Tata Cara dan Bacaan Sholat Jenazah Lengkap PDF

Bacaan sholat jenazah lengkap PDF – Mengurus jenazah dengan segera merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim. Dalam syariat Islam, ada aturan dan tata cara mengurus jenazah sendiri masing-masing untuk jenazah laki-laki dan perempuan. Bacaan doa sholatnya pun berbeda. Karena itu, bacaan sholat jenazah lengkap dari niat sampai salam berikut akan membantu.

Sebelum itu, harus diketahui bahwa tata cara sholat jenazah berbeda dengan tata cara sholat fardhu. Begitu pula doa dan bacaannya juga berbeda. Karena itu, panduan bacaan sholat jenazah lengkap dengan artinya berikut akan sangat membantu.

Bacaan Sholat Jenazah Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Bacaan sholat jenazah lengkap PDF
Bacaan sholat jenazah lengkap PDF

Sebelumnya sudah sedikit disinggung bahwasannya tata cara sholat jenazah dan sholat fardhu berbeda. Meski begitu tetap ada beberapa tata cara yang sama, namun dengan bacaan doa yang berbeda. Nah, panduan bacaan sholat jenazah lengkap dari niat sampai salam berikut bisa diikuti.

Bacaan Niat Sholat Jenazah

Salah satu bacaan sholat jenazah lengkap dengan artinya yang membedakannya dengan sholat fardhu adalah bacaan niatnya. Niat sholat jenazah berbeda antara jenazah laki-laki dan jenazah perempuan. Berikut lafadz doanya.

Niat sholat jenazah untuk jenazah laki-laki:

اُصَلِّى عَلَى هَذَاالْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةِ اِمَامًا| مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli ‘alaa haadzal mayyiti arba’a takbiiratin fardha kifaayatin ma’muuman / imaaman lillaahi ta’aala.

Artinya: “Saya niat shalat atas jenazah ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai imam/makmum karena Allah ta’ala”.

Niat sholat jenazah untuk jenazah perempuan:

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةِ اِمَامًا| مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli ‘ala hadzihil mayyitati arba’a takbiratin fardhu kifaayatin imaman / ma’muman lillaahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat shalat jenazah atas jenazah ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai imam/makmum karena Allah ta’ala”.

Membaca Sholawat di Takbir Ke 2

Panduan bacaan sholat jenazah takbir ke 2 adalah membaca sholawat pada rokaat kedua. Sementara pada rakaat pertama membaca Surat Al-Fathihah. Berikut bacaan sholawat yang dibaca.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa aali Muhammad.

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rahmatMu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad”.

Setelah itu, dianjurkan dengan membaca bacaan berikut setelah membaca sholawat di atas.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سيدنا إِبْرَاهِيمَ، وَعَلَى آلِ سيدنا إِبْرَاهِيمَ، وبَارِكْ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سيدنا إِبْرَاهِيمَ، وَعَلَى آلِ سيدنا إِبْرَاهِيمَ فِي اْلعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allahumma shalli ‘ala sayyidinaa Muhammad wa’ala aali sayyidinaa Muhammad, kamaa shallayta ‘alaa sayyidinaa ibraahim wa’alaa aali sayyidinaa Ibraahim wa baarik ‘alaa sayyidinaa Muhammad wa’alaa aali sayyidina Muhammad kamaa baarakta ‘alaa sayyidinaa Ibraahim wa’alaa aali sayyidinaa Ibraahim fil ‘aalamina innaka khamiidum majiid.

Artinya: “Ya Allah berilah (tambahkanlah) shalawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia”.

Bacaan Sholat Jenazah Takbir ke 3

Urutan bacaan sholat jenazah takbir ke 3 adalah membaca doa untuk jenazah. Doa jenazah ini dibaca setelah takbir ke-3 yang mana bacaan sholat jenazah takbir ke 3 antara doa untuk jenazah laki-laki dan jenazah perempuan juga berbeda.

bacaan sholat jenazah takbir ke 3 untuk jenazah laki-laki:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummagfir lahu warhamhu wa 'afihi wa 'fu'anhu wakrim nuzulahu wa wasi' madkholahu wagsilhu bilma'i watsalju wal bardi wa naqqihi minadzunubi walkhotoyaya kama yunaqqi atssaubulabyadhu binaddanasi wa abdilhu daaron khoiron min daarihi, wahlan khoyron min ahliho, wa zaujan khoyron min zaujihi waqihi fitnatalqobri wa 'adzabi nnar.

Artinya:”Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Selamatkan dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan terhadapnya, luaskanlah tempat kuburnya. Mandikanlah dia (mayit) dengan air, salju, dan embun. Bersihkanlah dia dari segala kesalahan sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, juga isteri yang lebih baik dari isterinya. Dan peliharalah (lindungilah) ia dari azab kubur dan neraka.”

