9 Doa Setelah Sholat Fardhu dan Amalan Sunnah

9 doa setelah sholat fardhu – Sholat adalah rukun Islam ke-2 yang juga menjadi kewajiban untuk dilakukan oleh setiap umat muslim. Selain amalan wajib, saat mengerjakan sholat juga ada berbagai amalan sunnah sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah. Termasuk salah satunya membaca 9 doa setelah sholat fardhu.

Membaca doa setelah mengerjakan sholat fardhu memang bukan amalan wajib. Namun, membaca doa setelah sholat fardhu tentu bisa menambah pahala serta mendapat keuntungan lain. Berikut adalah 9 doa setelah sholat fardhu dan merupakan amalan yang dicontohkan Rasulullah.

Bacaan 9 Doa Setelah Sholat Fardhu dan Keutamaannya

9 doa setelah sholat fardhu
9 doa setelah sholat fardhu

Setelah mengerjakan sholat fardhu, setiap umat muslim dianjurkan untuk tidak buru-buru mengakhiri dan menyudahi ibadah yang dilakukan. Amalan baik yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW adalah berdzikir dan membaca doa setelah sholat. Berikut adalah 9 doa setelah sholat fardhu yang bisa dibaca.

1. Doa yang Berisi Pujian kepada Allah

Doa pertama yang dibaca setelah sholat adalah doa yang berisi pujian kepada Allah. Doa ini juga memiliki keutamaan sebagai permohonan untuk senantiasa diberi keselamatan dan kesejahteraan.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Alhamdulillahirabbil ‘alamin, hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafi u mazzidah yaa rabbana lakal hamdu kama yanbaghi lijalalil wajhikal karimi wa’adzimi sulthanik.

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji untuk Allah Tuhan semesta alam. Pujian yang sebanding dengan segala nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagiMu-lah segala puji, dan bagiMu-lah segala rasa syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan juga keagungan kekuasaan-Mu”.

2. Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW

Rangkaian 9 doa setelah sholat fardhu berikutnya adalah sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat Nabi ini dibaca sebagai permohonan untuk memohon rahmat untuk Nabi Muhammad beserta keluarganya.

Baca juga:  6 Doa untuk Kedua Orang Tua dalam Al Quran dan Cara Berbakti kepada Mereka

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma shalli wa sallim ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa aali Sayyidinaa Muhammad.

Artinya: “Wahal Allah, limpahkanlah rahmat-Mu dan kesejahteraan-Mu kepada junjungan kami, Nabi Muhammad dan juga keluarganya.

3. Doa Memohon Keselamatan

Setelah membaca sholawat kepada Nabi Muhammad, rangkaian 9 doa setelah sholat fardhu berikutnya adalah doa memohon keselamatan kepada Allah. Doa ini dibaca untuk memohon agar Allah senantiasa memberikan keselamatan di dunia dan akhirat.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allahumma innaa nas ‘aluka salaamatan fid diin, wa ‘aafiyatan fil jasaadi, waa ziyadatan fil ‘ilmii, wabarakatan fir rizqi, waa taubatan qoblal mauut, warahmatan indal mauut, waa maghfiratan ba’dal mauut. Allahumma hawwin ‘alainaa fil sakaratul mauut, wan najaata minan naar, wal ‘afwa indal hisaab.

Artinya: “Wahai Allah, sesungguhnya kami memohon kepadaMu, kesejahteraan untuk agama, dunia dan juga akhirat, kesehatan jasad, kesehatan badan, ditambahkan ilmu, rezeki yang berkah, taubat sebelum maut menjemput, rahmat ketika maut menjemput, dan ampunan setelah maut menjemput. Wahai Allah, permudahkanlah kami disaat menghadapi pedihnya sakaratul maut, (berilah kami) keselamatan dari panasnya api neraka, dan ampunan disaat waktu hisab”.

4. Doa untuk Perlindungan dari Sifat-Sifat Buruk

Setelah itu, dalam 9 doa setelah sholat fardhu juga terdapat doa untuk memohon kepada Allah agar dijaga dan dilindungi dari sifat-sifat buruk. Berikut adalah lafadz doanya.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Aallahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat.

Artinya: “Wahai Allah, sesungguhnya kami memohon perlindungan kepadaMu dari sifat lemah, malas, kikir, pikun dan juga adzab kubur.

