Doa Agar Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari

Tidur merupakan aktivitas yang diperlukan oleh tubuh, sehingga wajib dilakukan untuk mengembalikan tenaga. Dalam Islam, terdapat doa agar bisa tiduryang bisa Anda baca agar tidur menjadi lebih nyenyak. Jika Anda mengalami kesulitan untuk terlelap, berdoa sesuai dengan tuntunan yang dicontohkan oleh Rasulullah menjadi pilihan yang tepat.

Doa ini juga bisa Anda baca jika sedang mengidap insomnia, karena secara psikologis akan membantu membuat seseorang menjadi lebih tenang. Ia memang tidak bisa menyembuhkan insomnia, namun doa ini bisa meringankan gejala tersebut dan membuat Anda lebih rileks sebelum tidur.

Kumpulan Doa Agar Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari dalam Islam

Anda bisa membaca doa untuk lekas terlelap ini sebelum tidur, atau merasa bahwa sudah lama berbaring namun kantuk tidak kunjung datang. Selepas membaca doa ini, Anda dianjurkan untuk membaca dzikir agar lekas tertidur, bisa juga mendengarkan murotal al-Quran.

Inilah lafadz doa agar bisa tidur nyenyak di malam hari sesuai dengan tuntuntan yang dicontohkan oleh Rasulullah dan diriwayatkan oleh sahabatnya. Anda tidak perlu khawatir mengenai keshahihan doa tersebut, sebab ia diriwayatkan oleh ulama dan perawi hadits yang baik.

Selain doa tersebut, terdapat doa agar bisa tidur nyenyak di malam hari lainnya yang dapat dibaca, doa tersebut sesuai dengan fungsinya untuk membuat Anda cepat terlelap dan tidak mendapat gangguan tidur dari syetan ketika sedang tidur. Berikut ini merupakan lafadz doa agar lekas tidur serta meminta perlindungan dari Allah, sesuai dengan ajaran Rasulullah.

Doa Ketika Tidak Bisa Tidur Karena Alasan Tertentu

Diceritakan bahwa Zaid, sahabat Nabi, tidak dapat tidur karena terpikirkan suatu permasalahan. Nabi yang mendengar keluhan Zaid tersebut kemudian memintanya untuk membaca doa agar segera bisa terlelap dan diberi kemudahan untuk menyelesaikan masalah terbut, berikut adalah lafadznya.

Baca juga:  Kumpulan Doa Ijab Qobul Zakat Fitrah Lengkap dalam Islam

اَللهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنُوْمٌ، يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ

Allahumma gharatin nujum wa hadaatil ‘uyun wa anta hayyun qayyum la takkhuzuka sinatun wala naumun ya hayyu ya qayyum ahdi’ laili wa anim ‘aini

Artinya:” Ya Allah, bintang-bintang telah tenggelam dan mata pun telah terpejam, sementara Engkau hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Mu). Engkau tidak mengantuk dan tidak juga tidur. Wahai Dzat Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku.”

Doa untuk Menghindari Godaan Setan Selama Tidur

Tugas syetan untuk menggoda manusia tidak hanya dilakukan ketika manusia beraktifitas, namun juga ketika mereka terlelap. Karena itu, ketika Anda tertidur disarankan untuk membaca doa agar bisa tidur nyenyak di malam hari dan mendapat perlindungan Allah dari godaan syetan.

Faamrauhu an’ yataqawwada qinda manaa miihii bikalimaata’llahittaamaati min ghodbihii wa min syarrii qibaa dihi wa min hamazaatissyayaatiini wa an yahduruuni.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari kejahatan hamba-Nya dan dari godaan setan yang menghampiri.

Doa agar bisa tidur ini diberikan oleh Rasulullah kepada Khalid karena ia tidak kunjung bisa tidur. Dengan membaca taawudz sebelum berdoa, maka ia akan melindungi Anda sejak tidur sampai dengan terbangun dari gangguan setan.

Doa Terhindar Dari Mimpi Buruk

Terdapat dua doa yang dianjurkan oleh para ulama untuk dibacakan agar kita dapat terhindar dari mimpi buruk.

أَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَان وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Allahumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi. (Ibnu Sinni)

Selain doa agar terhindar dari mimpi buruk diatas, Anda juga dapat membacakan doa berikut untuk memohon perlindungan dari setan dan juga mimpi buruk.

Baca juga:  Doa Setelah Sholat Subuh beserta Amalan yang Dianjurkan Nabi

اَللَّهُمَّ إِنّىِ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Allhaumma inii a'uudzu bika min'amalisy syaithaani wa sayyiaatil ahlaam.

