Doa agar dimudahkan segala urusannya

7 Doa Agar Dimudahkan Segala Urusannya Beserta Amalannya

Diposting pada
Doa agar dimudahkan segala urusannya beserta amalan yang harus dikerjakan. Membahas ✓ lafadz doa menurut islam arab ✓ lafadz doa menurut islam latin ✓ amalan ✓ arti doa ✓ kesimpulan
Bagikan artikel ini

Doa agar dimudahkan segala urusannya dan amalan yang dikerjakan untuk mempermudah segala urusan. Manusia yang hidup di dunia ini pasti memiliki urusan masing-masing yang ingin dicapai atau diselesaikan. Namun kadang, ada saja hal yang menghambat agar urusan tersebut bisa berjalan lancar sesuai keinginan. Allah dalam QS. Al-Anfal berfirman bahwa sebaik-baik perlindungan dan penolong adalah dari Allah. Maka dari itu dalam segala perbuatan yang akan dikerjakan hendaknya diawali dengan membaca doa agar dimudahkan segala urusannya.

Pada dasarnya dalam agama Islam umat muslim diajarkan untuk memulai segala sesuatu yang dikerjakan dengan niat yang baik dan diawali dengan doa. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar apa yang dikerjakan senantiasa diberi kelancaran oleh Allah dan diberikan kemudahan serta mendapat berkah.

Doa agar dimudahkan segala urusannya
Doa agar dimudahkan segala urusannya

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusannya, Doa yang Dibaca Sebelum Mengerjakan Suatu Hal

Kamu mungkin pernah mengalami ketika ingin mengerjakan suatu hal, ada saja hambatan yang menghadang sehingga urusan tersebut tidak kunjung selesai. Bisa saja hal tersebut terjadi karena Kamu tidak memulainya dengan niat yang benar dan tidak diawali dengan doa.

Sebagai seorang muslim, tidak ada sebaik-baik Dzat yang bisa dimintai pertolongan untuk mempermudah segala urusan. Maka dari itu, dengan berdoa dan memohon kepada Allah diharapkan semua urusan bisa dimudahkan. Ada banyak doa agar dimudahkan segala urusannya yang bis dibaca. Berikut beberapa diantaranya:

Doa Sapu Jagat

Doa sapu jagat ini adalah doa yang paling umum dibaca untuk memudahkan segala urusan. Doanya sederhana, singkat namun memiliki makna yang begitu besar dan berisi kebaikan untuk di dunia hingga di akhirat.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah wa qinaa ‘adzaabannar

Artinya: “ Ya Allah, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa api neraka.

Surat Al-Kahfi: 10

Doa agar dimudahkan segala urusannya di dunia dan akhirat salah satunya juga diambil dari QS Al-Kahfi: 10. Ayat ini berisi permohonan kepada Allah agar senantiasa diberikan rahmat serta diberikan petunjuk yang lurus dalam menjalankan segala urusan.

رَبَّنَا ءَاتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada

Artinya: “Ya Allah berikanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami”.

QS At Thaha: 25-28

Masih diambil dari ayat Al-Qur’an doa selanjutnya yang bisa dibaca untuk memohon kepada Allah agar senantiasa dimudahkan dan dilancarkan segala urusan adalah QS At Thaha: 25-28. Dalam ayat ini berisi permohonan agar senantiasa diberi kelapangan dada, dimudahkan segala urusan dan diberi kelancaran agar setiap yang diucapkan bisa dipahami oleh orang lain.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي  وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي  يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisyrokhlii shodrii wayassirlii amrii wahlul ‘uqdatam millisaanii yahqohuu qoulii

Artinya: “Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”.

Do’a Saat sedang Gundah

Ketika Kamu sedang gundah, ada doa agar dimudahkan segala urusannya sederhana yang bisa Kamu baca ketika mengalami kegundahan. Doa ini berisi permohonan agar Allah senantiasa memudahkan dan memohon agar tidak disukarkan segala urusan yang menjadi sumber kegundahan. Berikut lafadznya.

اَللَّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّرْ

Allahumma yassir wa laa tu’assir

Artinya: “Ya Allah mudahkanlah dan janganlah disukarkan”.

QS Al-Insyirah: 5-6

Kamu mungkin pernah merasa selalu mengalami kesulitan dalam menjalankan segala urusan. Namun, Allah menjanjikan dalam QS AL-Insyirah 5-6 bahwa setiap ada kesulitan pasti ada kemudahan. Maka doa ini bisa menjadi doa yang bisa Kamu ucapkan untuk mempermudah semua urusan yang Kamu kerjakan.

فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا. إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

Fa inna ma'al 'usri yusra. Inna ma'al 'usri yusra

Artinya: “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”.

Surat Al-A’raf: 86

Satu lagi doa agar dimudahkan segala urusannya yang sederhana dan mudah diucapkan adalah doa yang diambil dari QS Al-A’ra: 86. Doa ini berisi agar setiap segala urusan (keputusan) adalah segala hal yang adil (haq).