5. Doa Memohon Dijauhkan dari Penyakit Hati

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ, وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ, وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ, وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

Allahumma inni a’udzu bika min ‘ilmin laa yanfa’u wa min qalbin la yakhsha’u waa min nafsin laa tashba’u wa min da’watin laa yustajaba laha.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon perlindungan kepadaMu dari berbagai macam ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak bisa khusyu’, dari jiwa yang tidak pernah puas dan dari doa yang tidak dikabulkan”.

6. Doa untuk Kedua Orang Tua

Urutan 9 doa setelah sholat fardhu berikutnya adalah doa untuk kedua orang tua. Doa memohon kepada Allah agar memberikan keselamatan dan menyayangi kedua orang tua baik di dunia maupun di akhirat.

Baca juga:  Ucapan Doa untuk Anak yang Baru Lahir dan Amalan yang Dianjurkan

رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ

Rabbanagh firlana dzunuubanaa wa liwaa-lidiinaa walimasyaayikhiina wa lilmu’alli-miinaa wa liman lahuu haqqun’alain aa wa lim an ahabba wa ahsana ilaina wa likaaffatil mus limuna ajma’in.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami, juga dosa-dosa orang tua kami, para orang terdahulu kami, para guru-guru kami, orang-orang yang mendapatkan hak atas kami, orang-orang yang cinta dan juga berbuat baik terhadap kami, dan juga untuk seluruh umat Islam”.

7. Doa Agar Diterima Segala Taubat dan Permohonan

Keutamaan doa ini adalah agar taubat dan segala permohonan kita senantiasa diterima oleh Allah. Tidak hanya dibaca setelah sholat, doa ini juga bisa dibaca setiap malam sebelum tidur.

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ 

Rabbana taqabbal minna innaka antas-sami’ul ‘aliim waa tub ‘alaina innaka antat-tawwaabur-rahiim.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, terimalah (permohonan) dari kami, karena sesunguhnya Engkau Maha Mendengar dan Maha Tahu. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat dan juga Maha Penyayang”.

8. Doa Sapu Jagat

Doa sapu jagat ini keutamaannya adalah bentuk pendekatan diri hamba kepada Allah, untuk memohon perlindungan dan dijauhkan dari siksa api neraka. Ini adalah doa yang paling sering dibaca.

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa atina fiddunya hasanah wa fil aakhirati hasanah waqiina ‘adzaabannar.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup ketika masih di dunia dan kebaikan hidup ketika sudah berada di akhirat, dan jagalah kami dari perihnya siksa neraka”.

9. Ditutup dengan Sholawat Nabi

وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Washallallahu ‘alaa sayydiina Muhammadin wa’alaa aalihiwa shahbihiiwa sallam, wal hamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artiya: “Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada junjung kami, Nabi Muhammad SAW, keluarga juga sahabatnya dan segala puji teruntuk Allah, Tuhan Semesta Alam”.

Amalan Sunnah Selain 9 Doa Setelah Sholat Fardhu

Amalan sunnah yang bisa dikerjakan
Amalan sunnah yang bisa dikerjakan

Selain membaca 9 doa setelah sholat fadhu tersebut, ada amalan lain yang juga diajarkan oleh Rasulullah SAW. Amalan tersebut antara lain adalah berdzikir setelah usai melaksanakan sholat yang kemudian disambung dengan membaca doa yang sudah disebutkan di atas.

Baca juga:  6 Doa Taubat untuk Diri Sendiri dan Tata Cara yang Wajib Diketahui

Dengan berdzikir, artinya kita mencoba untuk mendekatkan diri kepada Allah. Berdzikir juga memiliki keutamaan diantaranya adalah bisa membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang. Dzikir setelah sholat fardhu akan semakin melengkapi doa yang kita minta kepada Allah.

Rasulullah juga mencontohkan amalan baik lain yang bisa dilakukan setelah mengerjakan sholat fardhu, yaitu melaksanakan sholat sunnah dua rakaat. Semua amalan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ini tiada lain selain membawa banyak keutamaan dan manfaat baik untuk kita.

Demikian tadi lafadz dari 9 doa setelah sholat fardhu yang bisa diamalkan setelah selesai mengerjakan sholat. Doa dan beberapa amalan yang sudah disebutkan di atas adalah amalan baik yang diajarkan oleh Rasulullah untuk mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah SWT.

Check Also

Doa buka puasa yang shahih menurut Rasulullah

Doa Buka Puasa yang Shahih Menurut Rasulullah

Doa buka puasa yang shahih – Ketika sedang berpuasa, berbuka menjadi hal yang paling ditunggu …