Bacaan sholat jenazah takbir ke 3 untuk jenazah perempuan:

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا وَوَسِّعْ مُدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa'aafihaa wa'fu 'anhaa wa akrim nuzulahaa wawassi' mudkholahaa waghsilhaa bil maa-i wats tsalji wal barod. Wa naqqihaa minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhaa daaron khoiron min daarihaa wa ahlan khoiron min ahlihaa wa zaujan khoiron min zaujihaa wa adkhilhal jannata wa a'idzhaa min 'adzaabin qobri au min 'adzaabin naar.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Selamatkan dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan terhadapnya, luaskanlah tempat kuburnya. Mandikanlah dia (mayit) dengan air, salju, dan embun. Bersihkanlah dia dari segala kesalahan sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, juga isteri yang lebih baik dari isterinya. Dan peliharalah (lindungilah) ia dari azab kubur dan neraka.”

Bacaan Sholat Jenazah Takbir ke 4

Urutan bacaan sholat jenazah takbir ke 4 yang terakhir adalah doa yang dibaca untuk memohon pahala bagi jenazah dan orang yang melaksanakan sholat jenazah. Lafadz doa untuk jenazah laki-laki dan perempuan juga berbeda.

Bacaan sholat jenazah takbir ke 4 untuk jenazah laki-laki:

اللهُمّ لاتَحرِمْنا أَجْرَهُ ولاتَفْتِنّا بَعدَهُ

Allahumma tarimna Ajrohu walataftinna ba’dahu.

Artinya: “Ya Allah, janganlah jadikan pahalanya tidak sampai kepada kami (janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya), dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia”.

bacaan sholat jenazah takbir ke 4 untuk jenazah perempuan:

اللهُمّ لاتَحرِمْنا أَجْرَها ولاتَفْتِنّا بَعدَها

Allahumma la tahrimna ajroha walataftina ba’daha.

Artinya: “Ya Allah, janganlah jadikan pahalanya tidak sampai kepada kami (janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya), dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia”.

Tata Cara Sholat Jenazah Lengkap

Tata cara sholat jenazah lengkap PDF
Tata cara sholat jenazah lengkap PDF

Jika sebelumnya sudah dijelaskan urutan bacaan sholat jenazah lengkap dengan artinya, berikutnya yang harus diketahui adalah tata cara sholat jenazah. Urutan bacaan doa di atas sebenarnya sudah sesuai dengan urutan tata cara sholat jenazah yang benar. Berikut urutannya.

Membaca Niat, Takbirotul Ihram ke 1 dan Surat Al-Fathihah

Urutan tata cara sholat jenazah yang pertama adalah membaca niat lalu dilanjutkan dengan membaca takbirotul ihram. Niat sholat jenazah sudah dijelaskan sebelumnya, yang mana niat untuk jenazah laki-laki dan jenazah perempuan berbeda.

Setelah membaca niat sholat jenazah dan takbiratul ihram, dilanjutkan dengan membaca Surat Al-Fathihah. Urutan ini sebagaimana urutan pada sholat fardhu pada umumnya.

Takbir Kedua Diikuti Membaca Sholawat

Tata cara sholat jenazah yang membedakan dengan sholat fardhu atau sholat lainnya adalah tidak ada gerakan rukuk, sujud, i’tidal hingga duduk diantara dua sujud. Setelah takbir pertama langsung dilanjutkan dengan takbir ke-2.

Saat melaksanakan takbir ke-2 ini diikuti dengan membaca sholawat. Bacaan sholawat yang dibaca sudah dijelaskan pada penjelasan di atas.

Takbir Ketiga Diikuti dengan Bacaan Doa untuk Jenazah

Setelah itu takbir lagi untuk yang ketiga. Takbir ketiga ini diikuti dengan membaca doa untuk jenazah. Doa untuk jenazah berbeda antara jenazah laki-laki dan perempuan, sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas.

Takbir Keempat, Diikuti Bacaan Doa untuk Jenazah dan Keluarga yang Ditinggalkan

Takbir keempat adalah takbir terakhir. Setelah takbiratul ihram kemudian membaca doa saat takbir ke-4 seperti yang sudah dituliskan di atas. Doa ini untuk mendoakan jenazah dan keluarga yang ditinggalkan.

Mengucapkan Salam

Tata cara terakhir adalah mengucapkan salam, diikuti dengan gerakan menolehkan kepala ke kanan dan ke kiri. Bacaan salamnya sama seperti salam pada umumnya.

Tata Cara dan Bacaan Sholat Jenazah Lengkap PDF

Berikut rangkuman dari tata cara dan bacaan sholat jenazah lengkap PDF file dibawah ini. Selain membaca panduan ini, Anda juga bisa download bacaan sholat jenazah lengkap PDF.

Penutup

Itu tadi adalah urutan dan panduan bacaan sholat jenazah lengkap pdf yang harus diketahui oleh semua umat muslim. Menyegerakan mengurus jenazah adalah salah satu amalan yang termasuk fardhu kifayah, maka setiap muslim harus tahu tata caranya.

Check Also

Doa agar disembuhkan dari penyakit

Doa Agar Disembuhkan Dari Penyakit Wajib Diketahui

Doa agar disembuhkan dari penyakit – Sakit merupakan keadaan yang wajar dan bisa terjadi pada …