Doa Agar Disembuhkan Dari Penyakit Wajib Diketahui

Doa agar disembuhkan dari penyakit – Sakit merupakan keadaan yang wajar dan bisa terjadi pada semua orang, inilah kenapa terdapat doa meminta kesembuhan dari penyakit untuk memudahkan umat Islam ketika sedang sakit. Gangguan sakit bisa terjadi karena apa saja, mulai dari pola hidup yang tidak sehat, mendapatkan musibah, atau karena sebab tertentu.

Masa seseorang mengalami sakit juga berbeda antara satu dengan yang lain, ada yang bisa lekas sembuh ada yang membutuhkan waktu lama. Perasaan tidak nyaman ketika sakit, menurut agama Islam bisa jadi merupakan bentuk Allah menghapus dosa yang dimiliki. Ketika Anda sedang sakit, membaca doa berikut ini bisa membantu meringankan sakit yang Anda derita.

Kumpulan Doa Agar Disembuhkan dari Penyakit Sesuai Sunnah Rasulullah

Doa agar disembuhkan dari penyakit
Doa agar disembuhkan dari penyakit

Jika sedang sehat, seseorang harus melakukan aktivitas yang baik dan bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah tersebut. Begitu pula ketika Anda sedang sakit, Anda tetap harus bersyukur dan mengurangi aktivitas fisik agar tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.

Ketika seseorang sedang sakit, Rasulullah memperbolehkan seseorang untuk memanjatkan doa agar disembuhkan dari penyakit. Terdapat beberapa riwayat doa yang bisa Anda gunakan, sesuai dengan anjuran yang diberikan Rasulullah, diantaranya:

Doa Kesembuhan untuk Keluarga yang Sakit

Ketika salah satu keluarga Rasulullah sedang sakit, biasanya beliau akan mengucapkan doa meminta kesembuhan untuk keluarga yang sakit. Doa yang diucapkan juga merupakan doa yang sahih, karena diriwayatkan oleh Aisyah, kemudian ditulis kembali oleh perawi hadits Bukhari dan Muslim, berikut adalah lafadznya.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allaahumma rabban naasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syaafi. Laa syaafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqaman.

Artinya:

Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri. (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113)

Doa Mohon Kesembuhan Penyakit dengan Ruqyah

Ada banyak cara seseorang bisa sembuh dari sakit, salah satunya dengan melakukan ruqyah sesuai tuntunan Islam. Ketika salah seorang sahabat Rasulullah sedang sakit, beliau membacakan doa agar disembuhkan penyakitnya sembari membacakan ayat Al-Qur’an padanya.

Baca juga:  7 Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan dan Dilancarkan Rezeki Beserta Amalannya

Berikut ini doa yang diriwayarkan oleh Imam Nawawi dalam kitab hadits yang ditulisnya, yakni al-Adzkar. Anda bisa menjadikan doa ini sebagai alternatif ketika hendak mendoakan teman yang sedang sakit.

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban naasi. Bi yadikas syifaa’u. Laa kaasyifa lahuu illaa anta.

Artinya:

Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau. (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113)

Doa untuk Orang yang Sakit Parah

Tahapan dalam sakit berbeda-beda, Anda bisa merasakan sakit yang ringan dan sakit yang berat di waktu yang berbeda. Doa ini pernah juga dibaca oleh Rasulullah ketika salah satu sahabatnya sedang mengalami sakit keras.

Doa untuk orang yang sakit parah agar cepat sembuh ini bisa Anda baca sebanyak tujuh kali dalam satu waktu. Hal tersebut agar mereka yang sakit segera disembuhkan dari rasa sakitnya. Dengan membaca doa ini, diharapkan Allah akan mengangkat penyakit yang dimilikinya, sehingga kesembuhan segera ia dapatkan.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullaahal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhiimi an yassfiyaka.  

Artinya:

Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu. (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114)

Doa untuk Orang Sakit dengan Menyebut Nama

Agar doa lebih mudah dikabulkan, maka menyebutkan nama di dalam doa menjadi hal yang dianjurkan. Begitu pula dengan doa untuk mengharapkan kesembuhan, Anda bisa menyelipkan nama teman atau keluarga dalam doa yang hendak dibaca.

Jika Anda hendak menyelipkan nama di dalam doa, maka doa ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Doa ini dilafalkan oleh Rasulullah ketika mengunjungi salah satunya sahabatnya yang sakit keras, yakni Sa’ad bin Abi Waqas.

