Doa agar hati tenang

4 Doa Agar Hati Tenang serta Amalan yang Dianjurkan

Diposting pada
Doa agar hati tenang serta amalan yang dianjurkan. Artikel ini membahas mengenai ✓ doa biar hati tenang ✓ amalan yang dianjurkan dalam islam ✓ kesimpulan
Bagikan artikel ini

Doa agar hati tenang serta amalan yang dianjurkan. Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna. Tidak hanya dari segi fisik, Allah juga menganugerahkan perasaan kepada setiap manusia. Maka, mengucapkan doa agar hati tenang dikala hati sedang mengalami kegundahan adalah salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Dianugerahkannya perasaan kepada manusia tentu membuat kita bisa merasakan berbagai perasaan. Mulai dari senang, gundah, tak tenang hingga sedih. Tidak ada yang bisa mengatasi semua itu kecuali atas izin Allah. Maka dengan berdoalah satu-satunya cara untuk mengatasinya.

Doa agar hati tenang
Doa agar hati tenang

Lafadz Doa Agar Hati Tenang

Perasaan tidak tenang, gelisah, murung dan sedih pasti pernah dirasakan oleh setiap manusia. Apalagi ketika sedang menghadapi suatu masalah tertentu dan masalah tersebut tidak kunjung berakhir. Perasaan tidak tenang, resah dan gundah pasti akan terus menghantui.

Jika kita mengalami kondisi seperti ini, tidak ada cara paling ampuh selain berdoa kepada Allah agar diberikan ketenangan hati. Salah satunya bisa dengan membaca doa agar hati tenang berikut ini. Doa yang di dalamnya berisi permohonan kepada Allah agar perasaan resah dan tidak tenang tersebut dihilangkan.

Doa Agar Hati Tenang dan Tidak Cemas

Salah satu lafadz doa agar hati tenang berikut ini bisa dipanjatkan ketika sedang merasa sedih, berduka atau cemas. Doa ini berisi permohonan agar Allah senantiasa melindungi kita dari perasaan-perasaan tersebut.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allaahumma inni a 'uu dzu bika minal hammi wal hazan(i), wa a 'uu dzu bika 'ajzi kasal(i), wa a 'uu dzubika minal jubni wal bukhl(i), wa a 'uu dzu bika min gholabatiddayni wa qoh rir rijaal(i).

Artinya “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan dan kedukaan, aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan malas, aku berlindung kepada-Mu dari takut (miskin) dan kikir, aku berlindung kepada-Mu dari banyaknya utang dan paksaan orang-orang (jahat)”.

Doa Ketenangan Hati (QS Thaha: 25-28)

Doa ini adalah salah satu doa biar hati tenang dan amalan yang paling banyak dianjurkan untuk dikerjakan, terutama saat hati sedang dilanda perasaan gelisah dan tidak tenang. Isinya memohon kepada Allah agar senantiasa diberikan kelapangan dada dan dimudahkan segala urusan.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbish rahlii shadri(i). Wayassirlii amri(i). Wahlul 'uq datammillisaanni(i). Yafqahuu qauli(i)

Artinya: “Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagi urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka paham ucapanku.

Doa Menenangkan Hati dan Pikiran

Satu lagi doa agar hati tenang agar dihindarkan dari perasaan gelisah dan perasaan tidak cukup yang terkadang menjadi penyebab munculnya kegelisahan. Dengan membaca doa ini kita meminta kepada Allah agar senantiasa ridha dengan segala ketetapan dari Allah SWT. Berikut doa menenangkan hati dan pikiran:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allaahumma inni as aluka nafsann bika muthma inna(tan), tu’ minu biliqoo ik(a), watar dhoo biqodhoo ik(a), wataqna ’u bi ‘a thoo ik(a).

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu”.

Doa Penyejuk Hati dan Pikiran (QS Al-Baqarah: 250)

Al-Qur’an adalah penuntun untuk menjalani hidup bagi setiap muslim, dimana di dalamnya berisi pedoman hidup lengkap, termasuk doa-doa yang baik. Salah satunya adalah doa penyejuk hati dan pikiran yang terdapat pada QS Al-Baqarah: 250.

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbanaa afrigh ‘alainaa shabrawwa tsabbit aqdaa manaa wansurnaa ‘alal qaumil kaafiriin(a).

Artinya: “Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kamu dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir” (QS Al-Baqarah: 250).

