doa agar cepat dikabulkan hajatnya

Amalan dan Doa Agar Cepat Dikabulkan Hajatnya

Diposting pada
Ada berbagai amalan dan doa agar cepat dikabulkan oleh Allah. Membahas ✓ doa agar cepat dikabulkan hajatnya ✓ amalan agar hajat dikabulkan Allah ✓ kesimpulan
Bagikan artikel ini

Manusia memiliki banyak keinginan, sehingga wajar jika ia meminta kepada Tuhan untuk mengabulkan keinginan tersebut. Dalam Islam, meminta agar keinginan Anda dikabulkan oleh Allah merupakan hal yang dianjurkan. Ada berbagai amalan dan doa agar cepat dikabulkan hajatnya oleh Allah, dan bisa Anda lakukan.

Namun untuk mewujudkan keinginan, Allah yang mengatur apakah akan dikabulkan atau tidak. Sebab Dia tahu mana yang terbaik untuk hamba-Nya, mana yang tidak. Meskipun begitu, Anda tidak boleh patah semangat dan enggan berdoa, lakukan berbagai amalan berikut agar doa lebih mudah dikabulkan oleh Allah.

Lafaz Doa Agar Cepat Dikabulkan Hajatnya

Ada banyak cara melakukan ikhtiar agar keinginan dan hajat Anda dikabulkan, salah satunya dengan berdoa. Doa dan usaha yang dilakukan secara berimbang, tentu akan membuat Anda bisa mendapatkan keinginan yang diimpikan.

Berikut ini merupakan lafadz doa agar cepat dikabulkan hajatnya sesuai dengan sunnah Nabi dan tuntunan dalam Islam. Membaca doa tersebut dan berikhtiar semampunya akan membuat Anda lebih cepat mendapatkan apa yang diinginkan.

Membaca QS. Al-Fatihah ayat 5

QS. Al-Fatihah merupakan ummul quran atau ummul kitab, yang bermakna sebagai surat induk di dalam Al-Qur’an itu sendiri. Di ayat ke-5 surat tersebut, Anda akan mendapatkan doa agar keinginan Anda lebih cepat dikabulkan, berikut adalah lafadznya:

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ

Iyyaaka na'budu wa lyyaaka nasta'iin.

Artinya: “Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.”

Ayat tersebut merupakan pengakuan bahwa Anda hanya meminta kepada Allah untuk semua keinginan, hajat, maupun pertolongan. Anda juga tidak mengharapkan bantuan siapun karena Allah adalah Tuhan dalam Islam.

Anda bisa membaca ayat ke-5 surat al-Fatihah tersebut untuk doa agar cepat dikabulkan hajatnya. Rasulullah juga menyarankan membaca ayat tersebut jika umatnya ingin meminta sesuatu kepada Allah, sehingga ini merupakan amalan sunnah.

Gambar QS. Al-Fatihah Ayat 5

Membaca QS Al-Ikhlas

Selanjutnya Anda bisa membaca surah al-ikhlas, yang merupakan surat ke-112 di dalam kitab suci al-Quran. Walaupun merupakan surat yang pendek, namun ia memiliki inti makna sebagai surat untuk pengesaan Allah.

Anda bisa membaca surat dan doa agar cepat dikabulkan hajatnya ini di sepertiga malam, selepas melakukan sholat, atau menjadi surat yang dibaca ketika sholat. Selain dapat menjadi doa untuk hajat, ia juga bisa menjadi doa untuk masuk ke surga dan terampuni dosanya.

قُلۡهُوَاللّٰهُاَحَدٌ . اَللّٰهُالصَّمَدُ‌ . لَمۡيَلِدۡوَلَمۡيُوۡلَدۡ . وَلَمۡيَكُنۡلَّهٗكُفُوًااَحَدٌ

Qul huwallaa hu ahad. Allaahussomad. lam yalid wa lam yuulad. wa lam yakullahuu kufuwan ahad.

Artinya: “Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”

Gambar QS. Al-Ikhlas Ayat 1-4

Membaca Doa Hajat

Di dalam Islam, ternyata ada doa agar cepat dikabulkan hajatnya yang bisa Anda baca ketika ingin Allah mengabulkan keinginan yang dimiliki. Ada banyak doa yang diajarkan oleh Rasulullah agar bisa menjadi tuntunan umatnya untuk meminta.