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada-Mu dari tingkah laku setan dan dari tingkah laku yang buruk. (HR. Hakim dan Nasa’i dari Aisyah)

Doa Agar Bisa Tidur Versi Panjang

Dalam doa yang diberikan kepada Khalid sebelumnya, terdapat pula riwayat yang memberikan lafadz doa dengan teks yang lebih panjang. Doa tersebut masih sama seperti sebelumnya, yakni membuat seseorang segera tidur dan terlindungi dari godaan syetan, berikut adalah lafadz yang digunakan:

Allahumma rabbis samaa waati wa maa adzalat wa rabbal aradziina wa maa aqolat wa rabbas syayaatiini wa maa adzolat kunlii jaaron min syarri jamiiqil jinni wal insii, wa ann yufrota ‘alaiiyya akhadun minhum au an yukdzinii ‘a’zaan jaaruka wa jalla tsanaa uka wa laa ilaha ghoiruka.

Artinya: “Ya Allah Tuhan langit dan apa yang dinaungi, Tuhan Bumi dan apa yang diangkat, Tuhannya para setan dan apapun yang disesatkan, Jadilah Engkau (wahai Tuhanku) yang berada di sisiku (melindungiku) dari seluruh kejahatan jin dan manusia, dari tindakan berlebih-lebihan mereka atau dari gangguan salah satu dari mereka. perlindungan-Mu sangatlah agung demikian pula juga pujian kepada-Mu, dan tiada Tuhan selain-Mu.”

doa agar bisa tidur nyenyak di malam hari

Cara Supaya Bisa Tidur Cepat di Malam Hari

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang tidak segera terlelap selepas berbaring di tempat tidur. Bisa jadi karena ia memang menderita insomnia, bisa juga karena ia sedang banyak pikiran. Membaca doa agar bisa tidur nyenyak di malam hari seperti yang disarankan sebelumnya akan membantu Anda.

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar lekas tidur, sehingga Anda siap untuk menjalani aktivitas di esok hari. Berikut merupakan langkah yang bisa Anda lakukan sebelum tidur demi menghindari insomnia.

Tenangkan Diri

Cara pertama adalah menenangkan diri sendiri, jika tidak bisa jangan panik dan gelisah. Karena ini malah akan membuat Anda merasa buruk dan sulit untuk berpikir tenang. Pikirkan berbagai hal positif yang bisa membuat perasaan menjadi lebih baik.

Baca juga:  Doa Minta Jodoh dengan Menyebut Nama dan Amalan

Halangi diri untuk tidak overthinking dan berpikir yang negatif, karena akan memberikan sugesti yang buruk pada diri sendiri. Jika memilih untuk memikirkan hal yang positif, kepada satu hal dan jangan banyak berpikir berat.

Membaca Buku Sebelum Tidur

Selain membaca doa agar bisa tidur nyenyak di malam hari, Anda juga disarankan untuk membaca buku agar pikiran menjadi lebih rileks. Banyak orang mengatakan bahwa mereka lebih cepat mengantuk karena membaca buku, sebab aktivitas ini cukup monoton.

Jika Anda enggan membaca buku karena terlalu merepotkan, Anda bisa mendengarkan lantunan al-Quran atau murrotal. Mendengarkan musik klasik juga direkomendasikan, apalagi jika ia memang membuat Anda mengantuk.

Buat Tubuh Rileks

Membuat tubuh lebih rileks juga membuat Anda bisa lekas tertidur. Regangkan tubuh seperti pemanasan, yang akan membuat otot lebih rileks sebelum tidur. Anda juga bisa melatih nafas agar lebih teratur, sehingga membuat otak lebih tenang.

Jika sebelum tidur memiliki tanggungan atau tugas, ada baiknya dikerjakan terlebih dahulu agar Anda tidak merasa kepikiran. Setelah semuanya selesai dilakukan, Anda bisa membaca doa sebelum tidur atau doa agar bisa tidur sesuai tuntunan Rasulullah.

Sebelum tidur, Anda bisa minum minuman hangat untuk membuat tubuh lebih tenang dan rileks. Bisa berupa susu atau teh tanpa kandungan kafein, karena kafein bisa membuat tubuh terjaga. Sebaiknya juga tidak mengkonsumsi kopi karena ia memiliki kandungan kafein yang tinggi.

Demikianlah berbagai tips sekaligus lafadz doa agar bisa tidur nyenyak di malam hari yang bisa Anda praktikkan. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda, terutama untuk mereka yang kesulitan tidur karena banyak sebab. Penulis martabattujuh.com berharap artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua yang membacanya dan kurang lebihnya mohon maaf.

Check Also

Doa agar disembuhkan dari penyakit

Doa Agar Disembuhkan Dari Penyakit Wajib Diketahui

Doa agar disembuhkan dari penyakit – Sakit merupakan keadaan yang wajar dan bisa terjadi pada …