Doa Agar Dagangan Laris Maju dan Berkah Beserta Artinya

Doa agar dagangan laris maju dan berkah – Berdagang menjadi kegiatan jual beli yang dilakukan oleh seluruh manusia universal demi mendapatkan keuntungan. Akan tetapi, tanpa adanya ilmu dan rezeki yang tepat, kemungkinan kita tidak akan bisa mendapat pelanggan yang setia dan selalu berusaha meluangkan uangnya untuk membeli dagangan. Karena itu, inilah doa agar dagangan laris maju dan berkah beserta artinya dalam bahasa Indonesia.

Manfaat Berdagang Menurut Agama Islam

Ada begitu banyak doa yang bisa dipanjatkan agar dagangan senantiasa laris dan maju, karena proses berdagang memang sangat dianjurkan oleh Islam. Bahkan, kegiatan ini termasuk ke dalam salah satu pekerjaan mulia yang sangat disukai oleh Allah. Inilah beberapa manfaat berdagang menurut ulama muslim di dunia.

  • Proses untuk menjaga dan menjalin silaturahmi dengan pembeli
  • Melatih diri untuk senantiasa bersikap sabar
  • Diberi keberkahan yang besar dalam hidupnya
  • Meningkatkan perekonomian keluarga demi memenuhi kebutuhan
  • Menambah ilmu pengetahuan dan wawasan
  • Kegiatan yang menjadi ladang pahala
  • Termasuk dalam pekerjaan halal dan dianggap berjasa

Kumpulan Doa agar Dagangan Laris Maju dan Berkah

Doa agar dagangan laris maju dan berkah
Doa agar dagangan laris maju dan berkah

Doa Agar Rezeki yang Datang Selalu Berkah

Doa agar dagangan laris maju dan berkah yang bisa Anda panjatkan yang pertama berasal dari salah satu ayat yang ada di dalam Alquran. Ketika sedang berdagang, tentunya kita berusaha untuk mendapatkan rezeki yang selalu diberkahi oleh Allah, bukan harta yang ternyata berasal dari kegiatan haram. Membaca doa di bawah ini akan membantu Anda untuk merasa lebih tenang dan Allah pun akan memahami bahwa rezeki tersebut memang penuh berkah.

Baca juga:  Kumpulan Doa Mendapat Rezeki yang Tidak Disangka

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِى رَزَقَنِى هَذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلَا قُوَةٍ، اَللَّهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

"Al hamdu lillaahilladzi rozaqonii haadza min khoiri khaulin minnii wa laa quwwatin, alloohumma baarik fihi."

Artinya:

“Segala Puji Bagi Allah yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, Ya Allah, semoga Engkau senantiasa memberi berkah pada rezekiku.”

Doa Agar Pembeli Berdatangan

Pembeli memang pihak yang paling dibutuhkan dalam kegiatan berdagang. Karena itulah, doa agar dagangan laris maju dan berkah tidak boleh melupakan betapa pentingnya mereka dalam proses berniaga. Agar pembeli senantiasa tertarik untuk mencoba barang atau jasa yang sedang Anda perdagangkan, maka bacalah doa singkat yang ada di bawah ini.

اللّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَ رِزْقًا طَيِّبًا وَ عَمَلاً مُتَقَبَّلاً

"Allahumma inni as’aluka, ‘ilman nafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa a’malan mutaqobalan."

Artinya:

“Ya Allah aku mohon kepadamu, berikanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amalan yang diterima disisimu.”

Doa Ketika Ditimpa Kerugian

Terkadang, proses bisnis yang kita jalankan tidak senantiasa berjalan mulus sebab akan ada masa dimana kita berhadapan dengan kerugian. Baik itu dagangan yang kurang laku atau karena ada faktor lain yang menyebabkan hal itu terjadi. Akan tetapi, Anda tidak perlu terlalu larut dalam kesedihan karena sudah ada doa agar dagangan laris maju dan berkah sehingga bisa bangkit dari kerugian.

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

“Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan."

Artinya:

“Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.”

Doa Saat Dagangan Mengalami Masalah

Selain kerugian, kegiatan jual beli yang dijalani kemungkinan juga harus diterpa oleh beberapa masalah lainnya. Seperti pelanggan yang komplain mengenai hal tertentu, atau kualitas barang yang dijual ternyata tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Anda tidak perlu merasa panik dan selalu ingat mengenai Allah dengan membaca doa agar dagangan laris maju dan berkah seperti kutipan berikut.

Baca juga:  Doa Mengeluarkan Zakat Fitrah untuk Umat Islam

اللَّهُمَّ يَا فَارِجَ الْهَمِّ ، كَاشِفَ الْغَمِّ ، مُجِيبَ دَعْوَةَ الْمُضْطَرِّينَ ، رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ، وَرَحِيمَهُمَا ، أَنْتَ تَرْحَمُنِي ، فَارْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِينِي بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

“Allahumma faarijal hammi wa kaasyifal ghammi mujiba da’watal mudhtariina rahmaanad dun-yaa wal aakhirati wa rahiimahumaa irhamnii rahmatan tughniinii bihaa ‘an rahmati man siwaak.”

Artinya:

“Ya Allah, Zat yang menghilangkan segala kesedihan, yang menggembirakan segala duka cita dan yang mengabulkan semua permohonan, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang baik di dunia maupun di akhirat, curahkan rahmat-Mu kepada kami, yaitu rahmat yang menjadikan kami tidak membutuhkan pertolongan selain kepada-Mu”.

Doa Agar Selalu Mendapatkan Rezeki

Doa agar dagangan laris maju dan berkah yang terakhir ini akan membantu kita untuk mendapatkan rezeki dengan lebih mudah. Banyak yang menyatakan bahwa jika kita membaca doa yang ada di bawah ini, kemungkinan besar kita akan senantiasa dimudahkan dalam proses berdagang dan pembeli yang mendatangi tempat dagang pun tidak akan pernah sepi. Untuk itu, amalkanlah doa berikut secara rutin agar pintu rezeki bisa selalu lancar.

قَالَ عِيسَى ٱبْنُ مَرْيَمَ ٱللَّهُمَّ رَبَّنَآ أَنزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ ٱلسَّمَآءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِّأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِّنكَ ۖ وَٱرْزُقْنَا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

"Qāla 'īsabnu maryamallāhumma rabbanā anzil 'alainā mā`idatam minas-samā`i takụnu lanā 'īdal li`awwalinā wa ākhirinā wa āyatam mingka warzuqnā wa anta khairur-rāziqīn."

Artinya:

“Isa putra Maryam berdoa, ‘Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.” (QS. Al-Ma’idah: 114)

Banyak sekali doa agar dagangan laris maju dan berkah, namun doa tersebut pun harus turut serta diiringi oleh kerja keras yang tidak pernah kenal lelah. Allah adalah Tuhan yang menyukai umat-Nya yang senantiasa gigih dalam berdagang, selain itu jangan sampai melakukan kecurangan seperti korupsi atau berlaku tidak adil yang nantinya justru membawa dampak buruk terhadap bisnis Anda sendiri.

Check Also

Doa buka puasa yang shahih menurut Rasulullah

Doa Buka Puasa yang Shahih Menurut Rasulullah

Doa buka puasa yang shahih – Ketika sedang berpuasa, berbuka menjadi hal yang paling ditunggu …