Anda bisa membaca doa tersebut ketika melakukan sholat hajat, maupun menyelipkannya di dalam doa. Berikut merupakan lafadz dari doa hajat yang banyak dicontohkan dalam  tuntunan sholat hajat.

Laa illaha illallahul haliimul kariimu subhanallahi robbil ‘arsyil “azim. Alhamdulillahi robbil ‘alamin. As ‘aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaimaa maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamta min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghafartahu walaa hamman illa farojhtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimin.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Pemyantun. Maha Suci Allah pemelihara Arsy Yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru seklaian malam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih Dan Penyayang.”

doa agar cepat dikabulkan hajatnya

Amalan Agar Hajat Dikabulkan Allah

Selain melafadzkan doa agar cepat dikabulkan hajatnya, Anda juga bisa melakukan berbagai amalan berikut ini. Tidak hanya membuat hajat Anda semakin ringan, sehingga lebih mudah dikabulkan oleh Allah, ia juga bisa menjadi tabungan amal untuk Anda.

Berdoa di Waktu yang Mustajab

Ada waktu-waktu yang disarankan oleh Rasulullah dan alim ulama untuk berdoa, yang disebut sebagai waktu doa mustajab. Waktu tersebut bisa Anda pilih salah satunya, kemudian berdoa di waktu tersebut. Dengan begitu, doa yang Anda panjatkan lebih mudah dikabulkan oleh Allah.

Waktu yang disarankan untuk berdoa, karena merupakan waktu yang mustajab antara lain pada hari Jumat, sepertiga malam terakhir, ketika mendengarkan adzan, meminum air zam-sam, serta saat hujan sedang turun. Anda juga bisa membaca doa ketika berpuasa, melafadzkan hajat ketika malam lailatul qadar, atau ketika berada di padang arafah.

Melakukan Sedekah

Jika Anda ingin dikabulkan hajatnya, melakukan banyak sedekah merupakan hal yang wajib dilakukan. Makin ringan Anda melakukan sedekah, maka makin mudah pula keinginan Anda dikabulkan oleh Allah.

Doa agar cepat dikabulkan hajatnya bisa Anda baca setelah melakukan sedekah, atau ketika waktu sholat terdekat dilakukan. Namun ingat, Anda bersedekah bukan untuk mengharapkan keinginan dikabulkan, lakukan semata-mata untuk mengharapkan Ridho Allah swt.

Bersedekah juga tidak akan mengurangi harta yang Anda miliki, malah akan berlipat ganda. Melakukan sedekah secara teratur, walaupun rutin, akan membuat Anda mendapatkan banyak pahala dan tabungan untuk akhirat kelak.

Melakukan Sholat Tahajud

Shalat ini merupakan sholat yang diartikan sebagai sholat untuk memohon ampunan kepada Allah. Terdapat banyak bacaan yang dilafadzkan di sholat tahajud, dan kebanyakan merupakan dzikir dan mohon ampunan kepada Allah.

Anda bisa menggunakan sholat tahajud sebagai ladang amalan, dengan begitu doa yang Anda panjatkan menjadi lebih mudah dikabulkan. Perintah untuk melakukan sholat tahajud tidak hanya berdasarkan tuntunan dan sunnah Nabi saja, terdapat ayat al-Quran yang didalamnya Anda disarankan untuk melakukan sholat malam.

Selepas melakukan sholat tahajud, selain membaca doa agar cepat dikabulkan hajatnya, Anda juga bisa membaca al-Quran. Kedua ibadah tersebut memiliki banyak pahala, sehingga bisa menjadi jalan yang akan mempermudah Anda untuk mendapatkan keinginan yang diharapkan.

Kesimpulan

Selain melakukan 3 amalan tersebut, jangan lupa untuk selalu berbuat baik, memperbaiki kualitas ibadah, serta melakukan sholat hajat. Umat Islam yang memiliki keinginan dan ingin dikabulkan oleh Allah, disarankan untuk melakukan sholat hajat. Sholat tersebut memang dimaksudkan agar Anda bisa langsung meminta kepada Allah setelah sholat selesai dilakukan.

Demikianlah berbagai doa agar cepat dikabulkan hajatnya yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi dan penjelasan tersebut dapat membantu Anda, terutama yang sebelumnya sulit dikabulkan hajatnya oleh Allah. Dengan berusaha semampunya serta berdoa, dalam waktu yang tepat, Allah pasti akan mengabulkan doa tersebut. Penulis martabattujuh.com minta maaf jika ada kesalahan dalam pengetikan dan semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.