Doa agar hati tenang
Doa agar hati tenang

Selain Membaca Doa Biar Hati Tenang, Inilah Amalan Lain Agar Diberi Ketenangan Hati

Membaca doa biar hati tenang ini hanya salah satu amalan yang dianjurkan agar diberikan ketenangan hati, dijauhkan dari perasaan gelisah, resah dan sedih. Selain membaca doa tersebut, ada amalan lain yang bisa dilakukan agar senantiasa diberikan ketenangan hati.

Memperbanyak Mengucap Istighfar

Mengucap istighfar adalah salah satu amalan yang dilakukan apabila kita habis melakukan sesuatu hal yang tidak baik. Dengan membaca istighfar artinya kita memohon ampun kepada Allah atas khilaf dan dosa yang kita perbuat.

Khilaf dan dosa inilah salah satu yang menjadi penyebab hati tidak tenang. Maka dengan memperbanyak membaca istighfar, insya Allah akan memberikan ketenangan lebih karena kita sudah bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Memperbanyak Dzikir

Membaca istighfar sebenarnya merupakan bagian dari dzikir. Dzikir sudah terbukti memberikan banyak keutamaan bagi manusia yang sering mengamalkannya. Beberapa keutamaan dari dzikir ini antara lain adalah dapat memberikan ketenangan hati.

Untuk memberikan ketenangan hati, ada dua amalan dzikir yang sangat dianjurkan untuk diamalkan. Pertama adalah dzikir hasbunallah wa ni’mal wakiil dan dzikir kedua adalah laa haula waa laa quwwata illaa billah.

Memperbanyak mengucap dzikir ini juga merupakan salah satu upaya untuk senantiasa mendekatkan diri dengan Allah. Allah menjanjikan barang siapa yang senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya, maka Allah akan senantiasa memberikan ketenangan hati.

Berwudhu dan Mengerjakan Sholat

Menyambung dari poin sebelumnya, yaitu orang yang semakin mendekatkan diri kepada Allah, maka ia akan senantiasa mendapatkan ketenangan jiwa. Salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan mengerjakan sholat.

Setelah mengerjakan sholat ini, berikutnya bisa dilanjutkan dengan membaca doa agar hati tenang yang disebutkan sebelumnya. Sholat apapun sangat dianjurkan untuk mendapatkan ketenangan jiwa, utamanya sholat-sholat sunnah seperti sholat tahajjud.

Sholat tentu harus diawali dengan wudhu. Tanpa wudhu sholat dianggap tidak sah. Berwudhu ini juga bisa menjadi alternatif bagi kita yang sedang dalam keadaan tidak memungkinkan untuk sholat. Berwudhu juga bisa memberikan manfaat ketenangan hati.

Memperbanyak Mendengarkan dan Membaca Al-Qur’an

Allah sudah menunjukkan banyak pilihan yang bisa diamalkan untuk senantiasa mendapatkan ketenangan hati. Selain sholat, memperbanyak mendengarkan dan membaca Al-Qur’an juga bisa memberi manfaat ketenangan hati.

Membaca atau mendengarkan Al-Qur’an dengan khusyu’ terbukti bisa membuat hati lebih tenang. Amalan ini juga merupakan salah satu amalan yang bisa mendekatkan antara manusia dengan Allah Sang Maha Pencipta. Semakin dekat kita dengan Allah, maka akan semakin dijauhkan hati kita dari penyakit hati, perasaan gelisah dan hati yang tidak tenang.

Senantiasa Bersabar

Amalan terakhir yang bisa dilakukan oleh setiap manusia yang sedang dilanda perasaan tidak tenang, gelisah dan gundah adalah senantiasa bersikap sabar. Ada sebuah ayat Al-Quran yang menyebutkan bahwa Allah senantiasa bersama orang-orang yang sabar.

Kesimpulan

Inilah dasar mengapa Allah senantiasa menganjurkan kepada manusia untuk senantiasa bersabar. Ketika bersabar, maka hati akan dijaga dari perasaan gelisah dan tidak tenang. Orang-orang yang bersabar akan dijauhkan dari perasaan tidak tenang dan penyakit hati lainnya. Maka dari itu, bersabar adalah amalan yang sangat dianjurkan untuk membuat hati tenang.

Hati tidak tenang, gelisah, gundah dan perasaan bersedih merupakan suatu hal yang wajar dirasakan oleh setiap manusia yang dianugerahi perasaan oleh Allah. Tinggal bagaimana manusia tersebut mengatasi perasaan tidak tenang tersebut. Membaca doa agar hati tenang dan tidak cemas serta beberapa amalan lain sebagaimana yang disebutkan di atas adalah solusi dan cara tepat untuk mengatasinya.

Demikian pembahasan mengenai doa agar hati tenang beserta amalannya yang dapat tim martabattujuh.com sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan.