikul Dosa Nyata

Di dalam Alquran telah dijelaskan bahwa seseorang yang menyakiti orang mukmin meskipun mereka tidak melakukan kesalahan apapun, akan memikul dosa yang nyata dan kebohongan yang tinggi. Perbuatan tersebut akan menghasilkan dosa yang begitu besar sebab seseorang yang membuat mukmin tersakiti tanpa sebab merupakan sosok yang memalukan.

Posisi orang tersebut akan sangat hina di mata Allah, karena perbuatan tersebut mencerminkan ilmu Islam yang rendah dan dirinya pun tidak memiliki harga diri apapun. Allah pun sangat menentang perbuatan tercela yang satu ini.

Allah Akan Mengintai Kekurangan Orang Tersebut

Kerugian terakhir yaitu Allah akan selalu mengintai kekurangan seseorang yang menyebarkan dan mencari aib atau kelemahan orang lain. Allah adalah Tuhan yang Maha Melihat, sehingga jika seseorang berlaku tidak sopan dan merugikan orang lain, maka aib seseorang itu nantinya akan tersebar meskipun sudah berada di dalam rumah mereka sendiri.

Membaca amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal menjadi salah satu hal yang mampu membantu kita agar selalu menjalin tali silaturahmi dengan orang lain. Allah pastinya akan mencintai hamba-Nya yang selalu hidup dalam kerukunan dan selalu menjaga aib masing-masing.

Baca juga:  Tata Cara dan Bacaan Sholat Jenazah Lengkap PDF

Penutup

Itulah beberapa kerugian jika menyakiti hati orang lain beserta doa yang bisa kita baca jika disakiti oleh seseorang. Melakukan balas dendam adalah hal yang salah, sehingga dengan adanya amalan doa agar orang yang menyakiti kita menyesal dan segera meminta maaf menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan sehingga kita tidak perlu memperoleh dosa tambahan.

Check Also

Doa agar disembuhkan dari penyakit

Doa Agar Disembuhkan Dari Penyakit Wajib Diketahui

Doa agar disembuhkan dari penyakit – Sakit merupakan keadaan yang wajar dan bisa terjadi pada …