رَبَّنَا ٱفْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِٱلْحَقِّ وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْفَٰتِحِينَ

Rabbanaftah bainana wa baina qaumina bil haqqi wa anta khairul fa tihiin

Artinya: “Ya Allah berikanlah keputusan antara kami dan kaum kami dengan haq (adil). Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya.

Surat Al-Baqarah: 286

Dan yang terakhir agar dimudahkan segala urusannya jika Kamu tengah merasa buntu dalam menghadapi permasalahan yang ada. Dapat membaca QS Al-Baqarah: 286.

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbana laa tuaa khidznaa innasiinaa au akhto’ana, robbanaa wala tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu’ala al ladzina min qoblinaa, robbana walaa tuhammilnaa maa laa thoo qatalanabih wa’fuanna waghfirlanaa warhamnaa, anta maulana fansurnaa’ala a qauilkaafiriin

Artinya: “Ya Tuhan kami janganlah engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong Kami, maka tolonglah kami terhadap kaum kafir.”

Doa agar dimudahkan segala urusannya
Doa agar dimudahkan segala urusannya

Amalan Lain yang Bisa Mempermudah Urusan

Allah tidak akan mengubah suatu kaum kecuali mereka mengubah dirinya sendiri. Doa yang diucapkan agar segala urusan dimudahkan seperti yang doa-doa yang disebutkan di atas tidak akan berguna apabila Kamu tidak mau berusaha. Maka ada beberapa amalan yang juga akan memudahkan segala urusan selain tentu saja dibantu dengan doa agar dimudahkan segala urusannya.

Tidak Menunda Nunda Pekerjaan

Segala sesuatu yang Kamu kerjakan akan senantiasa berjalan dengan mudah dan lancar apabila segera dilakukan dan tidak menunda-nunda. Menunda pekerjaan atau urusan justru akan membuat urusan atau pekerjaan tersebut semakin menumpuk. Jika sudah begitu, maka Kamu pun akan kesulitan mengatasinya.

Jangan Lupa Kerjakan Sholat 5 Waktu

Ada orang yang suka mengerjakan tugas dengan segera, sehingga menyebabkan lupa dengan hal lain, termasuk sholat 5 waktu. Meskipun sedang sibuk, sholat merupakan sebuah kewajiban yang juga tidak boleh ditinggalkan. Selain sebagai sebuah kewajiban, dengan sholat bisa menjadi sarana berkomunikasi antara manusia dengan Allah sebagai Sang Pencipta.

Mengerjakan sholat 5 waktu bisa memberikan Kamu kemudahan dalam berbagai urusan. Hal tersebut karena ketika mengalami kesulitan, dalam sholat Kamu pasti bisa bercerita pada Allah.

Allah yang Maha Mengetahui segala usaha dari makhluk-Nya pun akan senantiasa membantu hamba-Nya yang mengalami kesulitan dan memohon kepadanya. Karena itulah, doa agar dimudahkan segala urusannya yang dibaca sesudah sholat bisa menjadi amalan yang bisa Kamu kerjakan sebagai upaya mempermudah urusan yang Kamu kerjakan.

Perbanyak Membaca Istighfar

Ada kalanya sebagai manusia kita sering melakukan kesalahan yang mungkin tidak disadari. Membaca istighfar adalah salah satu upaya yang dilakukan apabila seorang hamba melakukan kesalahan untuk memohon ampunan kepada Allah.

Dengan memperbanyak membaca istighfar Allah akan memberikan jalan keluar atas masalah yang dialami oleh hamba-Nya. Membaca istighfar bahkan bisa memberikan manfaat lain yaitu dapat membukakan pintu rejeki dan menambahkannya dengan rezeki yang tidak disangka-sangka.

Itulah mengapa membaca istighfar juga bisa menjadi salah satu doa agar dimudahkan segala urusannya. Dengan banyak membaca istighfar, hati dan pikiran akan dilapangkan sehingga bisa berpikir jernih untuk mendapat solusi atas masalah yang dialami.

Perbanyak Bersedekah

Tidak perlu menunggu menjadi kaya untuk bersedekah. Semua orang bisa bersedekah berapapun jumlahnya, bahkan tersenyum kepada orang lain sudah termasuk ibadah. Bersedekah tidak akan membuat harta Kamu habis, justru Allah menjanjikan akan melipatgandakan harta orang yang gemar bersedekah.

Rasulullah bahkan bersabda bahwa Allah akan mencintai hamba-hamba-Nya yang gemar bersedekah. Ketika seorang hamba sudah dicintai oleh Allah, maka apapun segala urusan yang sifatnya baik, maka insya Allah akan selalu dilancarkan dan dimudahkan.

Penutup

Nah, itu tadi adalah beberapa doa agar dimudahkan segala urusannya dan amalan yang juga harus Kamu terapkan agar segala urusan Kamu dipermudah. Dengan membaca doa-doa tersebut sambil menjalankan amalan yang sudah dijelaskan di atas, urusan sesulit apapun bisa diatasi dengan mudah. Sekian yang bisa disampaikan oleh tim martabattujuh.com, semoga dapat membantu Kamu dalam menghadapi segala ujian dan cobaan. Terima kasih sudah membaca artikel ini.