Baca juga:  Doa Minta Jodoh dengan Menyebut Nama dan Amalan

Anda yang ingin membaca doa untuk orang sakit dengan menyebut nama hanya perlu mengganti nama Sa’ad dengan nama teman atau keluarga yang sakit, berikut adalah lafadz doanya:

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

 Allaahummasyfi Sa‘dan. Allaahummasyfi Sa‘dan. Allaahummasyfi Sa‘dan.  

Artinya:

Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114)

Doa Memohon Kesembuhan dan Berserah Diri

Selanjutnya doa untuk memohon kesembuhan dari penyakit yang deritanya dengan cara berserah diri pada Allah. Berikut adalah lafadznya:

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Laa ba’sa thahuurun insyaa’allaahu.

Artinya:

(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah. (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115)

Doa untuk Memberikan Ampunan orang yang Sakit

Ketika mengunjungi teman atau keluarga yang sedang sakit, Anda juga bisa membacakan doa minta diberi ampunan untuk meringankan sakit yang dimiliki. Doa ini merupakan doa yang sahih karena Rasulllah pernah membacakannya doa agar disembuhkan dari penyakit ini untuk Salman al-Farisi ketika Salman sedang sakit.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika. 

Artinya

Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia. (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115)

Cara Menyikapi Diri Saat Sedang Sakit Menurut Islam

Ketika seseorang sedang sakit, maka mereka tidak dianjurkan untuk mengeluh dan meratapi nasib yang dimiliki. Dalam Islam terdapat beberapa cara yang dianjurkan ketika seseorang sedang sakit, dengan begitu Anda bisa melewati sakit yang diderita dengan tabah.

Baca juga:  Lafadz dan 5 Keutamaan Doa Nabi Yunus Dalam Perut Ikan

Ikhlas

Ketika Anda sakit dan membaca doa agar disembuhkan dari penyakit, maka Anda harus membacanya dengan ikhlas. Dengan ikhlas Anda meyakini bahwa semua yang Anda rasakan saat ini sejalan dengan semua ketetapan yang dimiliki oleh Allah. Sehingga sebagai hamba yang baik, Anda tidak boleh melawan takdir yang sudah digariskan.

Untuk Anda yang sedang sakit, ada baiknya Anda tetap melakukan ibadah sebisanya dan tidak melalaikan kewajiban yang dimiliki. Apabila Anda beribadah secara rutin, maka bisa jadi Allah akan meringankan sakit yang dimiliki dan membuat Anda lebih ridho dengan sakit tersebut.

Berpikir Positif

Berikutnya adalah berpikir positif dan tidak memberikan pemikiran yang buruk kepada Allah. Walaupun sakit memiliki rasa yang tidak menyenangkan, namun Anda tetap harus berpikiran baik kepada Allah.

Seperti yang diketahui, Allah selalu memberikan sesuatu kepada hamba-Nya sesuai dengan apa yang diprasangkakan. Karena itu, dengan membaca doa supaya sembuh dari sakit, Anda bisa segera sembuh karena memiliki pikiran yang positif kepada Allah.

Berpikir positif juga akan membantu Anda untuk tidak terlalu merasa terbebani dengan sakit yang dimiliki. Untuk menyikapi sakit dengan pikiran yang positif, Anda boleh menganggap bahwa rasa sakit yang Anda rasakan berarti dosa yang Anda miliki telah gugur.

Tawakkal

Berikutnya adalah tawakal, yang merupakan sikap berserah diri kepada Allah setelah melakukan usaha terbaik. Ketika sedang sakit, cobalah untuk tetap berusaha mendapatkan bantuan medis, alih-alih hanya berdiam diri dan memasrahkan semua kepada Allah.

Carilah pengobatan yang sesuai dengan kemampuan Anda, sehingga tidak memberatkan diri sendiri maupun keluarga. Tetap jaga silaturrahmi dengan baik, begitu pula dengan memberikan kasih sayang kepada sesama, sehingga Anda tetap melakukan ibadah baik untuk kesembuhan.

Demikianlah berbagai doa agar disembuhkan dari penyakit yang bisa Anda baca dan lakukan ketika sedang mengalami sakit. Dengan membaca doa tersebut, diharapkan Anda bisa segera sembuh dan tidak mengalami sakit kembali, agar bisa melakukan aktivitas sebagaimana biasanya.

Check Also

Doa buka puasa yang shahih menurut Rasulullah

Doa Buka Puasa yang Shahih Menurut Rasulullah

Doa buka puasa yang shahih – Ketika sedang berpuasa, berbuka menjadi hal yang paling ditunggu …